SSD baru bukan hanya cepat, tetapi murah


Kategori : Hardware | Date : 8 October 2012

SSD sampai saat ini masih terkendala dengan harga dan kapasitas. Membeli harddisk masih lebih murah dibanding SSD.

Sekarang SSD sudah turun, memang belum mampu menandingi harga harddisk. Secara logika , produksinya berbeda, teknologi berbeda dan kecepatannya tentu berbeda.

Ada perubahan teknologi dari produsen SSD. Teknologi SSD Samsung 840 mengunakan TLC memory. TLC adalah singkat Triple Level Cell, mengantikan teknologi MLC. Mengunakan silikon yang sama, menambah kapasitas 50% lebih banyak dalam satu chip. Ukurannya semakin kecil, pabrikan sudah mengunakan proses 21nm. Kedepan nanti harga SSD akan lebih terjangkau.

Kecepatan, prosesnya lebih tinggi dari standar SSD generasi sebelumnya. Memiliki IOPS sampai 100 ribu perdetik (versi Pro). Dengan port SATA 6, kecepatan tranfer SSD 500MB/s menjadi standar. Kecepatan tersebut akan sulit ditandingi oleh harddisk, yang rata rata berada dibawah 200MB/s untuk single hardidisk.

Semoga saja produsen chip mampu meningkatkan teknologi chip semakin murah. Dan harga SSD lebih terjangkau lagi.

 

 


Berita terkait
Phison PS5008-E8 dan PS5008-E8T sebagai controller SSD murah. Tapi melalui jalur PCIe 3.0 x2 dan NVMe. Performa SSD ini memiliki kecepatan 1,1GB/s dan 1,05GB/s untuk read dan write. Tapi produk ini belum selesai walau sudah tampil untuk test di publik, final produk lebih cepat

Kingston keluarkan KC300 SSD untuk kalangan bisnis. Model SSD tersebut mengantikan Kingston V+200 dan KC100.



TDK SDG4A ditujukan bagi storage industri dengan controller GDDriver RS4. TDK mengatakan SSD mereka akan tetap bekerja dalam kondisi ekstrem, setidaknya selama 4 tahun untuk bekerja terus menerus.

Memiliki SSD dengan kapasitas besar dengan kapasitas 2TB, sekarang sudah dibuat oleh Smart Storage untuk model Optimus Eco. Mengunakan chip MLC 18nm dan ukurannya seperti 2.5 inch harddisk notebook.

Harddsisk 4 TB buatan Seagate hanya $190, baru diumumkan minggu ini. Harga tersebut relatif lebih murah dibanding produk WD. Seagate mengunakan 4 platter, satu platter menampung 1TB dat.

Mushkin ProSpec SSD bukan SSD untuk konsumen biasa, tetapi untuk kelas office atau server. Kapasitasnya hanya tersedia dari 100 dan 400GB. Dengan IOPS 80k/42k. Kecepatan tranfer mencapai 560MB/s. Bukan kehandalan kecepatan saja di SSD ini

Posisi mendatar tetap lebih baik dibandingkan vertikal, tetapi tidak banyak berdampak. Apakah akan merusak harddisk bila harddisk dipasang vertikal. Tidak juga, semua posisi aman bagi harddisk. Berapa lama umur harddisk bila di pasang dengan benar.



Tidak, tetapi bisa membuat komponen bekerja terlalu panas. Debu menghalangi proses pendinginan dari fan computer. Apa alasannya debu yang menempel di komponen computer belum tentu merusak langsung




No popular articles found.