Satu pabrik lensa di China Yongnuo menambah produk untuk lensa Canon. Disebut lensa Copycat atau lensa cloning yang sama seperti Canon 50mm f1.4 bulan September 2014 lalu. Satu lagi 50mm f1.8 ll atau dikenal Nifty Fifty atau Plastic Fantastic.

Di toko online Amazon, lensa prime Canon sebagai best seller pertama. Harganya murah hanya $125 saja. Tapi sekarang berbeda, lensa Yongnuo dengan tipe YONGNUO YN EF 50mm dan sama persis dan dijual hanya $51 bahkan di eBay dijual $41.

Spesifikasi Yongnuo 50mm f2.8 memiliki 6 lensa dengan 5 grup. Minimal jarak fokus 0,45mm. Memiliki diameter untuk filter 52mm. Minimum aperture f/22 dan angle 46 derajat. Lensa Yongnuo sedikit lebih besar tapi lebih ringan walau berbeda hanya 10g saja dibanding lensa Canon dengan berat 130g. Melihat teknologi pabrik lensa dari China mulai unjuk gigi. Dengan harga $51 untuk lensa prime dan autofocus, siapa yang menolak.



Lensa Yongnuo cloing fix lens Canon 50mm f2.8 dan murah

Update
Nikon juga tidak aman. Perusahaan Yongnuo kabarnya sedang membuat lensa yang sama untuk Nikon. Tapi baru diumumkan resmi pada akhir tahun 2015. Tidak ada penjelasan, hanya informasi terbaru ini saja. Semoga lensa Prime murah bisa tampil untuk Nikon setelah Canon. Karena hasil test beberapa fotographer mengatakan kualitasnya sama bagusnya.

Northup mengatakan Youngnuo lebih di autofocus dan lebih banyak Chromatic.
Pendapat lain Dpreview dapat dilihat dari hasil foto langsung di FlickR
Dari LenTips mengatakan nilai positif  Vignetting yang baik di APS-C (karena crop sensor), warna sangat baik. Negatif resolusi gambar turun denan aperture maksimum, ring fokus juga masalah, autofocus berisik, terlihat Vignetting di camera Full Frame.

Lensa Youngnuo mengunakan ukuran 50mm untuk Full frame, bila digunakan untuk bodi sensor APS-C dapat dikalikan dengan 1,5x menjadi 75mm