Infografik aplikasi Android meminta data


News | 31 December 2014

Apakah aplikasi resmi aman buat penguna smartphone Android. Sudah umum bila aplikasi meminta persetujuan penguna, bahwa mereka meminta akses atau data dari smartphone. Tapi ada hal yang tidak penting untuk diambil oleh aplikasi, bahkan tidak berhubungan dengan aplikasi dengan data yang diminta. Satu yang pernah ditemukan adalah aplikasi TV di Android. Aplikasi yang sudah dihapus oleh Google tersebut meminta akses ke camera dan microphone. Nah, aplikasi TV Android malah dapat menaktifkan microphone dan camera di smartphone.
Aplikasi game Happy Fish meminta identifikasi, akses foto dan media, WIFI serta ID perangkat dan informasi panggilan.

Beberapa aplikasi umum yang biasa dipakai umumnya boleh dibilang agak nakal. Seperti Antivirus, aplikasi Chat dan telepon internet Viber, dan Facebook mengambil data di smartphone. Atau Instagram bisa mengakses microphone dari smartphone. Lucunya panggilan telepon atau Call Log juga diminta oleh aplikasi.

Apakah boleh aplikasi tersebut mengambil data anda. Seharusnya tidak, tapi pembuat aplikasi memerlukan data yang alasannya untuk agar mudah di hubungi dengan pemilik data yang sama. Ini yang susah, penguna tidak bisa menolak karena membutuhkan layanan mereka. Berbahaya, mungkin bagi mereka yang memiliki berbagai kepentingan tapi tidak berbahaya bagi penguna umum.

Kita bisa sedikit berhati-hati ketika mengambil atau  install dari aplikasi Google Play. Sebelum menginstall, Google akan memberi peringatan apa saja yang dibutuhkan atau diminta oleh aplikasi. Kita harus membaca pengumuman tersebut, bila permintaan tidak berhubungan dengan aplikasi Android atau tidak ada sangkut pautnya dengan kinerja aplikasi. Bisa dipertanyakan kembali apakah perlu di install.

Dibawah ini layanan dari aplikasi Android,  masih ada yang baik karena tidak mengambil (mencuri) data dari smartphone pemiliknya. Seperti Youtube tidak mengambil data apapun.

Data aplikasi yang mencuri data pribadi

Berita terkait
Libra mata uang digital dari Facebook. Akan menjadi transaksi uang dengan nilai lebih stabil. Berlaku ke seluruh dunia yang mengunakan Libra. Tidak terbatas di negara maju, Libra dapat digunakan untuk tranfer uang di negara berkembang. Walau di miliki Facebook, mata uang Libra berdiri dan di kelola terpisah dengan perusahaan laian.

Kriteria mencar planet mirip Bumi, kriteria apa saja yang ada dari penemuan sebuah planet. Ukuran yang tepat belum tentu planet cocok untuk manusia. Banyak kriteria mininum yang ada sampai manusia bisa tinggal di sebuah planet baru.



Kecepatan internet untuk gaming, dicatat oleh Steam. Tertinggi masih dipegang Amerika Utara dan Eropa. Dapat dilihat dalam grafik dengan warna hijau terang adalah negara dengan pemakai bandwith terbesar dari jaringan Steam. Kecepatan internet yang dicatat adalah trafik pemakaian bandwidth maksimum dan kecepatan download rata rata penguna.

Dari Gigabyte ke Terabyte, tap tahun 2016 menjadi era Zettabyte. Secara teknik Zettabyte setara 1.024 Exabytes atau 1.1 triliun Gigabyte (mendekati). Apa yang dimaksud dengan era Zettabyte, pastinya berhubungan dengan internet.

Gunung Everest paling tinggi di bumi, tapi gunung paling tinggi dari titik dasar ada di gunung Mauna Kea. Menjulang dari dasar laut sampai keatas setinggi 10km. Kalau gunung tertinggi di seluruh tata surya.

Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan.




No popular articles found.
< /body>