Science | 10 July 2017

Bintang dan galaksi pemberian nama dan perubahan di alam semesta


Istilah nama planet atau galaksi dan pengertian tata surya dengan nama berbeda

Bintang adalah bola plasma raksasa, dan jumlahnya miliaran di galaksi kita.

Bintang menjadi peran penting dalam kepercayaan dan navigasi.

Di tahun 1937 pertama kali bentuk teleskop radio di bangun, memungkinkan ilmuwan mempelajari komposisi sebuah bintang.

Tahun 1990 pertama teleskop berbasis ruang angkasa Hubble berhasil membuka mata dalam bidang astronomi.

Penamaan bintang

Pemberian nama Bintang

Dari budaya kuno, manusia mengambarkan kelompok bintang dalam rasi bintang seperti bentuk binatang.
Beberapa nama diberikan dari kebudayaan berbeda, seperti Orion Hunter adalah nama dewa mitologi Yunani.
Astronomi masih sering mengunakan nama rasi bintang dalam penamaan di satu tempat.

Badan otoritas penamaan konstelasi rasi disebut International Astronomical Union secara resmi mengakui 88 rasi bintang bukan 12 rasi bintang lagi seperti yang kita ketahui.

Pengamatan di bidang astronomi juga menambah pengetahun dari bintang bintang yang ditemukan.
Satu bintang mungkin ada 1 planet atau lebih


Bintang tidak sendiri, bisa saja bintang biner atau 3 bintang pada satu tata surya.

Penamaan lain adalah nama bintang dan planet, mengunakan singkatan huruf berbeda.

Nama bintang mengikuti nama instrumen dan daftar resmi atau koordinat lokasi bintang dari Bumi.
Satu bintang akan mengunakan nama instrumen seperti HD di ikuti koordinat.
Bila di satu tempat terdapat 2 bintang, diambil dari nama akhiran Alpha sebagai bintang paling terang, disusul bintang kedua paling terang dengan nama Beta dan Gamma dan seterusnya. Sampai semua huruf Yunani digunakan, selanjutnya mengunakan angka.

Misal ada 2 bintang biner di satu tempat, bintang paling terang atau lebih besar mendapat nama belakang A, sedangkan bintang kedua diberi nama B.
Planet juga mengikuti urutan, dari yang terdepan atau dekat ke bintang disebut a dan bintang kedua b dan seterusnya.



Sejumlah bintang sudah diberi nama sejak jaman dahulu.
Bintang Betelgeuse misalnya disamakan dengan tangan (raksasa) dalam bahasa Arab. Menjadi bintang paling terang di kelompok Orion.

Selama bertahun tahun astronomi mulai mengunakan sistem nomor unik. Mengunakan katalog Henry Draper sebagai pelopor dunia astronom, menyediakan klasifikasi dari posisi 272.150 bintang.
Nama tersebut sudah digunakan lebih dari 50 tahun lamannya sebagai katalog bintang tersebut.

Tapi penamaan bintang tersebut hanya sebagian, setidaknya yang terlihat secara visual dan teleskop.

Sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti yang berjumlah miliaran bintang.

Perubahan nama bintang lebih mudah di dokumentasikan dengan nomor.
Nama bintang Betelgeuse di katalog Henry Draper diberi nomor HD 39801.

Karena begitu banyak bintang di galaksi kita saja, tim astronom akan kesulitan memberi nomor dengan angka.

SPI mengunakan penamaan dengan sistem berbeda. Sebagian singkatan nama depan (huruf) sekarang digunakan, disusul nomor dan terakhir kelompok simbol.

Bintang bukan saja benda yang bercahaya.
Jenis bintang lain termasuk bintang yang sudah mati tapi aktif.
Misal bintang pulsar, magnestar atau bintang neutron yang tidak bercahaya masuk dalam daftar penemuan dan penamaan baru.
Keberadaan bintang yang tidak memiliki sinar tersebut dapat tidak terlihat oleh visual optik. Tapi terditeksi oleh teleskop radio atau instrumen lain seperti X-ray, Ultraviolet, Infrared dan lainnya.

Misalnya PSR J1302-6350 adalah sebuah bintang Pulsar diberikan kode depan PSR. J (1302) - (6350) dengan 2 urutan huruf adalah koordinat seperti garis lintang dan bujur di Bumi.

