Saat ini perangkat harus bekerja selama 24 jam.

Dahulu penguna internet masih mengunakan telepon Dial-up, perangkat hanya aktif bila dibutuhkan.

Banyak perangkat model lama mengunakan internal power adaptor yang merubah listrik AC ke DC.
Seperti model LCD Monitor model lama.

Beberapa perangkat ada yang mengunakan power luar adaptor.

Ketika teknologi broadband untuk smartphone dan router modem misalnya akan bekerja selama 24 jam. Monitor LCD tipe CCFL belum generasi LED mengunakan adaptor internal, sampai telepon rumah juga mengunakan capasitor.

Sebagai contoh Router ADSL atau Modem cable semakin murah, tapi harus bekerja 24 jam.
Set Top Box dengan power internal adaptor biasanya jarang di matikan alias selalu stand-by

Tidak semua komponen tahan bekerja nonstop, maklum karena di produksi dengan komponen lebih murah dan pabrik sudah menghitung berapa usia produk mereka.
Satu tahun pasti lewat, tapi 3 tahun ke depan siapa yang tahu.

bagian sering rusak di Modem Router adalah capacitor

Modem atau perangkat wireless mengunakan power DC. Memiliki satu adapter 12V atau 9V yang merubah listrik dari AC ke DC.



Adapter yang terus terpasang untuk memberi power ke perangkat modem router atau wireless router akan beresiko rusak. Atau kapasitor dibagian board sendiri dapat rusak dan capasitor kembung.

Contoh dari Adapter Modem Router bekerja selama 3 tahun. Power adapter terjadi kerusakaan, kapasitor kembung dan chip terlihat pecah terbakar

Tanda dari kerusakan adapter di modem router, tentu peralatan tidak menyala. Karena power dari adapter mati dan tidak mengalirkan arus DC. Kerusakan pada adapter tidak merusak perangkat modem router atau modem wireless.

adapter modem router terbakar




Mengapa kembung, adaptor power bisa saja di produksi oleh produsen khusus.
Tapi bisa saja komponen seperti kapasitor yang dipakai kualitas rendah sesuai usia pakai perangkat.
Bila rusak, power drop, membuat perangkat kadang bekerja kadang tidak. Tentu ganti adaptor.

Bagaimana ciri kerusakan kapasitor.

Modem broadband ketika tidak mendapat power stabil memiliki beberapa ciri.
Masalah dimulai ketika Booting Loop dan Router mulai aktif dan lampu LED di depan indikator mulai berkedip. Modem tidak mati total, tapi random dan selalu on off sendiri. Artinya internet akan terputus tiba tiba dan kembali aktif.
Lampu LED modem akan terus berkedip dan tidak Fix diam. Dan kembali memutus koneksi akibat masalah kapasitor terjadi di modem ADSL lama..
Power drop tiba tiba dan kembali normal.

Tinggal lihat bagian kapasitor yang rusak, dan cabut dengan solder. Ganti kapasitor yang rusak dan diharapkan modem dapat bekerja kembali. Setidaknya bisa dicoba sebelum perangkat anda di Lembiru.

Untuk kerusakaan adapter di perangkat modem router atau modem wireless dan lainnya. Biasanya kerusakan cukup parah karena terbakarnya chip. Harga adapter modem tidak terlalu mahal, tapi perlu diganti total.

Kapasitor power DC (adaptor power)
Perangkat lain seperti LCD model lama atau perangkat elektronik yang masih mengunakan internal adaptor power langsung ke unit.

Juga terkait dengan kerusakan kapasitor. Ketika kapasitor rusak, lemah, maka monitor LCD model lama kadang mati hidup seperti kehilangan daya. Umum disebabkan kurang stabilnya suplai power ke unit LCD dari adaptor power.
Ini hal paling menyengkelkan ketika kita memiliki LCD model lama mendadak mati
Lalu dibawa ke tempat servis, dan selesai di perbaiki. Lalu diberikan 3-4 kapasitor rusak dan telah diganti."
Biayanya mungkin 150-200 ribu, untuk ongkos bongkar. Tapi satu minggu tidak ada monitor untuk bekerja, karena menunggu diperbaiki.
Komponen elektronik yang sering rusak adalah kapasitor, termasuk di monitor LCD.
Yang lain tentu di bagian panel LCD, yang ini sebaiknya dilupakan.

Motherboard computer , VGA dan server PC saat ini tidak masalah lagi, sebagian produsen menganti komponen capasitor dengan produk premium Solid capacitor.

Memberikan garansi selama 3 tahun dan di jaga dengan komponen berkualitas
Produsen motherboard dapat menekan biaya perbaikan RMA atau biaya pengembalian unit rusak ke pabrik bila mengunakan komponen kualitas rendah kurang dari satu tahun.



Tapi bagian yang terkait kerusakan komponen PC ada di power supply. Dan sering terjadi ketika kapasitor ukuran kecil rusak termakan usia.

Selanjutnya cara menganti kapasitor rusak di perangkat dan merek kapasitor