Bintang MY Camelopardalis (MY Cam) raksasa kembar duet akhirnya akan bergabung


Science | 13 December 2014

Disebut Spy Monster, 2 bintang raksasa akan saling bertabrakan dan bergabung menjadi satu. Bintang MyCam, keduanya begitu dekat dan suatu hari akan bersatu menjadi ukuran lebih besar lagi. Keduanya saling mengorbit sangat dekat. Peneliti melihat spektrum 2 bintang ini dengan teleskop 2.2 meter di pusat observasi Calar Alto Spanyol.

Bintang memiliki cahaya tersendiri sesuai ukuran. Bintang berwarna kuning, adalah bintang rata rata seperti ukuran matahari. Bila berwarna putih, ukurannya akan sangat besar puluhan kali dari ukuran matahari, sedangkan dengan warna biru kemungkinan lebih besar lagi dari bintang berwarna putih dan suhunya lebih panas.
Bintang biru MY Camelopardalis (MY Cam) diperkirakan memiliki bobot 38 dan 32 kali lebih besar dari matahari kita. Keduanya saling berputar mengorbit dalam waktu 1,2 hari. Begitu dekatnya, antara keduanya seperti bergerak dengan kecepatan 1 juta km perjam.
Bila kedua gas raksasa yang panas dan bercahaya tersebut menyatu, maka ukurannya akan membengkak menjadi 60 kali dari ukuran matahari kita.

MY Camelopardalis (MY Cam) adalah bintang biner, ditemukan sekitar 10 tahun lalu. Bagi astronom amatir akan melihat benda ini sebagai 1 bintang. Nyatanya setelah di lihat dengan teleskop ukuran besar, disana ada 2 bintang. Umur keduanya diperkirakan relatif baru, sekitar 2 juta tahun lalu. Astronom bahkan menyimpulkan, pembentukan bintang raksasa bisa saja terjadi karena bintang lahir dari gabungan bintang lain.

Dibawah ini gambar artis dari posisi kedua bintang.

Bintang kembar MY Camelopardalis akan bergabung menjadi bintang raksasa

Posisi bintang bisa dilihat dengan aplikasi astronomi Android -  posisi berada di antara bintang Perseus

Bintang kembar MY Camelopardalis akan bergabung menjadi bintang 
raksasa

MY Camelopardalis terletak di gugus bintang terbuka yang disebut Alicante 1. Letaknya sekitar 13 ribu tahun cahaya dari Bumi. Daerah tersebut dihuni oleh pembibitan bintang mudah yang panas dan usianya relatif jauh lebih muda dari matahari. Untuk melihat bintang ini di langit dapat diamati dengan binocular atau sebaiknya dengan teleskop astronomi. Karena kecerahannya berada di angka positif antara 9,8 dan 10.1 Mag.

Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi-Astronomi-di-Android-langsung-menunjukan-posisi-bintang-di-layar-smartphone
www.obengplus.com/articles/5262/1/Belajar-foto-astronomi-tanpa-alat-star-stracker
www.constellationsofwords.com/Constellations/Camelopardalis.htm
Bintang Betelgeuse saat ini sedang sekarat. Awal perkiraan memiliki ukuran 200x dari matahari, ESO mengatakan bintang ini mencapai 1000x lebih besar. Bintang Betelgeuse pada Februari 2020 menjadi sangat redup. Bila dalam beberapa minggu kedepan bintang Betelgeuse tidak kembali cerah. Mungkin waktu terjadinya Supernova akan dilihat oleh manusia.

Bagaimana pembentukan bintang neutron. Apa yang ekstrim dari bintang ini. Disebut juga bola besi raksasa yang berputar cepat. Luciano ahli astrofisika, benda ini hanya memiliki ukuran 12km untuk menjadi bintang neutron. Bintang pulsar J0740+6620 paling masif ditemukan setara kepadatan 2.14x  matahari



Ukuran bintang Pi1 Gruis sekitar 700x lebih besar dari matahari kita. Dan mendapatkan tipe bintang sekelas Red Giant atau raksasa merah. Cahaya bintang ini begitu terang, mencapai ribuan kali dari kekuatan cahaya matahari.

2 bintang biner, sebenarnya bukan hanya biner. Tapi 2 bintang ini akan saling bertabrakan. Jarak kedua bintang dari Bumi sekitar 1800 tahun  cahaya dari Bumi. Bila perkiraan astronom benar, kedua cahaya tabrakan bintang dapat dilihat dari Bumi secara visual.

Bintang Antares sebagai bintang raksasa merah, memiliki atmosfer bintang yang melebar. Atmofer bintang dapat melbar mencapai radius 1,7x dari ukuran bintang sendiri, bahkan lebih agresif dibanding bintang yang akan meledak

Bintang 2MASS J11193254-1137466 awalnya dikira planet pada tahun 2016. Sampai diteliti lebih lanjut ternyata 2 bintang biner yang saling mengorbit. Tetapi kedua bintang ini gagal menyala, disebut juga Dwarf Brown atau si kurcaci coklat kembar.

Bintang Tau HL atau disebut HL Tauri adalah bintang dengan tata surya yang baru terbentuk. Ditemukan oleh Hublle dan terlihat memiliki cincin yang belum selesai membentuk planet. Umur bintang baru berusia 1 juta tahun, nantinya menjadi tata surya dengan munculnya beberapa planet mengorbit di bintang Tau HL.



Bintang Beta Pictoris baru terbentuk 23 juta tahun lalu, letaknya hanya 64,4 tahun cahaya dari bumi. Ada keunikan tata surya disana. Memiliki 2 grup komet yang mengitari bintang, serta ditemukan sebuah planet gas ukuran sangat besar, 11x ukuran planet Jupiter.

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.




No popular articles found.
< /body>