Bagaimana memberi nama dari bintang untuk planet.
Teknologi astronomi jaman dulu, tidak pernah mengetahui (melihat langsung) adanya planet lain selain 8 planet di tata surya.
Planet dari Merkurius sampai Pluto saja. Dan belum dapat dibuktikan, apakah ada planet di luar tata surya kita.

Sekarang dengan perkembangan teknologi banyak planet ditemukan, dan mengorbit ke bintang diluar matahari.


Setidaknya ada beberapa planet yang  berhasil ditemukan atau disebut Exoplanet (ex diluar tata surya)

Nama planet untuk satu bintang.
Secara umum nama planet yang ditemukan dan mengorbit ke bintang induk atau satu bintang, akan diberi tambahan huruf seperti a, b, c, d.
Huruf a adalah planet terdepan, disusul planet kedua b dan seterusnya.
Misal planet TOI-561b adalah nama planet yang ditemukan, mengorbit ke bintang TOI-561
Ditemukan pertama oleh instrumen TOI.

Nama planet atau bintang biner
Demikian juga bintang, tata surya kita hanya memiliki 1 bintang atau matahari / sun.
Tapi di tempat lain ditemukan sebuah tata surya dengan 2 bintang atau lebih.

Diberikan nama dengan huruf besar bila minimal ditemukan 2 bintang, dari A bintang terbesar, B bintang lebih kecil dan seterusnya.
Nama planet dimulai dengan nama tata suryanya, atau nama bintangnya. Dimulai dengan huruf b kecil. Karena di depan sudah ada dua huruf besar seperti A dan B.

Misalnya tata surya HD131399, disana terdapat 3 bintang. Bintang utama disebut HD131399A, dengan huruf besar A, dan bintang kedua diberi nama HD131399B.

Nama planet yang mengorbit ke bintang biner
Nama planet akan mengikuti orbit dari bintang induknya. Tapi diberi nama 2 huruf besar sebagai nama bintang dan huruf kecil sebagai urutan nama planet.

Untuk planet yang ditemukan, bila planet mengitari bintang HD131399A, akan diberi nama HD131399Aa, dan planet kedua diberi nama HD131399Ab yang ditandai dengan huruf kecil

Bila membaca berita, makalah ilmiah dan terdapat beberapa nama bintang dengan tambahan "or". Misalnya disebutkan dengan kata A Star or PJR 000-000 Star. Mungkin nama bintang yang disebutkan adalah bintang yang sama, hanya berbeda penyebutan nama yang berbeda beda.


Siklus hidup sebuah bintang.
Ukuran bintang berbeda beda, ada yang kecil , sedang, besar, sangat besar dan bintang super giant atau si raksasa. Tergantung berapa banyak gas yang ada disekitar bintang sebelum terbentuk. Tapi ada cerita sedih dengan bintang. Ukuran bintang kecil dan semakin kecil umumnya memiliki umur hidup lebih lama. Karena gas yang dibakar tidak terlalu banyak walau ukuran bintang dengan masa lebih rendah. Tetapi bintang besar dan ukurannya yang sangat besar, memiliki umur lebih pendek karena terlalu rakus membakar semua gas yang ada dengan cepat.

Ada satu lagi bintang yang terlalu kecil. Bila gas yang dikumpulkan sebuah bintang sangat rendah seperti sepersepuluh ukuran dari matahari. Bintang tersebut bisa menjadi bintang gagal. Karena tarikan gravitasi bintang mungkin tidak cukup kuat dan bintang akan bersinar sangat redup dan dinamai Katai Coklat (memiliki cahaya berwarna coklat).



Bintang dengan ukuran menengah membutuhkan waktu 100 ribu tahun untuk menjadi protobintang.  Seperti bintang T-Tauri adalah bintang variabel, karena cahayanya berubah ubah. Bintang jenis ini membutukan waktu 10 juta tahun lalu untuk membuat keseimbangan dalam pembentukan fusi nuklir.  Biasanya bintang ini memiliki inti fusi hidrogen.

Berbeda dengan bintang ukuran besar. Karena membakar gas hidrogen begitu cepat, akhirnya dibagian inti hidrogen di dalam bintang akan lebih pendek. Ketika semua hidrogen di inti bintang menyatu dengan gas helium. Bintang akan berubah dengan cepat.  Hal ini menyebabkan bagian luar bintang memperluas dan terus membesar.

