Science | 1 March 2016

Infografik mencari exoplanet atau planet yang layak huni untuk manusia


Mencari planet mirip Bumi, kriteria apa saja yang ada dari penemuan sebuah planet. Ukuran yang tepat belum tentu planet cocok untuk manusia. Banyak kriteria mininum yang ada sampai manusia bisa tinggal di sebuah planet baru. Ribuan planet baru sudah ditemukan, tapi menurut ilmuwan jumlahnya dapat mencapai 0.1% dari total planet di galaksi kita.

Masalahnya apakah semua planet tepat untuk manusia. Apakah ukurannya tidak terlalu besar, dan menunjang kehidupan.Beberapa kriteria utama sebuah planet masuk dalam kategori Exoplanet cukup dengan beberapa hal penting seperti dibawah ini
  • Planet harus berbatu, umumnya planet berbatu memiliki ukuran relatif kecil.
  • Usia planet harus sangat tua, setidaknya berusia miliaran tahun dari pembentukan planet. Bila terlalu muda, kemungkinan planet tidak stabil dan butuh waktu lagi.
  • Disana harus memiliki oksigen jika beruntung, atau gas metal dan hidrogen untuk dirubah oleh manusia menjadi oksigen.
  • Disana harus memiliki atmofer agar manusia bisa terhindar dari radiasi matahari disana.
  • Disana harus memiliki panas matahari yang cukup untuk kehidupan dan fotosintetis.
  • Disana tidak boleh terlalu panas agar air atau cairan tidak menguap
  • Suhu yang tidak dibawah 0 derajat, umumnya planet dengan suhu dibawah 20 derajat celcius berada jauh dari bintang induknya.

Kriteria komposisi sebuah planet.

Kembali melihat Bumi, memiliki pergeseran lempeng teknokik yang terus bergerak. Ketika dua lempeng bertumbukan, satu akan turun kebawah mantel Bumi. Subduksi ini membantu mengatur kadar karbon dioksida di atmofer. Tanpa lempeng tektonik, bumi sama saja seperti planet Venus.

Komposisi ini tergantung dari komposisi planet. Astronom saat ini tidak bisa mengkur komposisi sebuah exoplanet. Tapi dapat diperkirakan dari sisi bintang. Karena bintang dapat menunjukan komposisi planet yang ada disekitar bintang.

Elemen penting dari sebuah planet berbatu adalah magnesium dan silikon. Elemen ini mencapaia 29 % dari massa Bumi. Campuran keduanya sangat penting dalam pembentukan mineral.  Bila sebuah planet memiliki bahan magnesium dan silikon sekitar 40% lebih rendah seperti komposisi di Bumi. Permukaan planet tidak dapat mendukung lempeng teknonik. Lempeng yang masih mengalami perubahan tidak akan menjadi material padat. Kesulitan lain dari 4 planet berbatu di bagian terdekat dengan matahari. Hanya Bumi yang dikenal memiliki lempeng tektonik.

Barulah sebuah planet masuk ke daftar Exoplanet untuk diteliti lebih lanjut atau kemungkinan planet yang suatu hari dapat ditinggali manusia.

Dibawah ini infografik dari kriteria Exoplanet (click gambar untuk Zoom dari gambar Google+)



Artikel Lain

Teori baru bagaimana mencari planet yang layak huni, atau ada kehidupan. Dengan mengambil contoh di tata surya kita, ada 2 gas penting dari CO2 dan Ozon. Teori ini mendukung pencarian planet layak huni lebih tepat, mengambil sampel dari bumi sendiri. Teleskop modern mampu melacak.

Dalam catatan terakhir di awal 2023, sekitar 1597 planet telah ditemukan dan masuk kategori Super Earth. Data penemuan tim astronom termasuk NASA dan ESO, telah menemukan beberapa planet di lebih dari  1500 tata surya di luar Bumi. Perbedaan semua planet yang ditemukan disebut Exoplanet, tapi yang penting kategori Super Earth



Planet TOI 700e yang baru ditemukan berada di zona habitat, dan ukurannya seperti Bumi. Baru ditemukan pada tahun 2023. Perkiraan astronom ukuran planet TOI 700e sekitar 95% sedikit lebih kecil dibanding Bumi. Planet TOI 700e diyakini sebagai planet batuan, tapi kemungkinan juga planet ini terkunci dengan pasang surut ke bintang.

Bintang HD 23472 memiliki 5 planet, tapi ada yang unik disana. Astronom mengatakan 2 planet paling depan sangat tidak mungkin terbentuk, tapi disana ada. Dan 3 planet lain ditemukan seukuran Bumi. Penelitian berlanjut untuk atmofer planet.

Tahun 2022, 3 planet unik ditemukan sebagai Super Earth. Planet TOI-4306b posisi paling depan ditemukan pertama, disusul planet kedua lebih menarik. Satu planet di tata surya lain disebut TOI-1452b sebagai planet samudra dengan air berlimpah.

2 planet kemungkinan tersembunyi di tata surya Alpha Centauri. Penemuan yang diumumkan Juni 2018, kemungkinan planet yang mengorbit di 2 bintang lebih besar aman bagi mahluk hidup. Tapi planet yang orbit ke bintang lebih kecil sangat beresiko dan berbahaya, karena akan menghadapi radiasi bintang jauh lebih besar.

Planet Gliese 832c disebut sebagai Super Earth, katanya bisa sebagai planet untuk tinggal manusia. Jaraknya hanya 16 tahun cahaya. Tetapi peneliti bukan mencari 2 planet Gliese 832c dan b, yang diharapkan ada temuan planet ke 3 diantara kedua planet tapi belum terlihat saat ini.



Teleskop tahun 1893 ada di observasi Yerkes, memiliki lensa reflaktor berukuran 40 inch. Teleskop GMT - Giant Magellan Telescope dipastikan tepat waktu, mengunkan cermin hexagonal. Mengapa teleskop raksasa tidak dibuat dengan cermin utuh.

Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.

Gunung Everest paling tinggi di bumi, tapi gunung paling tinggi dari titik dasar ada di gunung Mauna Kea. Menjulang dari dasar laut sampai keatas setinggi 10km. Kalau gunung tertinggi di seluruh tata surya.

Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan.

Ilmuan mengunakan Wide Field camera 3 untuk mempelajari panjang gelombang inframerah dan mencari tanda tanda adanya air. Bagaimana ilmuwan mengetahui apakah planet seperti bumi dengan ukuran memiliki air, gas CO, metana bahkan ukurannya

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.