Astronomi khusus edit foto antariksa


Kategori : Digital | Date : 29 September 2015
Namanya Robert Gendler seorang astronomi dan khusus menangani foto hitam putih menjadi berwarna.



Seperti apa gambar yang diterima Robert dari pusat observerasi teleskop. Robert mengatakan tidak mudah mengekstrak gambar dari teleskop. Foto datang dengan bentuk bagian kotak kotak.



Foto tersebut masih dalam bentuk mosaik atau terpotong dan harus di gabung kembali menjad satu. Butuh 1-2 minggu pengerjaan computer dan pemeriksaan proses setiap malam. Foto yang datang masih berbentuk greyscale atau hitam putih.

Bagaimana foto sebuah nebula dibuat Robert menjadi berwarna. Dia mengunakan beberapa metode untuk memperkirakan bentuk nebula. Misalnya foto dari teleskop Subaru sebagai salah satu teleskop terbesar di dunia, file datang dalam warna single band. Foto kembali dicocokan dengan data orang lain yang sudah dikumpulkan bertahun tahun. Seperti data dari Digitized Sky Survey. Sisanya mengunakan software biasa untuk astronomi. Dari Photoshop, Mxim DL, Registar dan Noise Ninja.



Hasil akhirnya seperti gambar dibawah.
NGC 1999, Emission and Reflection Nebulae in Orion
Composite Image from three Data sources
8.2 Meter Subaru Telescope (NAOJ)
Hubble Space Telescope
Color Data: Digitized Sky Survey, Robert Gendler


Image Assembly and Processing : Robert Gendler




Foto yang didapat dari teleskop optik tidak selamanya berwarna. Kadang gas dan debu menutup bagian dalam sebuah benda di antariksa. Seperti kompisi gas dan panas memerlukan teleskop khusus seperti teleskop X-ray dan teleskop Radio. Bila masing masing teleskop memperlihatkan foto aslinya, gambar yang dihasilkan tidak akan memperlihatkan bentuk benda disana.

Foto benda di luar angkasa dengan teknologi teleskop optik misalnya datang dengan warna hitam putih, dan kembali di proses oleh para astronom sampai para artis astronomi. Baru terbentuk benda aslinya atau perkiraan bentuk benda lebih detil. Demikian dengan teleskop jenis lain, seperti Hubble, X-Ray, Radio teleskop, gabungan kombinasi gambar dari beberapa teleskop baru menghasilkan sebuah foto berwarna.

Dari Robert Hurt
Seorang sain visual dari Caltech mengunakan software Adobe untuk mengabungkan foto antariksa menjadi berwarna.
Tidak seperti user photoshop biasa, gambar yang dibuat oleh Robert adalah foto bintang atau dunia antariksa. Contoh satu gambar dibawah ini adalah Orion Nebula atau M42. Nasa mengambil gambar dengan teleskop Wide Field Infrared Survey Explorer atau WISE (teleskop infrared) dan diabadikan Januari 2013.
Foto yang diberikan nasa hanya warna hitam putih dengan panjang berbeda beda. Blue artinya panas, Green dan Red lebih dingin dan satu warna lagi Cyan.

Foto dibawah ini adalahh 4 warna berbeda tapi warna aslinya hitam putih. Nantinya digabung menjadi satu dan memperlihatkan struktur gas di nebula Orion tersebut.



Berita terkait
www.robgendlerastropics.com/Einstein.html
www.obengplus.com/artikel/articles/153/Startrail-mengabungkan-cahaya-bintang-menjadi-lintasan-dalam-satu-foto
Sebuah foto galaksi berbentuk spiral M51, letaknya 23 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi tersebut sedang mendekati sebuah galaksi kecil dan sedang  mengambil bagian galaksi yang kecil.  Kombinasi gambar teleskop biasa dan teleskop Spitzer dapat melihat lebih detil apa yang terjadi disana.

Thierry Legault kembali membuat heboh dunia astrofotografi. Kali ini bukan ISS saja yang diabadikan tapi bersamaan dengan transit planet Merkurius. Satu lagi foto ISS melintas 4 Februari 2017, berhasil diabadikan Thierry dalam hitungan dari 1 detik



Karena lensa gravitasi dari galaksi lain, Hubble menemukan 3 galaksi tersembunyi. Diperkirakan jaraknya mendekati 500 ribu tahun setelah terjadi Big Bang atau pembentukan alam semesta. Karena sangat jauh sekalee, bentuknya masih berwarna merah samar.

Galaksi NGC 7793 terlihat pada foto sangat terang walau letaknya sangat jauh. Berada 13 juta tahun cahaya dari bumi. Menjadi galaksi paling terang di grup Sculptor. Ada tapinya, menurut astronom di galaksi ini merupakan tempat keras. Lingkungan yang keras seperti apanya.

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari. Hobi foto malam hari disebut Nightscapes, khusus untuk mengabadikan keindahan malam hari atau membuat foto bintang.

Kalau mau belajar fotografer, belajarlah untuk camera. Berlatihlah bagaimana mengunakan camera, mengerti setting di camera. Tapi mengambil gambar bukan harus berlatih.




No popular articles found.