Kapasitor rusak bagaimana cara menganti kapasitor tipe Elco


Kategori : Hardware | Date : 19 December 2014
Cara menganti kapasitor rusak di peralatan elektronik
Kapasitor disebut juga Electrolytic capacitor atau Elco. Memiliki fungsi untuk menampung power (energi) di satu rangkaian elektronik.

Dalam contoh ini untuk menganti kapasitor modem lama yang tiba tiba sering nyala mati sendiri.

Kemungkinan ada bagian yang rusak, karena pengunaan sudah bertahun tahun bekerja.

Menganti kapasitor perangkat elektronik, ada 2 aturan.

  1. Kapasitan atau tertulis uF (microfarad) harus sama. Kapasitan adalah kapasitas penampung energi yang disimpan di dalam kapasitor
  2. Voltase (V) harus sama atau boleh lebih besar. Voltase pada kapasitor adalah voltase yang diterima kapasitor dalam voltase maksimum. Jadi kapasitor tetap bekerja bila mengantikan kapasitor dengan voltase lebih rendah.
  3. Kapasitor memiliki bagian kaki + dan -, pasang dengan posisi yang sama
Aturan 1 sudah jelas, kapasitan uF harus sama. Ada yang mengatakan ukuran uF boleh sedikit berbeda tapi tidak jelas sampai selisih berapa. Amat sangat disarankan menganti dengan kapasitan uF yang sama.

Aturan 3 sudah jelas, posisi kaki kapasitor positif dan negatif harus sama. Bila salah pasang maka kapasitor akan meletup.

Aturan 2 harus diperhatikan. Pada gambarkan seperti dibawah ini. Misalnya kapisitor yang diganti mengunakan angka 470uf 16V. Kapasitor dapat bekerja dari voltase 5V, 10V sampai maksimum 16V.

Voltase di kapasitor adalah voltase maksimum yang di ijinkan. Voltase kapasitor lebih tinggi tidak masalah, lebih rendah itu sangat masalah

Bila kapasitor diberikan voltase lebih besar dari angka yang tertulis 16V, misalnya diberikan arus voltase 25V maka kapasitor akan rusak atau meletup. Itu saja masalahnya. Jadi voltase kapasitor penganti belah sama atau lebih besar. Tetapi tidak lebih kecil.

Aturan menganti kapasitor



Sebagai contoh
Kapasitor lama 470uF 16V. Dapat diganti dengan 470uF 16V, 470uF 25V, 470uF 35V , 470uf 100V asalkan angka uF harus sama.

Contoh ingin menganti kapasitor 470uf / 16V. Dapat diganti dengan kapasitor 470uf 25V. Artinya kapasitor baru 25V, tidak masalah bila mengantikan capasitor voltase 16V.
Tapi jangan iseng menganti kapasitor untuk 16V diganti dengan 100V. Ukuran kapasitor belum tentu masuk di board atau akan berdesakan dengan komponen lain

Masalah lain dari ukuran kapasitor, semakin besar voltase kapasitor maka ukurannya akan lebih besar.

Aturan kedua juga menjelaskan, tidak menganti kapasitor dengan voltase lebih kecil. Misal menganti kapasitor 470uf 16V tapi diganti dengan 470uf 10V
Kapasitor yang diganti tidak akan bertahan lama, dan akihirnya rusak atau meledak.

Jadi aturannya jelas, kapasitan penganti harus mengunakan uF ukuran yang sama. Kedua tidak menganti voltase kapasitor lebih rendah dari voltase kapasitor lama

Menganti kapasitor pada perangkat elektronik

Contoh salah satu kerusakan dibawah ini terjadi pada kapasitor modem. Kejadian awal, modem terkadang suka loop, atau modem reset, atau modem mati mendadak dan nyala kembali.
Atau kasus lain LCD monitor mendadak mati, tapi menyala kembali. Salah satu penyebabnya bisa saja sama dengan kerusakaan di kapasitor bagian adaptor power AC ke DC.

Perangkat PCB ini adalah sebuah modem lama keluaran tahun 2005. Tapi beberapa waktu lalu setelah 10 tahun lebih bekerja mulai gejala reset atau modem suka mati sendiri.

Setelah box modem dibuka, terlihat satu komponen kapasitor bengkak. Dan bagian kapasitor yang rusak memiliki ukuran kapasitor 470uf  16V.
Bagian kapasitor rusak melembung
Gambar dibawah ini lebih jelas, tertulis 470uf pada gambar sisi kanan, dan terlihat kapasitor mulai mengelembung (gejala kerusakan kapasitor awal)

Bagian kapasitor rusak melembung bentuknya lebih terlihat

Bagaimana menganti kapasitor rusak seperti ini. Sebelumnya perhatikan tipe PCB, banyak disain board modern dibuat terintegrasi. PCB dibuat dengan 2 atau 3 lapis dimana terdapat jalur di bagian tengah board PCB. Bila board PCB mengunakan dua sisi seperti atas dan bawah saja atau hanya satu sisi saja, tidak masalah.

