Bintang Tau HL dan Tau ZX tata surya baru di galaksi Bima Sakti


Science | 22 November 2014

Benda ini asik di amati oleh astronom. Di konstelasi Taurus bersembunyi di daerah padat, gelap dengan awan antar bintang. Perlahan mulai terungkap rahasia di dalammya, tetapi disana sedang terbentuk bintang yang sangat aktif. Seperti matahari kita ketika mulai tumbuh sejak 4,6 miliar tahun lalu.

Bagian ini dinamakan bintang HL Tau dan satu lagi XZ Tau, yang paling tua baru terbentuk 1 juta tahun lalu adalah bintang HL Tauri. Sehingga kita bisa melihat dan mempelajari asal mula pembentukan bintang dari usia awal. Seperti melihat asal mula pembentukan tata surya dari jauh.

Bintang Tau HL tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung, walau jaraknya hanya 450 tahun cahaya (bentangan galaksi kita 100.000 tahun cahaya). Cahaya bintang ini  masih sangat redup dan terselubung di belakang gas , cahayanya 10.000x lebih lemah untuk dilihat langsung. Bahkan dengan teleskop besar, cahaya bintang HL sering terhalang oleh debu di sekitarnya. Tetapi dengan teleskop khusus seperti teleskop radio, bisa terlihat dan melihat isi di sekitar bintang. Bentuk bintang HL Tau sekarang sedang berbentuk seperti piring. Lalu apa menariknya dengan piring di bintang ini.

astronomi bintang Tau HL dan Tau XZ

Piring yang berada diluar tersebut berisikan gas dan debu. Peneliiti mengatakan gas dibagian luar tidak akan cukup membentuk satu bintang lagi. Atau membuat sebuah tata surya dengan bintang kembar tidak akan terjadi disana. Nantinya akan membentuk planet, tapi entah kapan.

Data terakhir pada tahun 2014. Peneliti astronomi mengunakan teleskop Atacama Large Milimeter Array. Mereka membuat gambar foto diatas. Menurut foto yang didapat, diperkirakan adanya jarak antar jarak ring dengan jarak 450 juta sampai 1 miliar mil jauhnya. Setidaknya ada 8 pita (sabuk) atau ring yang mulai saling terpisah. Untuk saat ini akan sulit diduga apakah masing masing ring yang berisi debu dan gas akan membentuk planet disana. Bila terbentuk, setidaknya ada 8 planet dari 8 pita debu dan gas yang mulai terpisah. Berdasarkan perhitungan , formasi planet pertama paling cepat terbentuk setelah 100 ribu tahun untuk membentuk sebuah planet seukuran Jupiter.

Lalu dimana satu bintang lain yang disebut XZ Tauri, bintang tersebut berada disamping HL Tauri. Tapi letaknya sangat jauh, juga sedang terbentuk tata surya lain. Bintang XZ Tau adalah tata surya dengan bintang kembar.  Keduanya saling mengorbit dengan jarak antara 6 miliar km atau setara jarak matahari ke planet Pluto.



Pembentukan tata surya yang baru lahir di galaksi kita seperti HL Tauri bukan yang pertama ditemukan. Sebelumnya pernah ditemukan sebuah bintang TW Hydrae yang jaraknya lebih dekat 176 tahun cahaya dari bumi. Tata surya baru disana memiliki bentangan sampai 2 miliar mil dan terjauh 8 miliar mil.

Bintang TW Hydrae



Satu lagi yang sudah lebih dahulu ditemukan adalah tata surya di bintang Fomalhaut. Tata surya disana juga menarik dipelajari karena unik dan agak aneh. Karena bintang induknya sendirian di dalam, sedangkan planet yang terbentuk berada jauh diluar. Bahkan posisi planet pertama paling dekat memiliki jarak 2x dari planet Pluto ke matahari.

