Timelapse Bumi dari satelit cuaca Elektro L dengan gambar paling tajam


Kategori : Digital | Date : 20 November 2014
Video ini dikumpulkan dari satelit cuaca Elektro L milik Rusia. Di satelit memiliki sensor camera 121 Mpix dan mengabadikan gambar Bumi setiap 30 menit. Menjadi video paling tajam yang pernah dibuat.

Foto satelit paling tajam dari satelit cuaca Elektro-L milik Rusia

James Tywhitt Drake mengumpulkan foto dari satelit pada 15 Mei sampai 19 Mei 2011. Lokasi satelit cuaca tersebut berada di ketinggian 40 ribu km di atas laut India. Kecepatan orbit satelit Elektro L memiliki kecepatan yang sama seperti putaran Bumi, nah satelit itu akan tetap mengarah ke area India termasuk beberapa sisi negara Indonesia.

Resolusi asli dari camera satelit memiliki 121Mpix atau setara 11.136x11.136 Mpix. Menangkap gambar biasa dan gelombang tinggi infrared. Bentuk warna hijau sampai oranye adalah daerah tanaman. Bila ingin melihat Bumi dengan resolusi 2K dengan tinggi gambar 2160K bisa di click pada bagian gear 4K


Akhirnya siaran video langsung live dari ruang angkasa bisa tayang. High Definition Earth Viewing atau HDEV sudah disiapkan sejak 18 April 2014 , April 2017 dapat dilihat dengan resolusi 4K Video dari ruang angkasa Timelapse paling lama merayakan ulang tahun ISS ke 20

Situs Blue-Marble adalah kumpulan foto yang diambil dari pencitraan satelit. Foto yang dikumpulkan hanya foto pada malam hari. Fitur situs ini digunakan oleh fotographer bintang. Dimana kota dengan polusi cahaya paling terang, Indonesia nomor 1 Jakarta dengan cahaya lampu buatan paling terang.

Satelit SDO diluncurkan 11 Februari 2010, hari ini genap 7 tahun beroperasi mengamati permukaan matahari. Nasa merilis hasil rekaman matahari selama 5 tahun  dan 6 tahun (sampai 2016). Aktivitas matahari Juli 2017 terlihat terdapat lubang.



NASA mengunakan satelit Swift untuk merinci gambar dengan ultraviolet. Ribuan gambar sudah dikumpulkan dan menghasilkan gambar utuh selebar 160 megapixel. Seperti apa bentuk galaksi kita bila di zoom sangat jauh, gambar miliaran bintang itu sangat luar biasa.

Salah satu foto menarik antara Bulan dan Matahari, diambil dalam satu foto. Mengunakan pesawat antariksa Change 5 T1 bulan lalu. Pesawat mengorbit pada jarak 336 ribu mil dari Bumi dan 572 ribu mil dari Bulan. Foto bulan berwarna pertama

Fotografer Bryan Snider sering mengabadikan foto lanskape di Arizona. Pada tanggal 8 Agustus 2015 dia mendapatkan objek menarik, ketika sebuah awan turun seperti tumpahan awan ke bumi.

Knate membuat beberapa ribu foto untuk video timelapse. Dibuat utuh dengan resolusi 4K. Diambil di New Mexico, Alaska dan beberapa tempat lainnya. Disebut Fast Forward, video dibuat dengan dipercepat antara 2x sampai 3x dari video timelapse normal.



Alexander Gert seorang astronot tinggal 6 bulan di stasiun ruang angkasa ISS. Dia mengabadikan 12500 foto dan dibuat menjadi video dengan teknik Timelapse. Dapat melihat tipisnya atmofer bumi, atau galaksi Bima Sakti dari ruang angkasa.

Lihat saja video yang satu ini, pembuatannya sangat kreatif. Mengabungkan 2 teknik antara timelapse dan hyperlapse untuk mengabadikan pemandangan sebuah kota. Diabadikan di kota Toronto oleh fotographer Ryan Emond

Video ini memperlihatkan video dalam bentuk Timelapse. Ketika waktu berlalu di bumi selama 23 September 2013. Badan Antariksa Rusia mengunakan satelit Elektro-L. Mengabadikan foto bumi selama Equinox di musim gugur.

Ditahun 1972, Apollo 17 mengabadikan plnaet bumi yang disebut The Blue Marble. mengunakan camera Hasselblad. Foto dibawah ini tidak tergantikan, atau setidaknya belum ada manusia yang bisa mengambil gambar utuh


No popular articles found.