Foto Bima Sakti Andromeda dan Meteor jadi satu


Digital | 20 December 2014

Astrofotografi Cassey mengabadikan gambar pada tanggal 2 Agustus 2014. Dia mendapatkan gambar menarik dimana ada 3 objek dalam satu foto. Pertama adalah garis galaksi Bima Sakti, kedua sebuah meteor melintas, terakhir dia mendapatkan galaksi Andromeda.

Kebetulan, mungkin tidak. Casey adalah seorang fotographer astronomi. Dia pergi menjauhi kota California dan menempuh 75km ke daerah Tobias. Dari kejauhan cahaya kuning berasal dari kota Porterville dan Delano di California.

Galaksi Andromeda adalah galaksi dengan ukuran 2 kali lebih besar dari galaksi Bima Sakti. Memiliki bentangan 250 tahun cahaya untuk seluruh isi galaksi tersebut. Tapi jaraknya sangat jauh, 2,5 juta tahun cahaya dari bumi. Untuk melihat galaksi ini, baik dengan camera zoom atau teleskop astronomi, sangat butuh tempat sangat bersih, udara yang sangat cerah dan jauh dari polusi cahaya kota. Barulah galaksi Andromeda dapat terlihat.

Dari kiri gambar panah 1 adalah garis galaksi Bima Sakti, panah kedua ada 2 meteor yang melintas
Yang menarik di panah 3, sebuah gambar lingkaran kecil tertangkap camera. Itu yang diperkirakan galaksi Andromedia, dan tampak sangat jelas walau berada 25 trilun km dari Bumi.

Foto galaksi Andromedia Bima Sakti dan Meteor

Foto aslinya ada di Space.com bisa di download 10MB

Foto lain bisa di lihat via Instagram.

Casey James Instagram Foto

Berita terkait
Galaksi Pinwheel atau M101 tidak dapat dilihat langsung dari bumi. Galaksi ini bisa di foto dengan camera digital dengan teknik khusus. Karena jaraknya 21 juta tahun cahaya dan tingkat cahaya berada di 7,86 magnitude. Tapi berhasil diambil oleh fotographer John Purvis.

Lorenzo adalah seorang stargazer atau pemburu foto bintang. Dia berhasil mengabadikan galaksi Andromeda di sebuah desa kecil di gunung Apennine Italia. Foto yang tidak biasa bahkan sekelas teleskop Hubble.



Astrophotographer Alex Merga berhasil mengabadikan galaksi Milky Way pada 7 Juni 2014. Ketika dia melakukan perjalanan dan pesawat melewati laut Atlantik dari New York dan London. Foto diambil dari ketinggian 10 ribu meter. Katanya ketika itu kondisinya sempurna tanpa polusi cahaya.

Tjoez membuat satu foto menarik dengan galaksi Bimasakti. Kali ini dibuat lebar ala panorama. Dengan camera software Lightroom 5 dan digabung dengan Photoshop.

Fotographer Miloslav Druckmuller mendapatkan foto 2 galaksi di malam hari. Mengabungkan 13 foto untuk meningkatkan citra gambar. Akhirnya terbentuk 2 objek seperti awan, tapi bentuk tersebut adalah galaksi lain setelah Bimasakti.

Ketika anda berada di pegunungan Himalaya dengan ketinggian 7000 meter. Anda bisa melihat galasi Bima Sakti atau Milky Way. Anton Jankovoy melakukan pendakian di wilayah Annapurna mendapatkan pemandangan seperti ini




No popular articles found.