Nasib bintang rata rata sama, mereka akan menjadi supernova atau bintang meledak. Tetapi menurut Nasa, bintang berukuran kecil rata rata berumur sangat lama. Usianya mencapai 100 miliar bahkan 1 triliun tahun. Bila perkiraan tersebut benar, dengan pembentukan alam semesta yang dimulai sejak 13,7 miliar tahun lalu. Artina bintang berukuran kecil tidak pernah mati, setidaknya belum ada yang mati sampai sekarang dan terus menyala. Walau cahayanya tidak seterang bintang besar, dan bintang ini di klasifikasi sebagai kurcaci merah. Bahkan bintang ini tidak akan meledakkan dirinya menjadi raksasa menjelang kematiannya nanti. Dan berakhir menjadi bintang kerdil sebagai katai putih lalu menghitam.

Apakah ada bintang kembar atau lebih
Di tata surya kita hanya 1 bintang yaitu matahari.
Bintang Alpha Centauri terdapat 3 bintang, sebagai tata surya paling dekat dengan kita. Hanya jumlahnya sangat sedikit. Umumnya bintang kembar akan mendekat bila salah satu bintang mempengaruhi bintang lain.

Misalnya
Tata surya 1SWASP J093010.78+533859.5 disana terdapat 4 bintang
Tata surya 30 Ari ditemukan terdapat 4 bintang yang saling mengorbit

Bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Menjadi pertanyaan kita bagaimana memberikan nama bintang dengan jumlah sebanyak gambar dibawah ini. Peneliti lebih mudah memberikan nama dengan angka, dibanding memberikan nama dengan simbol atau hewan.
Setiap titik dalam kelompok cluster bintang dibawah ini tentu harus menunggu untuk diberi nomor bintang tersendiri.



Karena alam semesta begitu luas. Astronom dapat mengunakan beberapa nama dengan ciri tertentu, dari penemuan dengan teleskop yang menemukan, tipe benda dan lainnya.

Beberapa nama singkatan yang dibuat untuk pemberian nama dari alam semesta
  • PSR atau Pulsar atau bintang pulsar. Mengunakan nomor koordinat misalnya PSR 1919+21
  • Nama galaksi mengunakan NGC atau M terkait dengan Black Hole sebagai inti galaksi,  Atau bisa saja mengunakan nomor koordinat seperti SDSS J0100+2802. NGC adalah singkatan New General Catalog, mengantikan nama M dari sebuah galaksi. Karena begitu banyak galaksi yang ditemukan dengan teknologi teleskop modern. Nama galaksi dibuat dengan nomor tersendiri. Misalnya galaksi tetangga adalah galaksi Andromeda, mendapatkan nomor M31. Nama SDSS digunakan oleh tim observasi Sloan Digital Sky Survey, misalnya mengunakan nama SDSS J0100+2802
  • NGC digunakan untuk kelompok bintang yang banyak terbentuk dan berkumpul di satu tempat.
  • NGC digunakan juga untuk nama sebuah tempat nebula dimana masih ada bintang yang belum terlihat karena masih tertutup. NGC menjadi singkat Nebula Globular Cluster, atau kelompok bintang di satu lokasi.
  • RX adalah nama dari benda yang ditemukan oleh teleskop ruang angkasa Chandra X-Ray. Mengunakan huruf RX, seperti RX J1131-1231. Teleskop X-ray dapat menditeksi beberapa benda yang tidak terlihat instrumen optik. Biasanya benda yang terdikteksi memiliki radiasi seperti lubang hitamg atau bintang magnet / magnestar
  • SN adalah nama sebuah Supernova. Nama supernova pertama mendapat huruf A sampai Z, selanjutnya mengunakan huruf kecil dari aa ke az dan swterusnya ke ba sampai zz. Misalnya SN1987A, ditemukan pada tahun 1987. Nama Supernova memiliki nama lain dengan CBAT. Nama SN dapat mengunakan nama berdasarkan bentuk nebula, contoh SN1054 adalah nebula Crab.
  • Pemberian nama Komet. Awalnya diberi nama berdasarkan penemu. Misal Komet Encke diberikan nama depan dari penemunya dengan 2P/Encke. Karena semakin sering ditemukan komet di sekitar tata surya kita. Pemberian nama komet dapat dibuat dengan 3 kata. Misalnya komet 105P/Singer Brewster, ditemukan oleh 2 astronom Stephen Singe - Brewser. Kemudian berganti menjadi nomor depan sebagai tahun penemuan dan nomor belakang dengan huruf. Komet Skorichenko-George ditemukan tahun 1989, mengunakan nomor 1989h1. Kome mengunakan tambahan huruf di depan seperti P/ sebagai komet periodik, C/ tidak periodik (hanya lewat), X/ komet yang tidak dapat dihitung orbitnya, D/ komet yang sudah tidak lagi ada (hilang)
  • Asteroid adalah batu yang melayang bebas dan mengorbit di sekitar tata surya kita. Karena ukuran yang kecil, benda tersebut semakin sering ditemukan. Dan di beri nama dengan tahun penemuan.
  • Nama bintang mengunakan 2 huruf standar HD, misalnya bintang Canis Majoris disebut HD 48915. Bila ada bintang kembar / Biner salah satu bintang akan mendapatkan huruf tambahan seperti HD 48915B. Pemberian nama bintang bisa mengikuti nomor koordinat. Misal bintang Betelgeuse memiliki beberapa nama Alpha Orionis = HR 2061 = BD +7 1055 = HD 39801 = SAO 113271 = PPM 149643

