Digital | 31 December 2014

ISS melintas di depan bulan oleh Gadi


Gadi Eidelheit dari Israel akhirnya mendapatkan gambar stasiun ISS ketika melintas tepat di depan bulan. Entah bagaimana dia menghitung waktu dan perkiraan stasiun tersebut. Mengunakan 2 camera, satu untuk clip foto dengan Canon 700D dan lensa tele 18x250 untuk maksimum Zoom.

Sisi kanan atas terdapat satu titik putih, benda tersebut adalah ISS atau stasiun ruang angkasa yang mengorbit bumi setiap 90 menit sekali

Foto ISS di 
depan bulan dari Israel Gadi Eideheit

Satu lagi Canon SX50 untuk maksimum Zoom sampai 1200mm. Dia tidak bisa memastikan apakah ISS akan melintas tepat di depan bulan, dan sempat ragu foto yang diambil dapat baik. Ternyata memang baik dan tepat. Foto diambil pada 28 Desember 2014 kemarin. Lintasan ISS begitu cepat hanya dalam hitungan detik ketika menutup bidang permukaan bulan.

Bisa dilihat pada
Detik ke 7 dari sisi atas kanan terdapat 1 titik cahaya.
Detik ke 9 (hanya 2 detik) ISS masuk ke depan bulan
Detik ke 10 ISS meninggalkan sisi kiri bawah tepian bulan.
Detik ke 12, ISS sudah melewati batas frame camera.



Melihat ISS lewat dari Bumi bisa dilihat dari data N2Y0.com
Cahaya akan tampak karena pantulan sinar surya, dan cahaya akan tampak seperti bintang berjalan. Umumnya mudah terlihat sebelum pagi atau setelah sore hari.

Foto paling top diabadikan oleh Maximilian, bentuk ISS utuh  tepat di depan bulan



Update : Gadi memberikan penjelasan bagaimana melihat posisi ISS dan bulan via website + www.thevenustransit.com


www.calsky.com
Artikel Lain

Sudah melihat stasiun ISS melintas di depan Bulan, atau melintas di depan Matahari. Yang ini tepat berada di depan planet Saturnus. Tentu stasiun ruang angkasa tersebut sudah biasa melintas di depan sebuah objek. Tapi bagaimana menghitung posisi lintasan ISS.

Bill Ingalls berhasil mengabadikan stasiun ruang angkasa tepat ketika melintas di depan bulan. Stasiun ruang angkasa atau ISS ini terlihat seperti huruf Z, dan berada hampir tepat ditengah bulan. Tidak mudah mendapatkan foto seperti ini,



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.