Bila mengatakan semua benda dan planet yang mengorbit ke matahari belum dapat dihitung.

Yang ini baru ditemukan mulai tahun 2008, bukan planet tapi batuan mengorbit dengan arah berbeda di tata surya

Bagaimana mungkin benda besar seperti Niku mengorbit melintang sendiri, tidak mendatar seperti planet lain, tapi melintang vertikal bahkan satu malah memutar secara terbalik

Hal tersebut masih menjadi pertanyaan para ilmuwan.

Secara umum benda yang mengorbit bersamaan seperti posisi orbit yang mendatar di tata surya, karena awal tata surya terbentuk berasal dari piring awan gas raksasa. Seluruh benda memutari titik tengah tata surya yang disebut bintang / matahari.

Sepergi gambar dibawah dimana orbit planet berada seperti di satu plat atau piring. Benda kiri di perbesar adalah urutan planet dalam orbit berbentuk lingkaran
Gambar tengah adalah luas tata surya ada benda lain yang orbit sedikit melenceng seperti komet yang berasal dari sabuk Kuiper. Dan paling besar adalah wilayah awan Oort dimana terdapat es beku, dana menjadi sumber asal komet.

Planet dengan orbit melintang disebut Trans Neptunian

Tetapi ada beberapa objek yang ditemukan sejak 2008, orbitnya diluar gambar diatas.

Planet Niku 2011 KT19

Satu benda disebut Niku, mungkin tidak tepat disebut planet. Dalam bahasa China disebut Pemberontak. Memiliki ukuran 200km, ditemukan berada diluar cincin planet Neptunus.

Tapi Niku tidak memiliki orbit sejajar seperti planet lain, benda ini miring 110 derajat memutari matahari. Jadi orbit melingar ke arah atas dari posisi planet lainnya. Apakah ada benda lain selain 9 planet dan planet atau asteroid besar ditemukan saat ini.

Kemungkinan yah kata Holman dari tim penemu Niku. Benda Niku mengunakan nama 2011 KT19. Ditemukan 23 May 2011, dan berhasil diamati oleh teleskop bumi Pan-Starrs tahun 2015.

Di tahun 2016, benda ini terlihat walau cahayanya sangat samar, mencapai 22 magnitude. Planet Niku atau nama lain 2011 KT19 memiliki orbit 212 tahun untuk menyelesaikan satu putaran terhadap matahari

Planet Niku 2011 KT19

Planet Drac 2008 KV42
Niko sebenarnya objek kedua yang ditemukan dengan orbit Retrogade. Setelah satu nama lagi yaitu 2008 KV42.

KV42 dikenal dengan nama Drac, memiliki sudut kemiringan 103 derajat. Ukuran diperkirakan tidak lebih dari 90km dan menyelesaikan orbit selama 266 tahun. Ditemukan 16 Juli oleh observasi planet oleh tim Canada France Ecliptic Posisi KV42 berada di lintasan planet Neptunus.

Planet Drac 2008 KV42

Tapi disini salah satu perbedaan bahwa di dunia ruang angkasa masih banyak yang belum terjawab. Walau benda seperti Niku masih berada ditata surya kita sendiri saja masih menjadi misterius untuk dipelajari. Jangan jangan ada planet X yang orbitnya seperti batuan Niku dan Drac