Januari 2015
HGST Hitachi Global Storage Tech, perusahaan pembuat harddisk dari anak perusahaan Western Digital. Memberikan konferensi dengan mengundang partner mereka dari China di Taipei Taiwan. HGST menampilkan standar storage baru, storage untuk Enterprise, sistem Cloud dan inovasi dari Big Data

Termasuk yang ditampilkan model HGST Virident Space, dan HelioSeal serta Active Archive HGST telah mengembangkan harddisk 10TB mengunakan gabungan 2 teknologi dari HelioSeal (pendingin harddisk dengan mengisi gas helium) dan SMR. Harddisk 8TB dengan HelioSeal diberikan untuk model Ultrastar He8. Dengan teknologi HelioSeal, kapasitas harddisk dapat ditingkatkan sampai 40% dan membantu kinerja harddisk lebih stabil sampai 30-40% dari produk lain.

Tentang teknolopi harddisk 8TB. HGST mengatakan telah mengirim harddisk model Ultrastar He8 kepada partner mereka seperti Netflix, Huawei, Ispur, Promoise Tech untuk di uji coba.
HGST Virident Space adalah software untuk mengatur server cluster dan sistem partisi harddisk
Active Archive adalah sebuah platform melihat penyimpanan data dalam kerapatan storage dan tingkat efisien sampai 10x lebih baik dari sistem tradisional. Tetapi teknologi Active masih dalam tahap test, dan akan dirilis pada tahun 2015

Update Maret 2015
Hitachi atau HGST anak perusahaan WD menepati janji akan menampilkan harddisk 10TB. Satu model dipamerkan pada pertemuan Linux Foundation di Boston. Sayangnya harddisk dengan kapasitas 10TB tersebut tidak akan masuk ke notebook saat ini, mungkin nanti.

Harddisk HGST 10TB mengunakan teknologi SMR HelioSeal, diperuntukan bagi server computer. Harddisk berisikan gas helium yang berguna mengurangi friksi pada bagian head dengan piring harddisk. Seperti apa bentuk harddisk 10TB, dibawah ini.

Update November 2015
HGST Ultrastar He10 sudah siap untuk dipasarkan. HGST Ultrastar He10 adalah harddisk generasi ke 3 yang berisi gas helium di dalamnya. Harddisk baru tersebut menawarkan 25% kapasitas lebih besar dari generasi sebelumnya, 56% power lebih hemat dari harddisk biasa yang mengunakan udara vacuum.

Kecepatan Ultrastar He10 dengan latency 5,16ms dan kecepatan putaran 7200RPM. Tranfer data sekitar 237MB/s dengan 8ms read dan 8,6ms write. Pemakaian power ketika bekerja 6,8W dan idle 5W. Daya tahan harddisk Ultrastar He10 mencapai 2,5 juta jam dan diberikan garansi 5 tahun. Saat ini Ultrastar He10 tersedia untuk kelas enterprise.


harddisk HGST 10TB

Desember 2016
1 tahun setelah HGST menampilkan 10TB, sekarang tampil 12TB
Harddisk 12 TB sedang dikembangkan oleh WD dan Seagate. Pertana 12TB dibuat oleh HGST Ultrastar HE12 PMR. Harddisk kapasitas terbesar tahun dikirim untuk di uji coba oleh perusahaan storage.
WD UltraStar He 12 mengunakan mengunakan 8 platter, dibanding 10TB mengunakan 7 platter.

Bagaimana dengan 14TB, pertama akan diberikan untuk data center. Dimana sistem storage data center membutuhkan harddisk kapasitas besar untuk menangani database media sosial, atau layanan storage cloud.

Bagaimana dengan PC baru, arahnya akan ke SSD bila harganya semakin terjangkau yang lebih cepat dibanding harddisk. Tapi untuk perusahaan akan memilih harddisk dimana kapasitas dibutuhkan sangat besar dengan harga jauh lebih murah. Tapi tidak lama lagi akan tampil 14TB harddisk SMR, setidaknya pada tahun 2017.

harddisk HGST 10TB
+ Hitachi Global Storage