Apakah debu computer bisa menyebabkan short sirkuit


Kategori : Hardware | Date : 19 October 2012

Ribuan jam computer bekerja, di dinginkan dengan fan. Bertahun tahun tidak dibersihkan, akan membuat debu menumpuk. Khususnya daerah dengan kondisi berdebu seperti di tepi jalan. Udara kotor bisa terbang ke dalam ruangan dan kotoran akan terhisap oleh fan pendingin computer.

Menjadi pertanyaan apakah debu di dalam computer bisa mengakibatkan short atau korsleting. Jawabnya tidak, kecuali terjadi kondensasi atau adanya lapisan air pada bagian debu. Tanpa debu , terjadinya kondensasi bisa terjadi.

Apa yang terjadi bila computer tidak pernah dibersihkan dan debu menumpuk di antara sela chip. Atau sampai menutup semua permukaan board, sirkuit dan heatsink pendingin.

Peralatan seperti chip akan bekerja baik bila digunakan di suhu dingin, dan diperlukan fan atau kipas untuk mendinginkan udara di dalam case. Debu akan memblok dan menghalangi udara lepas dari komponen. Baik chip, heatsink, kapasitor sampai fan yang tertutup debu akan terjadi overheating. Tetapi bila ruangan bisa dijaga dengan suhu lebih dingin, komponen tidak masalah walau sudah tertutup debu.

Solusi, jaga computer tetap bersih dan membersihkan bila terlihat kotoran sangat menumpuk. Menjengkelkan bila harus mengeluarkan kotoran dari case computer. Khususnya bagian heatsink VGA, bagian fan computer atau heatsink sampai fan power supply. Tetapi membersihkan debu pada computer masih lebih murah biayanya dibanding membeli komponen yang rusak karena harus terus bekerja dengan panas yang berlebihan.


Berita terkait
Mau mahal mau murah, semua spesifikasinya sama. Hanya berbeda fungsi dari biasa dan high speed. HDMI Grup akan memberikan sertifikasi untuk kabel 4K atau 8K untuk kabel yang mampu membawa data sampai 18Gps - 48Gbps dengan versi HDMI 2.1. Tipe kabel HDMI - 1. Standard HDMI, 2. High Speed HDMI, 3. Premium High Speed HDMI, 4. Ultra High Speed HDMI,

SSD mengunakan chip NAND Flash, memiliki usia pemakaian. Semakin banyak di write maka chip akan lebih cepat rusak. Seandainya di write sebanyak 40GB setiap hari, maka sebuah SSD minimum dapat bekerja lebih dari 12 tahun.



Ketika membeli SSD, yang dilihat adalah performa kecepatan read dan write. Setiap produsen mengeluarkan satu model SSD dengan berbagai kapasitas. Mengapa SSD kapasitas lebih kecil untuk model yang sama, memiliki performat lebih lambat

Disain board kecil, anti getaran, anti guncang. Terpasang dengan procesor Intel, dirancang untuk kondisi agak kacau alis lingkungan keras. Dapat dihubungkan untuk 3 monitor.

Intel menunda memproduksi procesor baru Broadwell, karena menurunnya pasar computer. Procesor tersebut memiliki proses produksi baru 14nm dengan generasi ke 2 dari transitor 3D. Intel sendiri belum siap, karena jumlah chip persilikon masih rendah

Thermaltake keluarkan case computer model Urban S21. Memiliki disain mid-tower, dengan can metal burshed di panel depan, panel untuk USB 3.0 dan jack multimedia, pengaturan udra masuk dari bawah dan dialirkan ke bagian atas.

Mushkin ProSpec SSD bukan SSD untuk konsumen biasa, tetapi untuk kelas office atau server. Kapasitasnya hanya tersedia dari 100 dan 400GB. Dengan IOPS 80k/42k. Kecepatan tranfer mencapai 560MB/s. Bukan kehandalan kecepatan saja di SSD ini



Kingston HyperX 10 Anniversary sedang ditampilkan di pameran CES 2013. Edisi memory tersebut dibuat terbatas, dan disain heatsink lebih pendek. Sudah mendukung XMP untuk Intel procesor. Kingston HyperX 10 Anniversary memiliki kecepatan sampai 2.400Mhz dan tersedia dalam paket 2 atau 4 channel 8 sampai 32GB.

Socket computer memudahkan pemiliknya untuk menganti procesor dikemudian hari. Ada kabar tentang procesor Broadwell sebagai procesor mainstream akan dikemas dalam bentuk BGA. Jadi procesor tidak bisa dicabut pasang, dan dipasang permanen seperti chip procesor smartphone.

Posisi mendatar tetap lebih baik dibandingkan vertikal, tetapi tidak banyak berdampak. Apakah akan merusak harddisk bila harddisk dipasang vertikal. Tidak juga, semua posisi aman bagi harddisk. Berapa lama umur harddisk bila di pasang dengan benar.

SSD sampai saat ini masih terkendala dengan harga dan kapasitas. Membeli harddisk masih lebih murah dibanding SSD. Sekarang SSD sudah turun, memang belum mampu menandingi harga harddisk. Secara logika , produksinya berbeda, teknologi berbeda dan kecepatannya tentu berbeda.

Versi ECS, sekarang membuat motherbord berkualitas. Apa beda motherboard murah dan motherboard mahal. Tentu ada, kualitas pastinya. Mengapa harga motherboard ada yang mahal dan murah.

WD baru menyelesaikan akuisisi pabrik harddisk Hitachi. Tetapi unit harddisk 3.5 inch dijual patennya ke Toshiba. Jangan kaget bila menemukan harddisk dengan 2 merek berbeda. Sejak kejadian banjir di Thailand, pabrik harddisk mengalami kerusakan

Ada 2 artikel menarik tentang 80plus. Sertifikat 80plus menunjukan tingkat efisiensi kinerja sebuah power supply. 80plus adalah nilai konversi dari power AC ke DC dengan angka 80%. Artinya semakin besar angka sertifikasi maka semakin baik sebuah power supply dalam pemakaian power listrik AC.



Masyarakat luar negeri terkadang memilih memanfaatkan computer lama lagi dengan fungsi berbeda. Seperti dijadikan server kecil untuk menyimpan semua data keluarga, sebagai alat merekam data keamanan atau untuk kebutuhan upload dan lainnya.

Monitor LCD TFT memiliki umur lebih panjang dari monitor tabung. Tapi bagian yang sering rusak ada di bagian power. Salah satunya elco atau kapasitor. Pabrik mengunakan komponen kelas 2, untuk keseimbangan daya tahan dan harga. Kita dapat menganti komponen kapasitor bila terjadi kerusakan. Karena dapat terlihat ciri seperti kapasitor bengkak

Banyak model bukan untuk membingungkan pembeli. Tahun ini Corsair keluarkan produk lengkap untuk Gaming dan Overclock. Power supply Corsair dengan model AX, HX, RM, CS, TX.




No popular articles found.