Januari 2015
HGST Hitachi Global Storage Tech, perusahaan pembuat harddisk dari anak perusahaan Western Digital. Memberikan konferensi dengan mengundang partner mereka dari China di Taipei Taiwan. HGST menampilkan standar storage baru, storage untuk Enterprise, sistem Cloud dan inovasi dari Big Data

Termasuk yang ditampilkan model HGST Virident Space, dan HelioSeal serta Active Archive HGST telah mengembangkan harddisk 10TB mengunakan gabungan 2 teknologi dari HelioSeal (pendingin harddisk dengan mengisi gas helium) dan SMR. Harddisk 8TB dengan HelioSeal diberikan untuk model Ultrastar He8. Dengan teknologi HelioSeal, kapasitas harddisk dapat ditingkatkan sampai 40% dan membantu kinerja harddisk lebih stabil sampai 30-40% dari produk lain.

Tentang teknolopi harddisk 8TB. HGST mengatakan telah mengirim harddisk model Ultrastar He8 kepada partner mereka seperti Netflix, Huawei, Ispur, Promoise Tech untuk di uji coba.
HGST Virident Space adalah software untuk mengatur server cluster dan sistem partisi harddisk
Active Archive adalah sebuah platform melihat penyimpanan data dalam kerapatan storage dan tingkat efisien sampai 10x lebih baik dari sistem tradisional. Tetapi teknologi Active masih dalam tahap test, dan akan dirilis pada tahun 2015

Update Maret 2015
Hitachi atau HGST anak perusahaan WD menepati janji akan menampilkan harddisk 10TB. Satu model dipamerkan pada pertemuan Linux Foundation di Boston. Sayangnya harddisk dengan kapasitas 10TB tersebut tidak akan masuk ke notebook saat ini, mungkin nanti.

Harddisk HGST 10TB mengunakan teknologi SMR HelioSeal, diperuntukan bagi server computer. Harddisk berisikan gas helium yang berguna mengurangi friksi pada bagian head dengan piring harddisk. Seperti apa bentuk harddisk 10TB, dibawah ini.

Update November 2015
HGST Ultrastar He10 sudah siap untuk dipasarkan. HGST Ultrastar He10 adalah harddisk generasi ke 3 yang berisi gas helium di dalamnya. Harddisk baru tersebut menawarkan 25% kapasitas lebih besar dari generasi sebelumnya, 56% power lebih hemat dari harddisk biasa yang mengunakan udara vacuum.

Kecepatan Ultrastar He10 dengan latency 5,16ms dan kecepatan putaran 7200RPM. Tranfer data sekitar 237MB/s dengan 8ms read dan 8,6ms write. Pemakaian power ketika bekerja 6,8W dan idle 5W. Daya tahan harddisk Ultrastar He10 mencapai 2,5 juta jam dan diberikan garansi 5 tahun. Saat ini Ultrastar He10 tersedia untuk kelas enterprise.

April 2017
Harddisk terbesar tahun 2017. HGST Ultrastar HE12 dengan kapasitas 12TB tampil, memiliki putaran 7200RPM.

Untuk kapasitas harddisk menjadi harddisk monster pertama sebagai media storage harddisk tahun 2017. Harddisk kapasitas besar tersebut dirancang untuk kelas perusahaan. WD Ultrastar HE12 dibuat oleh anak perusahaan WD yaitu HGST atau Hitachi Harddisk.

Memiliki 8 platter dengan ukuran 3,5 inci seperti harddisk biasa. Yang berbeda udara di dalam harddisk, mengunakan bahan helium. Menurunkan friksi pada head dan piring harddisk serta mempertahankan kestabilan untuk mengambil atau menyimpan data.

WD mengatakan 8 platter dimungkinkan untuk harddisk kapasitas besar dengan kerapatan plat tinggi di dalam harddisk. Dengan gas helium atau harddisk biasa, harddisk dapat dirancang 50% lebih besar kapasitasnya. Menjadi harddisk generasi ke 4 dari pabrikan HGST.

WD Ultrastar HE12 dibuat dengan port SATA dan SAS.

Spesifikasi harddisk HGST Ultrastar HE12
  • HelioSeal: Western Digital's fourth generation, based on exclusive HelioSeal technology, bringing the highest capacity HDD to market much sooner than competing technologies
  • World’s first 8-disk design, 12TB capacity, available with either 12Gb/s SAS or 6Gb/s SATA interface
  • Data Security: Instant Secure Erase, sanitize and safely redeploy HDDs using the Instant Secure Erase feature
  • SED Features: Help protect end user data with encryption (Self Encrypting Drive)
  • Reliability: Amongst the industry’s highest MTBF rating at 2.5M hours
Selain kapasitas harddisk sangat besar. WD memberikan garansi 5 tahun. Belum diketahui berapa harga harddisk HGST Ultrastar HE12.

Harddisk Western Digital HGST Ultrastar HE12 12TB
 
+ Hitachi Global Storage