Belajar lensa Parfocal vs Varifocal perbedaan fungsi pengunaan


Product | 4 January 2015

Perbedaan lensa Parfocal vs Varifocal mengapa mahal

Lensa Canon 24-105 f4 adalah salah satu lensa favorit untuk acara, baik acara sosial maupun acara resepsi pernikahan.

Fotographer menyukai lensa tersebut karena memiliki aperture tetap f4. Di zoom atau mundur, lensa akan menunjukan f4 tetap. Tentu sangat menarik, sedangkan lensa zoom murah akan merubah nilai f di camera.

Apa yang dimaksud dengan lensa parfocal, lensa tersebut mengunakan aperture tetap
Dan perbedaan antara varifocal sebagai lensa biasa. Mau di zoom atau normal, lubang lensa akan tetap sama pada lensa parfocal. Seperti lensa Canon 17-40 f4 atau nikon 24-70 f2,8 AF-S. Lensa tersebut adalah tipe lensa parfocal. Keuntungan lensa parfocal adalah kecepatan autofokus.

Lensa jenis ini juga diandalkan bagi video, bahkan siaran TV high end memerlukan lensa seperti ini. Karena fokus objek yang jatuh ke sensor tetap fokus, bagi kalangan cinema tidak perlu memperbaiki fokus objek.

Parfocus juga digunakan untuk mikroskop, dan teleskop.

Berbeda dengan varifocal dianggap lensa dengan bilangan prima.
Ketika dipakai untuk zoom atau normal, aperture akan berubah pada titik maksimum dan minimum pada focal length. Kondisi normal, aperture akan mencapai minimum seperti f3,5, ketika di zoom akan berbuah naik ke maksimum ke f4 atau lebih besar.

Lensa varifocal mengerakan posisi masing masing lensa di dalam, khususnya perubahan jarak pembesaran objek foto.

Membuat fokus objek kembali berubah ketika lensa melakukan pembesaran.

Bagi fotographer, lensa varifocal sudah memadai. Karena ketika camera di zoom, sistem camera dengan cepat memfokus objek.



Tetapi untuk kalangan film dan video bahkan kalangan profesional, tipe lensa parfocal memiliki kelebihan tersendiri. Setidaknya untuk kecepatan, cahaya yang masuk ke dalam sensor lebih baik.

Mungkin informasi ini terlalu sederhana, mengingat terbatasnya contoh yang didapat dalam perbedaan lensa varifocal dan parfocal

Kiri lensa Parfocal hanya memiliki angka f4 yang tertera, baik di 12mm  atau 24mm maka lensa akan berada pada f4
Kanan lensa Varfocal, terlihat angka f3,5 untuk 18mm. Bila lensa di zoom misalnya ke 35mm maka angka f menjadi f4,5
perbedaan lensa varifocal vs parfocal
Sederhananya, Parfocal tidak merubah aperture lensa. Cahaya yang masuk akan melewati lubang yang tetap, dan lensa tidak perlu re-focus kembali selama jarak ke objek foto berada ditempat yang sama
Konstruksi lebih rumit dan mahal, setidaknya rancangan lensa parfocal dibuat untuk kalangan profesional

Sedangkan Varfocal akan merubah aperture. Lensa si zoom maka lensa akan memfokus kembali sesuai setting baru.
Bagi kalangan amatir tidak masalah, karena tidak perlu mengejar waktu untuk memburu objek.

Contoh pertanyaan yang di clip di majalan Photographer edisi Januari 2007.
Satu pertanyaan mengapa ketika lens di zoom, fokus pada objek ikut berubah


Berita terkait
Tamron keluarkan 2 lensa baru dengan f1.8. Lensa Tamron 35mm f/1.8 Di VC USD dan Tamron 45mm f/1.8 Di VC USD keduanya mengunakan fitur VC untuk stabilizer gambar. Lensa Tamron 35mm f/1.8 Di VC USD untuk portrait dengan jarak objek sampai 11 inci

Ilko Alexandroff memberikan teknik fotografi. Bagaimana membuat foto malam hari, tapi anda tidak mau membawa lampu. Cari saja papan billboard di jalan sebagai lampu foto anda. Caranya sederhana, si objek foto harus lebih dekat dengan billboard.



