Belajar foto astronomi tanpa alat star stracker bisa tuh


Digital | 30 November 2014

Astronomi umumya mengunakan alat star tracker untuk mengikuti pergerakan bintang. Fungsinya mengambil foto dengan durasi panjang dari exposure, dan cahaya dapat ditangkap lebih kuat. Apakah bisa mengabadikan bintang yang gelap tanpa alat ini.

membuat foto bintang dan galaksi


Masalahnya tidak semua orang mampu membeli alat ini, dan tidak rajin mengabadikan bintang di langit. Seorang fotographer Forrest Tanaka dapat membuat foto bintang dan galaksi, tanpa peralatan star tracker. Prosesnya tetap mengunakan computer tapi tekniknya sederhana. Mengunakan beberapa foto lalu di import ke software DeepSkyStacker. Penjelasan video tentang foto astronomi diceritakan  dibawah ini.



Belajar dengan Tanaka bisa dilihat di Youtube - Forrest Tanaka

Foto bintang Google+

Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/152/DeepSkyStacker-software-stack-gambar-astronomi
www.obengplus.com/artikel/articles/173/DSLR-setting-Exposure-Compensation-fokus-lensa-manual--Live-View
www.obengplus.com/artikel/articles/153/Startrail-mengabungkan-cahaya-bintang-menjadi-lintasan-dalam-satu-foto
www.obengplus.com/artikel/articles/103/Aplikasi-Astronomi-di-Android-langsung-menunjukan-posisi-bintang
Fotografer Jerman Martin Heck membuat sebuah video pendek selama 6 menit dari hasil rekaman rekannya di observasi CMB. Video yang dibuat ini mengabungkan penampakan garis galaksi Bima Sakti bersama Aurora bersamaan. Karena salah satu tempat terdingin, dan sulit dijangkau, jarang manusia yang menentap disana

Bagaimana merubah foto lama klise film negatif menjadi file foto digital. Mungkin ada yang tertarik menyimpan foto lama dari film negatif. Dengan mudah dapat dirubah menjadi foto positif mengunakan software. Dengan memanfaatkan camera, memindahkan foto negatif ke software dan dirubah menjadi foto positif yang dapat kita lihat.



Low pass filter di sensor dibuat oleh pabrikan camera agar sensor dapat menangkap gambar lebih baik dan menghindari efek moire. Tetapi apakah masih dibutuhkan. Camera modern tidak membutuhkan low pass filter, karena dapat menurunkan kualitas gambar

Ada saja ide kreatif Rafal Krasa seorang fotografer asal Polandia. Dia mengunakan bak kamar mandi atau Bathtub untuk tempat foto. Hasilnya lumayan, seperti tempat foto profesional. Krasa mengatakan hasil fotonya tidak terlalu bagus, tapi bisa menghemat uang dan waktu katanya.

Bagaimana membuat foto Milky Way dengan cahaya lampu mobil di jalan. Dua gambar mengunakan setting berbeda. Milky Way atau galaksi Bima Sakti diambil dengan ekposure lebih lama sampai 30 detik dan minim cahaya. Bila diambil bersamaan dengan cahaya lampu mobil terlalu terang

Membuat video mengambang dibuat oleh Edelkrone. Tekninya mengambil 2 gambar berbeda pada tempat yang sama, mengunakan setting video DSLR dan direkam dalam 2 video berbeda.

Setting Shutter Speed berguna dalam beberapa objek, dibagi dari Ultra Fast, Fast, Normal dan Slow. Setting ini menentukan objek apa yang diambil. Mengabadikan benda bergerak seperti pesawat atau mobil F1 sangat dianjurkan mengunakandengan Ultra Fast atau Fast



Data dari film Star Trek mungkin dikisahkan memuat data sangat besar tentang bintang. Catatan galaksi Bima Sakti nantinya  tercatat, setidaknya lebih lengkap dari cerita film Star Trek. Pesawat Star Trek belum mampu menjangkau dari isi galaksi Bima Sakti.

Rumus mengambil foto star dan galaksi. Terserah untuk single shot atau multi shot untuk foto stacker atau untuk foto Timelapse stargazer Rumus paling umum dipakai dengan lensa 16mm, f2.8, 25 detik, ISO 3200.

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Ingin membuat foto galaksi Bima Sakti disarankan mengunakan lensa 24mm atau lebih pendek lagi untuk focal length untuk camera sensor APS-C. Untuk Full Frame disarankan mengunakan 35mm atau lebih pendek. Untuk camera 4/3 paling susah, harus mengunakan lensa 16mm ke bawah.




No popular articles found.