Industri solar cell tidak sehijau bagi produsen


Kategori : News | Date : 17 October 2012

Harga panel surya atau solar cell terus turun. Selama 2 tahun terakhir banyak perusahaan pembuat solar cell ikut bangkrut. Satu laporan riset yang dirilis, sekitar 180 perusahaan lain akan keluar, dijual atau merger sampai tahun 2015 mendatang.

Sekitar separuh dari produsen solar cell akan menutup pabrik mereka, karena harus dibuat dengan biaya mahal dan kalah bersaing. Pabrik solar cell dari Amerika, Eropa dan Kanada diperkirakan tidak mampu bersaing di pasar global.

Sebagian pabrik solar cell di Cina lebih beruntung, mereka mengunakan biaya subsidi negara yang membiayai perluasan pabriknya. Tidak semua beruntung, pihak pemerintah Cina hanya mempertahankan 12 perusahaan besar atau mengabungkan ke perusahaan lain. Masih ada 54 produsen panel surya disana yang kemungkinan besar tidak bertahan dalam 3 tahun kedepan.

Melihat strategi pemerintah Cina, maka sulit bagi perusahaan solar cell asal Amerika mampu bertahan. Diperkirakan produsen solar cell dari Amerika akan menghilang sampai tahun 2013 mendatang. Banyak perusahaan solar cell diluar CIna mengatakan produk dari sana kalah bagus dari buatan mereka. Tetapi dengan subsidi pemerintah, perusahaan solar cell Cina akan mampu bertahan dan menjual produknya dibawah harga pasar.

Perusahaan barat seperti First Solar sekarang hanya memiliki pendapatan biasa saja, bahkan lebih rendah dari tahun 2011. Boleh dibilang tren penjualan semakin menurun. Perusahaan baru seperti Solyndra dan Abound Solar sudah kalah bersaing. Bahkan GE yang awalnya memiliki rencana ambisius untuk membangun pabrik dengan kapasitas pabrik 400 MW di Colorado. Memutuskan menunda rencananya. First Solar awalnya menjadi raja dengan menjual solar cell berbiaya rendah. Tetapi sudah memutuskan untuk menutup pabrik besar di Jerman dan menunda pendirian pabrik baru di Vietnam dan Arizona.  Entah banyak lagi perusahaan lain yang sudah bangkrut.

Beberapa produsen masih bertahan bahkan berencana membangun pabrik baru. Beberapa perusahaan lainnya masih berharap kelebihan pasokan akan berakhir dan bisa menjual solar cell diatas harga produksi. Jatuhnya harga solar cell berdampak baik bagi penguna. Khususnya mereka yang menjual atau pengembang pembangkit tenaga surya. Dan akhirnya konsumen yang diuntungkan.


Berita terkait
8 tahun lalu harga kapasitas per watt dijual $4, sekarang hanya 78 sen saja. Harga murah , terlalu cepat turun, baik untuk pembeli. Tidak untuk pabrikan. Perusahaan  industri tidak memiliki dana lebih dan harus bertahan dengan biaya produksi.

Tulisan dilayar besar besar, Youtube masih sederhana. Seperti apa website yang sekarang setelah populer, bagaimana tampilannya ketika baru muncul.



Angka perkiraan bisa dihitung melalui pemakaian power listrik server. Jumlahnya lebih dari seratus ribu unit computer

Tiesto No.1. Siapa yang mengenal DJ Tiesto, seorang DJ asal Belanda. BIla nge-mix musik trance sampai techno, penghasilannya 22 juta dollar pertahun. Untuk show semalam saja tarifnya memang mantap.

Kecepatan, dan fleksibel menjadi pilihan Apple memproduksi diluar Amerika. Apple mempekerjakan sekitar 43 ribu karyawan di Amerika, 20 ribu diluar negeri. Angka tersebut lebih kecil dibanding karyawan General Motor dengan 400 ribu orang pada tahun 1980an.

National Geographic announces winners of global photography contest, Grand-Prize Winner and Nature Winner

Tokyo Jepang, tetap menjadi kota paling mahal di dunia. Disusul kota Oslo Norwegia




No popular articles found.