TV LG 4K dengan quantum dot


Technology | 17 December 2014

LG menyiapkan TV 4K dengan teknologi Triluminos. Memberikan 30% warna lebih baik dibanding TV LED biasa. Warna dihhasilkan dari quantum dot TV akan mendekati kualitas warna gambar TV OLED. Tapi harganya lebih murah.

Mengikuti langkah Sony yang mengunakan teknologi Triluminos. Layar baru tersebut digunakan untuk smartphone dan TV dalam beberapa tahun kedepan.
Teknologi TV OLED memang sangat bagus, tapi tidak mampu menyentuh pasar karena harganya terlalu mahal. Dengan pengunaan TV 4K, OLED TV hanya memiliki resolusi 1080p. Nantinya dapat disaingi oleh TV dengan layar IPS 4K. Bila ditanya ke konsumen, produk apa yang mereka pilih. Tentu saja TV 4K dengan resolusi lebih tajam. Karena umur layar OLED mungkin tidak cocok untuk pengunaan jangka panjang. OLED memiliki umur lebih pendek sesuai waktu pemakaian.

LG quantum Dot LCD TV 10 bit color

Teknologi Quantum Dot menjadi alternatif dari teknologi LCD. Warna gamut hampir mendekati kualitas warna OLED. Quantum dot adalah nanocrystal yangd ibuat dengan material semikonduktor. Ukuran setiap dot antara 2-10nm, tergantung ukuran layar dan setiap dot dapat menghasilkan warna berbeda beda. Produsen LCD dapat menambahkan sebuah filter antara bagian lampu backlit dengan panel untuk menghasilkan warna dan brightness.

Teknologi TV 4K yang baru nantinya akan memiliki jumlah warna sampai 10 bit sesuai standar 4K sedangkan LCD TV saat ini baru memiliki warna 8 bit. Rencananya LG akan menampilkan teknologi LCD TV dengan Quantum di awal Januari 2014 mendatang.

Berita terkait
Sharp tampilkan layar TV 85 inch dengan 120Hz. Tapi ini generasi TV 8K dan sesuai untuk kebutuhan siaran broadcast dari NHK. Resolusinya 4K x 4 dengan ketajaman 7680x4320 pixel. Atau setara 16x dari resolusi Full HD.

DisplayPort ikut mendukung konektor USB 3.0 tipe C. Vesa baru mengumumkan bahwa USB 3.0 dibuat untuk konektor DisplayPort sebagai alternatif. Disebut DisplayPort Alt Mode, dapat dilewati data audio dan video



The Consumer Electronics Association (CEA) baru mengumumkan pada 24 Juni 2014, tentang Ultra High-Definition atau TV 4K atau UHD TV. Termasuk monitor dan projektor dan TV di rumah.




No popular articles found.
< /body>