Dapat menganti kapasitor dengan dilepas kapasitor yang rusak dan diganti dengan kapasitor baru

Bila disain board memang lebih komplek seperti ada lapisan jalur di tengah board. Ada baiknya tidak mencabut seluruh bagian pin kapasitor lama

Menurut kami, bila komponen yang rusak hanya satu kapasitor, sebaiknya menyambung bagian kaki pin kapasitor lama yang ada. Dengan memotong bagian kapasitor, agak sedikit di bagian atas dari sisi bawah kapasitor.

Gunting dengan pemotong yang biasa digunakan untuk perangkat elektronik sampai tersisa bagian pin atas. Hati hati kapasitor tipe biasa memiliki bahan cairan didalamnya.

Seperti pin kapasitor masih tertinggal di atas board, lalu pin disambung dengan kapasitor baru.




Cara menganti kapasitor yang rusak

Gambar kiri dibawah ini adalah kapasitor lama yang rusak tertera 470uf 16V, dan kapasitor baru di sisi kanan 470uf 25V adalah kapasitor baru penganti yang rusak.

Cara menganti kapasitor yang rusak

Selesai dicabut, pasang kapasitor seperti dibawah ini, dengan menempelkan kaki kapasitor di bagian pin yang masih tertinggal

Jangan lupa, bagian + dan - harus ditempat yang sama. Terlihat pada label gambar diatas, sisi - akan memiliki petunjuk seperti garis. Pasang dengan posisi kaki positif dan negatif yang sama.

Cara memperbaiki kapasitor di PCB dan menyolder

Setelah menganti kapasitor, hasilnya modem tua ADSL dapat bekerja kembali.

modem rusak dapat kembali bekerja normal

Video dibawah ini memberikan gambaran bagaimana menganti kapasitor rusak di perangkat elektronik
Dan cara mengukur kapasitor penganti.





Berapa biaya penganti kapasitor pada komponen elektronik. Untuk kasus diatas hanya Rp.1000 dapat di beli di toko elektronik.
Diluar komponen lain seperti timah, solder dan sedikit berkeringat. Tidak ingin berkeringat, bawa komponen penganti ke tempat servis TV.
Bila anda ingin menganti komponen capasitor atau elco kelas premium dengan usia pemakaian sampai 3x lebih lama.

Coba kenali beberapa merek Elco / Kapasitor ini

Ingin lebih bagus, dapat bisa mengunakan capasitor khusus dengan high grade seperti buatan Panasonic, Nichicon Muse, Matsushita, Elna Starget, bahkan beberapa kapasitor lain. Kalau diperlukan, tapi harganya tidak murah.

Seperti biasa, tip ini sudah dicoba. Tetapi resiko lain untuk memperbaiki komponen elektronik ada di tangan anda.
Seorang fotographer sedang mengabadikan pemandangan untuk foto alam bebas. Mendadak cameranya nyemplung ke air sedalam 1 meter. Apa yang dilakukan untuk menyelamatkan camera. Bagaimana bila camera berembun atau mengalami kondensasi dan air masuk ke dalam camera.

Dari sebuah survei besar besar yang dibuat oleh Lens and Gear Repair Data. LensRentals mengatakan lensa Rokinon dan Canon membutuhkan pemeliharaan. Masuk di 18 besar sebagai peralatan camera yang perlu diperbaiki.



Versi ECS, sekarang membuat motherbord berkualitas. Apa beda motherboard murah dan motherboard mahal. Tentu ada, kualitas pastinya. Mengapa harga motherboard ada yang mahal dan murah.

Beberapa tahun lalu masih banyak ditemui keyboad jenis mekanik, ketika ditekan akan berbunyi klik klik klik. Banyak yang tidak menyukai karena suaranya berisik dan munculah keyboard jenis membran yang lebih halus serta tidak banyak menimbulkan suara.

Monitor LCD TFT memiliki umur lebih panjang dari monitor tabung. Tapi bagian yang sering rusak ada di bagian power. Salah satunya elco atau kapasitor. Pabrik mengunakan komponen kelas 2, untuk keseimbangan daya tahan dan harga. Kita dapat menganti komponen kapasitor bila terjadi kerusakan. Karena dapat terlihat ciri seperti kapasitor bengkak




No popular articles found.