Mencari planet mirip Bumi, kriteria apa saja yang ada dari penemuan sebuah planet. Ukuran yang tepat belum tentu planet cocok untuk manusia. Banyak kriteria mininum yang ada sampai manusia bisa tinggal di sebuah planet baru. Ribuan planet baru sudah ditemukan, tapi menurut ilmuwan jumlahnya dapat mencapai 0.1% dari total planet di galaksi kita.

Masalahnya apakah semua planet tepat untuk manusia. Apakah ukurannya tidak terlalu besar, dan menunjang kehidupan.Beberapa kriteria utama sebuah planet masuk dalam kategori Exoplanet cukup dengan beberapa hal penting seperti dibawah ini
  • Planet harus berbatu, umumnya planet berbatu memiliki ukuran relatif kecil.
  • Usia planet harus sangat tua, setidaknya berusia miliaran tahun dari pembentukan planet. Bila terlalu muda, kemungkinan planet tidak stabil dan butuh waktu lagi.
  • Disana harus memiliki oksigen jika beruntung, atau gas metal dan hidrogen untuk dirubah oleh manusia menjadi oksigen.
  • Disana harus memiliki atmofer agar manusia bisa terhindar dari radiasi matahari disana.
  • Disana harus memiliki panas matahari yang cukup untuk kehidupan dan fotosintetis.
  • Disana tidak boleh terlalu panas agar air atau cairan tidak menguap
  • Suhu yang tidak dibawah 0 derajat, umumnya planet dengan suhu dibawah 20 derajat celcius berada jauh dari bintang induknya.

Kriteria komposisi sebuah planet.

Kembali melihat Bumi, memiliki pergeseran lempeng teknokik yang terus bergerak. Ketika dua lempeng bertumbukan, satu akan turun kebawah mantel Bumi. Subduksi ini membantu mengatur kadar karbon dioksida di atmofer. Tanpa lempeng tektonik, bumi sama saja seperti planet Venus.

Komposisi ini tergantung dari komposisi planet. Astronom saat ini tidak bisa mengkur komposisi sebuah exoplanet. Tapi dapat diperkirakan dari sisi bintang. Karena bintang dapat menunjukan komposisi planet yang ada disekitar bintang.

Elemen penting dari sebuah planet berbatu adalah magnesium dan silikon. Elemen ini mencapaia 29 % dari massa Bumi. Campuran keduanya sangat penting dalam pembentukan mineral.  Bila sebuah planet memiliki bahan magnesium dan silikon sekitar 40% lebih rendah seperti komposisi di Bumi. Permukaan planet tidak dapat mendukung lempeng teknonik. Lempeng yang masih mengalami perubahan tidak akan menjadi material padat. Kesulitan lain dari 4 planet berbatu di bagian terdekat dengan matahari. Hanya Bumi yang dikenal memiliki lempeng tektonik.

Barulah sebuah planet masuk ke daftar Exoplanet untuk diteliti lebih lanjut atau kemungkinan planet yang suatu hari dapat ditinggali manusia.

Dibawah ini infografik dari kriteria Exoplanet (click gambar untuk Zoom dari gambar Google+)