Galaksi NGC 986 Swirling


Science | 29 November 2014

Galaksi NGC 986 atau nama lain galaksi Dunlop 519 ditemukan tahun 1828 oleh astronomi James Dunlop. Letaknya berada di formasi Fornax. Tapi galaksi ini unik, tidak spiral utuh seperti lingkaran melainkan memanjang.

Untuk mengamati galaksi NGC 986 memerlukan teropong bintang atau teleskop astronomi. Karena tingkat cahaya galaksi ini hanya mencapai 11 magnitude. Foto dari teleskop Hubble dibawah ini menunjukan posisi tengah galaksi terlihat bercahaya keemasan sedangkan lengan galaksi memnajang keluar.

Foto galaksi dibawah ini ada di Google+



Bentuk galaksi seperti huruf S. Warna biru adalah kumpulan dari cahaya bintang muda, terlihat terputus di tepi galaksi, sedangkan di tengahnya adalah bintang yang sudah mengalami pembentukan.
Foto diatas adalah foto terbaru dari Hubble dan digabungkan dengan foto teleskop di bumi. Walau secara umum bentuk galaksi memiliki 2 kategori seperti bulat dan spiral. Tapi yang diatas ini adalah galaksi spiral yang unik.
Apakah manusia mungkin bisa pergi kesana dan melihat dari dekat. Melihat jaraknya, galaksi ini hanya bisa dilihat dari teleskop. Karena jaraknya mencapai 56 juta tahun cahaya

Berita terkait
Ketika 2 galaksi yang sama kuat, akhirnya bertabrakan dengan posisi yang tepat. Mereka seperti membentuk wajah hantu, dengan mata hidung dan lingkaran wajah.  Tabrakan galaksi Arp-Madore 2026-424 adalah tabrakan langka. Alasannya keduanya memiliki ukuran yang sama, dan ketikaa tabrakan terjadi memiliki arah yang sama

Foto ini adalah foto 2 galaksi kuno ADFS-27 yang terlihat sekarang. Ketika awal alam semesta, dimulai galaksi terbentuk. Tetapi semua berukuran kecil. 2 galaksi tersebut sebagai contoh dari nenek moyang galaksi yang ada



Galaksi kerdil umumnya terlihat samar, tapi ada di sekitar galaksi kita. Galaksi kerdil memang aneh, disana hanya terdapat 5000 an bintang, bila dibanding dengan galaksi kita mencapai 200 -400 trilyun bintang. Bahkan untuk skala ukuran, galaksi kerdil hanya terlihat 1 titik dibanding galaksi Bima Sakti.

Ukuran matahari relatif kecil, seandainya digantikan dengan bintang lebih besar. Seperti apa tampaknya di Bumi. Ini gambaran tentang astronomi , hasilnya akan lucu. Matahari akan tampak kembar, dan sangat besar. Tidak kuning tapi berwarna biru atau putih.

Gambar yang tajam ini mengungkap galaksi yang terbesar dibelakang bintang dan debu dari galaksi Bima Sakti. Berada di batas utara dengan konstelasi Pegasus. Galaksi NGC 7331 paling terang, tapi yang menganggu dibelakangnya dari 4 galaksi yang akan bertabarakan

Galaksi NGC 7793 terlihat pada foto sangat terang walau letaknya sangat jauh. Berada 13 juta tahun cahaya dari bumi. Menjadi galaksi paling terang di grup Sculptor. Ada tapinya, menurut astronom di galaksi ini merupakan tempat keras. Lingkungan yang keras seperti apanya.

Galaksi Andromeda adalah galaksi terdekat dengan galaksi Bima Sakti. Kedua galaksi ini menjadi galaksi terbesar di satu kluster. Tapi ada satu galaksi M33 sebagai galaksi terdekat kedua, dan galaksi ini sedang mengarah ke galaksi kita Bima Sakti.



Ada beberapa galaksi ditemukan tapi jaraknya begitu jauh. Mencapai 12 miliar tahun cahaya dengan bentuk cahaya merah. Diperkirakan bentuk galaksi tersebut baru berusia 1,6 miliar tahun ketika terjadinya pembentukan alam semesta.

Bayangkan bila seseorang sedang naik pesawat ruang angkasa dengan kecepatan Warp ala Startrek. Seperti apa melihat galaksi yang dilewati. Video di Vimeo dengan judul Katalog Fly Throught of the Gama Galaxy, gambar di galaksi sebenarnya sudah diperbesar.




No popular articles found.
< /body>