Nama planet dengan tata surya
Satu lagi adalah singktan planet a , planet b atau planet c berdasarkan nama perangkat yang menemukan.

Karena beberapa teleskop berada di ruang angkasa untuk meneliti alam semesta. Dari teleskop Hubble, Kepler, Chandra dan lainnya.


Dan pemberian nama juga mengikuti nama dari temuan teleskop di bumi, seperti benda yang ditemukan teleskop terbesar VLT.

Peneliti dan astronom memberikan nama sesuai peralatan yang mereka gunakan.
Sebagai contoh nama Planet Kepler 185f, planet Kepler 438b atau Planet Kepler 425
Kepler adalah teleskop ruang angkasa, dirancang khusus untuk mencari planet.

Contoh teleskop Kepler mengamati sebuah bintang. Disana ternyata ada beberapa planet yang terlihat. Bintang tersebut akan diberi nomor, seperti Solar System Kepler 185.

Matahari adalah bintang, dan planet disekitarnya mengelilingi matahari. Seluruh planet dan bintang termasuk planet Bumi adalah satu solar sistem atau tata surya.

Bintang Kepler 185 misalnya, bila ditemukan planet disana akan diberi nama dengan planet Kepler 185a atau b atau c. Tergantung berapa banyak planet yang dapat ditemukan oleh teleskop

Pemberian nama Bintang dengan planet

Pemberian nama planet Kepler, Koi, Gliese, Corot, Wasp dan lainnya

IAU sebagai badan regulasi tidak membatasi penemuan astronomi.

Pengaturan pemberian nama planet diatur dari peralatan, nomor dan huruf kecil dibelakang.

Elemen pertama adalah sumber, dimana daerah atau nama astronomi umum dari bintang tuan rumah, dan huruf kecil untuk urutan nomor planet.

Beberapa perbedaan nama planet yang ditemukan seperti dibawah

  • Planet Kepler diberikan langsung sesuai daftar planet yang ditemukan oleh teleskop Kepler
  • Planet Koi adalah nama planet yang menarik dengan singkatan Kepler Object Interesting.
  • Planet Gliese adalah planet mengikuti nama astronom Jerman Wilhelm Gliese 1957. Biasanya diberikan huruf nama depan dan belakang. Seperti Gliese 832c
  • Planet Corot terkait dengan planet yang ditemukan badan antariksa Perancis CNES dan ESA Eropa. Contoh nama yang sama dengan Kepler 186f adalah nama yang sama disebut Corot 7b
  • Planet HAT ditemukan instrumen miliki observasi Hungaria Automated Telescope Network (HATnet)
  • Planet WASP ditemukan beradasarkan teleskop di Bumi SuperWASP.
  • Planet TrES ditemukan mengunakan pengmatan peralatan Trans-Atlantic Exoplanet Survey teleskop 10cm.
  • Planet Qatar mewakili proyek astronomi Quatar.
  • Planet dengan nama lain MOA dan OGLE dengan observasi teknik berbeda seperti microlensing. MOA adalah Microlensing Observations in Astrophyiscs dan OGLE Optical Gravitational Lensing Experiment.
Urutan nama tidak lebih dari 16 karakter, disarankan dibuat dalam satu kata, mudah diucapkan dalam berbagai bahasa, tidak memiliki kemiripan dengan objek lain.