Bintang Fomalhaut memiliki jarak 25 tahun cahaya dari bumi, dan bintang teresbut memiliki panas 1,5x dari matahari. Saat ini umur bintang Fomalhaut diperkirakan baru separuh dari masa hidupnya. Bila dilihat pada malam hari, bintang ini seperti sendirian. Tapi bila diamati lebih lanjut di sisi bintang Fomalhaut terdapat 2 bintang lain. Sehingga disebut Triple Star. Bintang Fomalhaut menjadi bintang paling terang nomor 18.


Berita terkait
Astronom menemukan bintang paling tua yang pernah diteliti di alam semesta ini. Jaraknya 6000 tahun cahaya dari bumi. Kelompok bintang HP1 diperkirakan usianya seperti alam semesta dan ada di bagian tonjolan galaksi Bima Sakti. Satu lagi bintang primitif masih menyala miliaran tahun sampai hari ini disebut bintang J0023+0307

Astronomi mengidentifikasi puluhan bintang tipe OB baru di area Cygnos OB2. Penemuan ini meningkatkan populasi bintang muda yang masif (ukuran raksasa). Letak Cygnus OB2 berada 4700 tahun cahaya dari BumiMenjadi salah satu daerah pembentukan bintang paling kuat di komplek Cygnus.



Cluster 47 Tucanae adalah tempat di galaksi kita dengan kelompok bintang sangat padat. Tidak itu saja, disana terdapat sebuah lubang hitam berukuran 2.000x massa matahari. Mengapa lubang hitam tersebut baru diketahui dan diteliti saat ini.

Ditemukan bintang yang mengeluarkan gelombung gas plasma. Tidak gelembung biasa dipermukaan tapi seperti menembak keluar dari bintang. Dan ukurannya sangat besar mencapai 2x ukuran planet Mars. Bola api panas yang keluar menjadi teka-teki para astronom. Karena tidak biasa bintang bisa mengeluarkan gas plasma.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun

Tim astronomi dari Jerman universitas Ruhr membuat peta terbesar tentang alam semesta. Terdiri dari 268 foto yang diambil selama observasi 5 tahun. Hasilnya selembar peta bintang dengan resolusi 46 miliar pixel. Tidak perlu teleskop untuk menikmati benda di sekitar Bumi, cukup melihat karya astronom dari Jerman

Bintang Hen 2-427 memiliki nama lain yaitu Nebula M1-67, dan di tengah yang menyala adalah bintang WR 124. Berada di konstelasi Sagitarius dan jaraknya 15.000 tahun cahaya dari Bumi.



Bila matahari digantikan oleh bintang lain, yang mungkin bintang dengan ukuran lebih kecil. Apa yang tampak dari bumi. Gambar pertama kiri adalah matahari yang dilihat setiap hari. Matahari masuk sebagai bintang kelas G atau tingkat 1MO, bila bintang lebih kecil menganti posisi matahari apa yang terlihat

Bintang raksasa akan saling bertabrakan dan bergabung menjadi satu. Bintang MyCam, keduanya begitu dekat dan suatu hari akan bersatu menjadi ukuran lebih besar lagi. Sekarang keduanya saling mengorbit sangat dekat

Para ilmuwan melaporkan mereka menemukan lubang hitam sangat besar yang disebut Quasar. Quasar adalah lubang hitam yang aktif , sementara banyak gas dan materi padat jatuh ke dalamnya. Tapi yang ditemukan oleh ilmuwan adalah benda ini selaras

40 tahun masih sebatas teori, kali ini peneliti menemukan sebuah bintang TZO. Bintang dapat memakan bintang lain lalu bergabung menjadi satu. Bintang V2112 sebuah bintang raksasa tapi dikenal sebagai bintang Hyrid. Inti bintang utama digantikan oleh inti bintang neutron yang lebih kecil. Bila terbukti, tipe bintang TZO akan masuk sebagai klasifikasi bintang baru

Sebuah cincin sangat besar berisi debu dan gas berada di sekeliling bintang. Gas dan debu tersebut suatu hari nanti akan menjadi planet, 2 planet terbentuk seukuran Jupiter. Bintang HD 142527 berada pada jarak 456 tahun cahaya, pembentukannya baru terjad 2 juta tahun lalu

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.




No popular articles found.