Software Google terbaru nantinya dapat mengambil foto RAW.
Camera kelas DSLR untuk di edit terlebih dahulu agar lebih bagus dibanding JPG. Sampai saat ini tidak software camera smartphone yang menyediakan format RAW. Tapi beberapa bulan mendatang akan berubah.

Google akan menyediakan software RAW seperti hasil foto camera DSLR dalam format RAW seperti di Nikon NEF atu Canon CR2. Apakah penting ukuran file foto dalam format RAW dibanding JPG. Bisa dilihat teknologi camera DSLR yang digunakan profesional, mereka mengunakan format RAW.  Berbeda dengan JPG dan PNG, file foto RAW memberikan kebebasan dan fleksibel untuk di edit dan di memodifikasi bagian penting dalam sebuah gambar.

Seperti kalangan hobi dan profesional dengan camera DSLR, mereka mengunakan format RAW dan di edit dengan Photoshop atau Adobe Lightroom. Alasannya ketika seseorang mengambil gambar sebuah objek. Hasil foto dalam file digital tidak menunjukan warna aslinya. Karena sebuah foto dari camera digital bisa saja terganggu dalam banyak hal, dari cahaya, kabut, kurangnya detail dan lainnnya.
Bagi sebagian orang, mereka tidak peduli bagus tidaknya warna atau kecerahan sebuah gambar yang diambil dari smartphone. Tapi nanti, mereka akan melihat kemampuan teknologi smartphone akan memiliki kemampuan foto editing.

Di OS Android Lollipop, Google akan membuka kunci teknologi foto dalam format RAW.

Google Android Photo RAW di Lollipop

JPG mengunakan kalkulasi untuk memperkecil ukuran sebuah gambar. Hasilnya kualitas gambar akan menurun dan tampak artifak atau bercak bila di perbesar. Sedangkan file RAW akan menyimpan semua data gambar foto digital. Walau dengan kualitas hampir sama, foto RAW menghasilkan file 3x lebih besar dari JPG.

Aplikasi Android buka file RAW
Bagi penguna camera DSLR. Dapat mentranfer file foto NEF, CR2, CRW. Seperti foto RAW dari camera amatir dan profesional.
Foto RAW di Android dapat dibuka untuk preview, edit dan share.

Aplikasi Android untuk melihat foto RAW file ternyata tidak banyak. Hanya beberapa aplikasi saja yang tersedia, diluar aplikasi dari produsen camera.



RawDroid Android 5+
Preview, data Exif XMP. Melihat file foto .3fr, .arw, .crw .cr2, .mrw, nef .nrw, orf, .pef .ptx, .raf, .raw .rw2, .raw .rwl .dng, .srw
Berbayar, demo dengan watermark

RawDroid
Preview, data Exif XMP. Melihat file foto .3fr, .arw, .crw .cr2, .mrw, nef .nrw, orf, .pef .ptx, .raf, .raw .rw2, .raw .rwl .dng, .srw
Melihat foto RAW di smartphone

Photo Mate R3
Preview Editing photo
Open Canon Raw (cr2), Nikon Raw (nef), Sony raw (arw), Adobe DNG, Panasonic Raw (rw2), Olympus raw (orf) etc

RawDecoder
Ads and Premium, convert Photos, Share
Open Canon Raw (cr2,crw), Adobe DNG (dng), Nikon Raw (nef), Sony Raw (arw), Olympus Raw (orf),Pentax Raw (pef)

RawVision
Free Ads and Paid Version
Preview, Metadata
Open Nikon NEF, Canon .CR2 , SONY .ARW, Pentax .PEF and .DNG and Samsung .SRW files, Olympus .ORF, Panasonic RW2, Fujifilm's .RAF

Portfolio Raw
Preview, conver to JPG
Watermark, ADS


Google Photo hitam putih menjadi berwarna (Mei 2018)
Google mengunakan teknologi AI. Telah dikabarkan di konferensi Google I/O.
Foto hitam putih nantinya dapat dirubah menjadi foto berwarna.
Teknologi Google Photo terlihat sudah dalam rencana dalam dokumen PDF.

Selain fitur baru diatas, fitur Suggested Sharing. Setelah foto diabadikan, akan tampil informasi tambahan siapa saja yang ada di foto, dan foto dapat dikirim ke teman yang baru saja di foto.

Google Android 
Photo RAW di Lollipop

Artikel lain
+ Lightroom software edit foto
+ Dark Room software edit foto gratis
+ Panolapse software Timelapse