Pengaturan nama benda di ruang angkasa yang ditemukan tidak mengijinkan memberi nama seperti binatang, merek/komersil, nama orang atau peristiwa, nama individu yang masih hidup, nama yang sama dari planet dapat mengikuti nama bintang induk yang sudah tercatat

Sebagai contoh beberapa nama planet dibawah ini

Gliese 832c dengan ukuran sedikit lebih besar dari Bumi, tapi matahari disana terlalu kecil dan membuat planet terlalu dingin
 


Planet Hat-P11b berada di konstilasi bintang Cygnus dan ditemukan Januari 2009. Planet ini terlalu panas, karena mengorbit ke bintang setiap 5 hari sekali





Planet WaSP-18B, ukuran planet sangat bongsor. Bahkan mengorbit ke bintang induk setiap 23 jam. Bumi mengorbit ke matahari selama 365 hari.



Sekarang kita dapat mengetahui bagaimana ilmuwan memberikan nama dari bintang sampai planet. Dahulu tidak banyak bintang terlihat dan masih mengunakan nama simbol, dan disusul dengan rasi bintang. Setelah semakin banyak , badan pencatatan astronomi mengunakan urutan jenis bintang dan koordinat.

Pemberinan nama galaksi
Tidak semua galaksi mendapat nama yang mudah dibaca. Khususnya penemuan galaksi baru.
Nama galaksi lebih aneh, mengunakan mirip sandi. Seperti nama acak atau huruf.
Tetapi nama yang diberikan memiliki arti tersendiri dan tidak serumit yang kita bayangkan.

Lebih jauh lagi dengan penemuan beberapa galaksi memiliki nilai tersendiri.
Hubble pertama kali melihat galaksi terjauh disebut HD1. Jaraknya mencapai 13,5 miliar tahun dari Bumi
HD adalah Hubble Deep Field, ketika Hubble melihat galaksi dengan pengamatan lebih lama untuk mendapatkan citra gambar yang sangat lemah dari galaksi HD1.

GN-z diberikan untuk benda / galaksi yang begitu jauhnya.
z artinya pergereran Red-shift atau pergeseran warna merah.
GN-z adalah nomor galaksi yang ditemukan, lebih dari 10 miliar tahun cahaya dari Bumi. Bahkan ada yang mencapai 12-13 miliar tahun cahaya.

Nama huruf terdepan mengambil nama dari instrumen, teleskop yang mengabadikan. Disusul posisi sudut lintang letak galaksi.
Mengingat instrumen bidang astronom tidak hanya melihat melalui optik. Tapi pencahayaan infra-merah untuk menangkap cahaya sangat redup, dan teleskop dengan gelombang radio.

Seperti nama galaksi 2XMM J143450.5 + 033843.
2XMM adalah nama teleskop XMM Newton milik ESA
Disusul huruf J
Dan angka 143450.5 mewakili 14 jam, 35 menit 50.5 detik. Disamakan garis bujur terestrial
Dan sudut bawah + 033843, 03 derajat, 38 menit 43 detik sebagai garis lintang.
Galaksi dibawah ini seperti nama 2XMM berada 400 juta tahun cahaya dari Bumi. Disebut sebagai galaksi Seyfert dimana diketahui memiliki inti galaksi yang aktif. Dan dianggap lubang hitam disana memancarkan radiasi dalam jumlah besar, dan mengeluarkan sinar-X ke alam semesta

Pemberian nama galaksi dengan nama instrumen dan sudut

Itulah nama yang digunakan dari temuan benda benda di ruang angkasa.
Sementara kita duduk sambil membaca artikel, dan mulai membayangkan seberapa besar alam semesta yang kita tinggali.
Kenyataan alam semesta begitu luasnya, dan kita hanya dapat membayangkan.
Manusia mungkin tidak pernah tahu sampai kapanpun, seberapa jauh dapat melihat tepi alam semesta ini.



Artikel Lain

Update dugaan planet X ditemukan, diberi nama VG18, memiliki orbit ekstrem dan masuk dengan orbit Trans Neptunus. Planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total tidak jelas ada berapa planet yang mengorbit ke di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet.

