Planet Kepler 438b dan Kepler 442b terakhir Kepler 438b dicoret dari daftar


Kategori : Science | Date : 7 November 2015
Teleskop Kepler yang kabarnya rusak sudah kembali beroperasi, walau tidak bisa beroperasi penuh. Kabar baik, ditemukan lagi planet dengan posisi Goldilocks Zone atau planet yang berada di  posisi untuk kehidupan. Bukan satu planet tapi sekaligus 8 planet.

2 planet paling penting disebut Kepler 438b dan Kepler 442b, ukurannya paling mirip bumi. Keduanya mengorbit di sebuah bintang berukuran kecil, sedikit lebih dingin dari matahari kita.

Ilmuwan yang menemukan mengatakan, kami tidak tahu pasti apakah salah satu planet ini memang layak huni. Semua hanya bisa dijanjikan sebagai calon planet yang baik.

Planet Kepler 438b haya berada 470 tahun cahaya dari bumi. Mengorbit ke bintang setiap 35 hari sekali (atau 35 hari adalah satu tahun disana). Diameter planet sekitar 12% lebih besar dari bumi, tapi ukuran tersebut tidak masalah bagi manusia bila memang disana bisa di huni. Ilmuwan memperkirakan mereka adalah planet berbatu dan bukan planet gas, ketepatannya sekitar 70% dari perkiraan para ilmuwan.

Update November 2015
Planet Kepler 438b awalnya menjadi harapan para ilmuwan untuk mencari planet mirip bumi. Planet Kepler 438b memiliki ukuran 12% lebih besar dari Bumi, dan menerima cahaya 40% lebih rendah dari Bumi. Sebenarnya planet Kepler 438b berada di tempat ideal, walau dekat dengan bintang. Tapi bintang di tata surya Kepler 438 lebih redup cahayanya dan ukuran bintang disana lebih kecil. Planet memutar bintang setiap 35 hari.

David Armstrong dari universitas Astrofisika mengatakan, bintang disana memang kecil. Tapi aktif membuat kilatan cahaya bintang. Seperti Flare Sun atau kilatan matahari, disana disebut Super Flare karena korona injeksi matahari terjadi setiap beberapa ratus hari.  Artinya planet Kepler 438b akan terus terkena radiasi matahari berlebihan.

Tingkat flare disana mencapai 10x lebih kuat dari rekor yang dibuat matahari kita. Matahari kita saja, sekali membuat kilat mampu menganggu satelit dan mematikan jaringan listrik akibat magnit matahari.
Jika disana memiliki medan magnit yang lebih kuat dari planet Bumi, mungkin planet ini bisa bertahan untuk kehidupan. Pada kenyataan, flare yang kuat sebesar itu akan menganggu atmofer, bahkan kehilangan atmofer planet. Seandainya ada mahluk hidup tinggal di planet itu, suasana diplanet tersebut akan sangat keras.

Planet Kepler 422b, yang ini terlalu jauh. Sekitar 1100 tahun cahaya dari bumi. Ukurannya hanya 1/3 dari bumi dan memiliki 112 hari mengorbit ke bintang disana. Tapi kesempatan posisi planet berada 97% di area habitat dimana manusia sangat mungkin bisa ditnggal disana. Walau bobot planet sekitar hanya 60% lebih ringan dari bumi.

Penemuan beberapa planet penting terbaru tersebut dipublikasikan 6 Januari dan dipublikasikan oleh American Astronomical Society.



Kepler 438b dan Kepler 442b - Goldilocks Zone

Cerita planet Beta Pictoris B terlihat dalam bentuk 6 pixel, planet ini tertangkap teleskop selama 1,5 tahun.ESO kembali mengamati planet Beta Pictoris B dari tahun 2014 sampai 2018, melihat dengan jelas sebuah planet raksasa. Seperti ini bentuk planet di luar tata surya. Ukuran planet Beta Pictoris B diperkirakan 10x lebih besar dari planet Jupiter.

Nasa akhir mengumumkan planet Kepler 186f memiliki ukuran yang hampir sama seperti bumi. Ukurannya tepat, tempatnya juga pas. Jarak planet ke bintang disana diperkirakan aman seperti Bumi. Juli 2018, sudut planet juga miring seperti Bumi dan aman bagi atmofer planet.



Planet Gliese 832c disebut sebagai Super Earth, katanya bisa sebagai planet untuk tinggal manusia. Jaraknya hanya 16 tahun cahaya. Tetapi peneliti bukan mencari 2 planet Gliese 832c dan b, yang diharapkan ada temuan planet ke 3 diantara kedua planet tapi belum terlihat saat ini.

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet. Bagaimana bila sebuah planet berisi air saja. Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Sebuah planet dengan jarak 39 tahun cahaya dari Bumi ditemukan. Disebut planet GJ1132b memiliki ukuran sebesar bumi. Walau ukuran seperti bumi, tapi tidak ada kemiripan dengan kehidupan di Bumi. Karena kategori Exoplanet GJ1132b jauh dari kata ideal untuk di tinggali manusia.

Sebuah planet seukuran Jupiter berada sangat dekat dengan sebuah bintang. Sebuah planet seukuran Jupiter disebut planet PTFO 8-8695b. Tapi perlahan planet ini sedang di sikat oleh bintang induknya sendiri. Berdasarkan observasi emisi, terlihat adanya awan besar perlahan tertarik dari planet ke dalam bintang

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.



Satu foto langkah ini memperlihatkan posisi planet Venus sedang transit tepat di depan matahari dan dapat dilihat dari Bumi. Walau Venus memiliki orbit sangat dekat dengan matahari tapi untuk posisi satu garis dari Matahari dan planet Venus ke Bumi sangat jarang terjadi.

Planet TrES-2b disebut sebagai planet gelap. Dengan permukaan planet sangat hitam.  Jarak planet TrES-2b ke Bumi mencapai 750 tahun cahaya. Tidak seperti planet Jupiter memiliki awan amonia yang berwarna dan memantulkan cahaya.

Matahari saja sudah lebih dari cukup, tapi di tata surya Ari 30 memiliki lebih dari satu matahari. Ada 4 matahari dengan sebuah planet, terletak di daerah rasi bintang Aries. Uniknya sejauh ini baru satu planet yang terlihat berada disana.

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus. Bila planet ini mengantikan planet Saturnus, cincin planet bisa terlihat jelas di Bumi.

Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.

Nathan Gray dari Kanada baru berumur 10 tahun, dia menemukan sebuah calon supernova di galaksi PGC 61330 terletak di konstelasi Draco. Nathan menjadi manusia pertama yang melihat langsung ledakan supernova tersebut.



No popular articles found.