Dari Profoto , Jared Platt memberikan penjelasan apa perbedaan pengambilan gambar dengan lampu flash atau cahaya alami. Foto pertama mengunakan reflektor untuk menambah cahaya alami, dan foto kedua dengan lampu flash

Membuat video mengambang dibuat oleh Edelkrone. Tekninya mengambil 2 gambar berbeda pada tempat yang sama, mengunakan setting video DSLR dan direkam dalam 2 video berbeda.

Setting Shutter Speed berguna dalam beberapa objek, dibagi dari Ultra Fast, Fast, Normal dan Slow. Setting ini menentukan objek apa yang diambil. Mengabadikan benda bergerak seperti pesawat atau mobil F1 sangat dianjurkan mengunakandengan Ultra Fast atau Fast

Belajar F Stop, memperkecil lubang lensa tidak membuat detail gambar lebih tajam. Walau seluruh gambar terlihat lebih baik dan tidak tampak blur dibelakang fokus. Efek ini disebut Lens Diffraction, semakin besar F maka cahaya yang masuk ke lensa mengalami perubahan sampai di sensor camera.

Bagaimana nilai seorang fotographer berpengalaman dengan fotografi Landscape. Elia sudah keliling ke beberapa negara untuk mengabadikan tempat indah. Termasuk foto di Bromo selama 8 hari menjadi salah satu foto yang paling dikagumi.



Artis computer Andreaas Brueckl memperbaiki tampilan video dari bintang iklan Arri Alexa untuk produk Garnier. Pengerjaannya hanya 30 menit dalam video yang dibuat 3 menit ini. Memperlihatkan bintang iklan tampil begitu cantik dan gambar menjadi tajam. Proses dilakukan melalui computer

Dengan membawa tripid, mencari tempat yang baik dan jauh dari polusi udara. Setting camera 20 detik dan tunggu saja sampai muncul gambar di LCD. Ian juga memperlihatkan video timelapse dari galaksi Bima Sakti di akhir video

Setting camera Canon memiliki fitur Highlight Tone Priority. Untuk apa fitur tersebut. Fungsinya mengabadikan gambar seperti video agar gradasi warna gelap tetap terlihat

Judulnya tidak salah, bagaimana membersihkan sensor camera dan lensa camera Mark 2. Bayangkan bodi camera dan lensa dimasukan ke dalam ember air, dan dimasukan ke sabun.

Canon membuat pelajaran merawat camera. Teknik membersihkan debu di camera, bagian yang sering terganggu, membersihkan lensa sampai larangan untuk tidak menyentuh bagian sensor.

Satu lagi teknik foto disebut Time Stack. Tekniknya seperti membuat video Timelapse, foto dibuat berurutan dengan objek yang sama. Foto yang sudah diambil nantinya di gabung dengan Photoshop.

Rumus mengambil foto star dan galaksi. Terserah untuk single shot atau multi shot untuk foto stacker atau untuk foto Timelapse stargazer Rumus paling umum dipakai dengan lensa 16mm, f2.8, 25 detik, ISO 3200.



Foto menarik bisa dibuat dengan sederhana, tidak perlu mahal. Tidak perlu ruang studio yang mahal yang penting kreatif. Bisa menjadi ide untuk foto pernikahan yang murah.

Pengunaan Adobe After Effect lebih banyak digunakan untuk efek video yang lebih luas, seperti video text, objek 3D dan lainnya. Video dari The JOY of Color Correction in After Effects memberikan gambaran efek apa yang bisa dibuat

Ingin belajar foto, dengan teknik peralatan camera. Dari Exposure, Depth of Field, Shutter, Composition sampai White Balance, diberikan di situs Sony.

Kemudahan pengunaan DSLR sebagai video camera lebih banyak menguntungkan. Seperti setting aperture, menganti lensa dan mengatur ISO untuk pencahayaan dapat memperbaiki kualitas video.

Video dengan durasi 30 menit lebih memberikan pelajaran bagaimana mengunakan lampu dan reflektor untuk objek foto

Canon Amerika memperkenalkan layanannya di Youtube Channel. Untuk memberikan pelajaran tentang camera dan peralatan Canon.Video cara belajar camera Canon dibuat pendek, tetapi lengkap dan lebih dalam. Saat ini ada 19 video yang dibuat, baik untuk





No popular articles found.