Matahari adalah sebuah bola gas raksasa. Masuk sebagai bintang ukuran G2, sedikit lebih besar dari bintang terbanyak di galaksi Bima sakti. Usianya 4,5 miliar tahun, disebut usia remaja. Tornado matahari bukan berputar tapi naik ke atas. Lalu apa yang dimaksud dengan Bintang.



Di satu sistem tata surya VFTS 352, terdapat 2 bintang kembar yang sedang berciuman. Keduanya sudah sangat dekat dan saling menyentuh satu sama lain. Nantinya keduanya akan bersatu dan membentuk bintang tunggal yang lebih besar. Atau bisa saja menjadi lubang hitam biner.

Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.

Matt Payne mengabadikan foto galaksi Bima Sakti dalam bentuk setengah lingkaran. Mungkin foto ini paling bersih karena bentuk cahaya bintang paling banyak.Galaksi Bima Sakti membuat foto 219 juta bintang, penemuan terbaru galaksi kita tidak rata seperti yang dibayangkan.

Bentuk galaksi Bima Sakti, kali ini tampak berbeda. Diabadikan dari satelit ruang angkasa Planck milik ESA, tidak mengabadikan cahaya bintang saja. Tapi menangkap debu dan gas, partikel serta medan magnet yang lebih rinci. Peta yang dibuat dibawah ini adalah hasil foto dengan 4 warna berbeda.

Berapa lama cahaya matahari mencapai planet Jupiter dengan jarak 778 juta km. Cahaya matahari membutuhkan waktu ke bumi setelah 8 menit 20 detik dengan jarak 149 juta km. Planet paling dekat adalah Merkurius 47 juta km, itupun cahaya matahari harus menempuh selama 2 menit 16 detik.



Mungkin ada yang beranggapan bumi kita memiliki orbit sejajar dengan galaksi. Dan matahari mungkin sejajar juga dengan orbit putaran galaksi. Posisi orbit tata surya kita sebenarnya miring terhadap garis galaksi. Bila melihat gerakan bumi, maka gerakannya membentuk spiral

Astronomi, foto yang dibuat tidak lepas dari cermin teleskop. Dimana pabrik pembuat cermin teleskop untuk ruang observasi bahkan teleskop ruang angkasa Hubble. Dan bagaimana sebuah pabrik membuat cermin sangat besar dan presisi

Beberapa hal tidak biasa di bumi ini dapat dilhat pada kehidupan sehari hari. Seperti bulan tidak jatuh ke bumi, air yang mudah menguap dalam kondisi panas. Atau posisi putaran badai berbeda antara di area utara dan selatan. Mengapa bulan tidak pernah menabrak Bumi

Karena lensa gravitasi dari galaksi lain, Hubble menemukan 3 galaksi tersembunyi. Diperkirakan jaraknya mendekati 500 ribu tahun setelah terjadi Big Bang atau pembentukan alam semesta. Karena sangat jauh sekalee, bentuknya masih berwarna merah samar.

23 April 2014 lalu satelit observasi Swift menangkap sebuah bintang kerdil mengeluarkan kilatan seperti matahari. Tapi kekuatannya amat sangat besar, mencapai 10.000 kali kekuatan cahaya matahari kita yang pernah tercatat. Ukurannya hanya sepertiga, bila tinggal disana kita memiliki hari yang buruk.

Darimana asalnya air di Bumi, mungkin usianya lebih tua dari tata surya kita. Bila air memang sudah lebih dahulu ada, kemungkinan planet lain juga memiliki air dan kehidupan. Tetapi darimana asal air sebenarnya

Film The Principle salah satu film kontroversial diwaktu sekarang. Membawa mata kita melihat hal menakjubkan dari survei skala besar baru baru ini tentang jagat raya. Dan melihat bumi bukan hal penting lagi di alam semesta. Bumi hanya bagian sangat kecil, dan alam semesta memiliki kekuatan amat sangat besar yang tidak terbayangkan.



Menjadi pertanyaan dimana batas antar atmosfer dan ruang angkasa. International Astronautical Federation memberikan tanda di ketinggian 100km, dimana atmosfer bumi tidak lagi melindungi manusia. Tahun 2009 kembali ditandai dengan alat Suprathermal Ion Imager pada ketinggian 118km.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.