Saat ini perangkat harus bekerja selama 24 jam. Ketika penguna internet masih mengunakan telepon Dial-up, perangkat hanya aktif bila dibutuhkan.

Banyak perangkat model lama mengunakan internal power adaptor yang merubah listrik AC ke DC.

Beberapa perangkat ada yang mengunakan power luar dengan adaptor, dan perangkat model lama masih mengunakan internal power adaptor.

Ketika teknologi broadband untuk smartphone dan router modem misalnya akan bekerja selama 24 jam.

Sebagai contoh Router ADSL atau Modem cable semakin murah, tapi harus bekerja 24 jam.

Tidak semua komponen tahan bekerja begitu lama, maklum karena di produksi dengan komponen lebih murah dan pabrik sudah menghitung berapa usia produk mereka.
Satu tahun pasti lewat, tapi 3 tahun kedepan siapa yang tahu.

bagian sering rusak di Modem Router adalah capacitor

Modem atau perangkat wireless mengunakan power DC. Tentu memiliki satu adapter 12V atau 9V yang merubah listrik dari AC ke DC.

Adapter yang terus terpasang untuk memberi power ke perangkat modem router atau wireless router akan beresiko rusak. Atau kapasitor dibagian board sendiri dapat rusak dan capasitor kembung.

Contoh dari Adapter Modem Router bekerja selama 3 tahun. Adapter terjadi kerusakaan, kapasitor kembung dan chip terlihat pecah terbakar



Tanda dari kerusakan adapter di modem router, tentu peralatan tidak menyala. Karena power dari adapter mati dan tidak mengalirkan arus DC. Kerusakan pada adapter tidak merusak perangkat modem router atau modem wireless.

adapter modem router terbakar

Detil gambar kerusakan Adapter Modem Router - Gambar Adapter - Gambar Capasitor kembung - Gambar chip rusak


Bagaimana ciri modem atau router mulai rusak.
Masalah dimulai ketika Loop Booting dan Router mulai aktif dan lampu LED di depan indikator mulai berkedip.

Tapi lampu LED modem akan terus berkedip dan tidak Fix diam. Kemungkinan besar jaringan bermasalah, hal lain pada modem router sudah bermasalah.

Bila menemukan gejala lampu LED di Router Modem terus berkedip bisa dilirik di bagian dalam sirkuit.

Dimana bagian router sering rusak, sama seperti computer jaman dahulu sebelum mengunakan solid capacitor. Bagian ini akan kembung karena termakan usia. Bila router modem mengalami hal seperti ini dan menemukan penyebab dari kapasitor bunting atau kapasitor melembung, bisa diperbaiki sendiri.

Tinggal lihat bagian kapasitor yang rusak, dan cabut dengan solder. Ganti kapasitor yang rusak dan diharapkan modem dapat bekerja kembali. Setidaknya bisa dicoba sebelum perangkat anda di Lembiru.

Untuk kerusakaan adapter di perangkat modem router atau modem wireless dan lainnya. Biasanya kerusakan cukup parah karena terbakarnya chip. Harga adapter modem tidak terlalu mahal, tapi perlu diganti satu unit.

Kapasitor power DC
Perangkat lain seperti LCD model lama atau perangkat elektronik yang masih mengunakan internal adaptor.

Juga terkait dengan kerusakan kapasitor. Ketika kapasitor rusak, lemah, maka monitor LCD model lama kadang mati hidup seperti kehilangan daya. Umum disebabkan kurang stabilnya suplai power ke unit LCD dari adaptor power.

Komponen elektronik yang sering rusak adalah kapasitor, termasuk di monitor LCD.

Kecuali motherboard computer , VGA dan server PC saat ini tidak masalah lagi, sebagian produsen menganti komponen capasitor dengan produk premium Solid capacitor.



Sehingga mereka bisa memberikan garansi selama 3 tahun. Produsen motherboard dapat menekan biaya perbaikan RMA atau biaya return ke pabrik karena rusak sebelum satu tahun.

Tapi bagian yang terkait kerusakan komponen PC ada di power supply. Dan sering terjadi ketika kapasitor ukuran kecil rusak termakan usia.

Selanjutnya contoh menganti kapasitor yang rusak di perangkat modem