Technology | 2 December 2014

Satelit global membawa jaringan 3G MUOS untuk komunikasi militer


Sistem satelit baru untuk komunikasi akan membawa jaringan 3G Smartphone untuk pasukan ke seluruh penjuru planet ini. Saat ini Amerika memiliki 11 satelit dengan frekuensi UHF atau disebut UFO - UHF Follow On. Sistem ini sangat berguna dan dapat dipercaya untuk menjangkau pasukan.

Angkatan perang US Navy akan mengembangkan teknologi MUOS atau Mobile User Objective System untuk mengantikan sistem tersebut. MOUS mengunakan 4 satelit geosync yang memantulkan sinyal ke stasiun penerima di bumi. Posisi berada di Australia, West Virginia, Hawai dan Sisilia.

MUOS adalah sistem 3G untuk pasukan militer, dengan backbone WCDMA. Jalur komunikasi tersebut dapat ditumpangi dengan berbagai jenis data dari suara, data, dan video.

Sistem ini membantu pasukan yang berada di depan yang tidak terjangkau. MOUS memiliki kecepatan 16x lebih baik dibanding teknologi UHF bahkan tetap kompatibel dengan sistem lama. Mengunakan frekuensi 300-3Ghz dalam sistem Satcom. Untuk membangun sistem ini dibutuhkan 1,154 miliar dollar, diperkirakan rampung pada tahun 2015.

Pengembang sistem satelit dibuat oleh Lockheed dibanding dengan General Dynamic dan perusahaan kontraktor pertahanan lainnya. Dimulai pada tahun 2004, sejauh ini sudah 2 satelit diluncurkan dan stasiun di bumi sudah beroperasi kecuali di SIsilia. 2 satelit menyusul akan diluncurkan  tahun depan.

Sistem satelit komunikasi MUOS untuk militer membawa teknologi 3G


Artikel Lain

Skysat layanan satelit milik perusahaan Planet. Tahun ini diperkirakan selesai meluncurkan satelit bersama SpaceX. Membuat pengambilan gambar permukaan bumi sampai 12x sehari, atau di semua wilayah 7x sehari. Resolusi gambar permukaan bumi yang sangat tajam mencapai 50cm

Teknologi terkadang membuat sesuatu yang WoW. Tim dari Australia memiliki teknologi laser yang disebut LIDAR. Teknologi LIDAR adalh teknologi scanning 3D untuk memetakan kontur permukaan tanah. Ditemukan lagi candi di Tabasco



Juli 2023, fotografer NatGeo memperlihatkan ini satelit yang sedang beriringan seperti bintang berjalan. Starlink jajaran satelit broadband. Jaringan satelit internet di seluruh dunia melalui satelit. Agustus 2023 total satelit Starlink menuju jumlah 5000 satelit. Dapat terlihat diatas langit seperti kereta di langit antara menjelang pagi atau malam.

SpaceX berencana meluncurkan misi ke 15 pada hari 7 Agustus 2018, 18 Agustus sudah berada di atas selat Karimata. Satu satelit akan diluncurkan oleh roket SpaceX adalah satelit Telkom dari Indonesia. Memasuki test  orbit selama 25 hari. Bila sukses, satelit siap digunakan pada minggu ke 3 bulan September 2018.

Juni 2017 sebuah satelit ViaSat 2 diluncurkan, menjadi langkah awal pengunaan WIFI di pesawat komersil. Sistem satelit ViaSat 2 akan menyediakan jaringan WIFI dengan kecepatan 25Mbps

Nasa mengembangkan pemancar frekuensi biasa untuk mentranfer data dari stasiun ISS ke bumi. Sekarang dikembangkan dengan laser untuk komunikasi. Disebut Opals atau Optical Payload for Lasercomm Science, tranmisi data dikirim dari stasiun ISS ke bumi.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.