Belajar menilai sebuah foto landscape dari Elia Locardi


Digital | 9 November 2014

Belajar membuat foto landscape dari ahli jangan menilai dari diri sendiri

Kali ini Elia Locardi memberi pengalaman di Fstoppers, bagaimana nilai diberikan dari foto.

Pembuat foto boleh menilai fotonya bagus, tapi yang melihat bisa menilai biasa saja.

Sebaliknya, si fotografer mengatakan foto biasa saja bisa, tapi kalangan profesional dapat menilai sebuah foto menjadi sangat baik.

Sekali lagi foto adalah seni, angkanya selalu relatif.

Untuk belajar fotografi, ada 5 penilaian


Star 1.
Foto diambil untuk dokumentasi, seperti lokasi, penandangan. Foto seperti ini biasanya muncul di media sosial, diabadikan dengan smartphon atau mungkin saja dengan camera. Intinya si pembuat foto mendapatkan lokasi yang baik, tapi cukup menarik perhatian orang lain.

Star 2
Ada teknik dalam membuat foto. Seseorang sudah mengerti komposisi, ekposure dan mengedit gambar.
Tapi hasil foto yang dibuat masih di bawah fotografer profesional. Kadang mereka yang baru belajar foto bisa membuat foto dengan penilaian bintang 2. Sejalan dengan waktu hasil jepretan akan terus meningkat dan semakin baik.

Star 3.
Menampilkan gambar keseluruhan. Membutuhkan persiapan dan keahlian khusus untuk menghasilkan foto seperti ini. Setidaknya fotografer sudah melewati 2 kesulitan diatas (bintang 1 dan 2).
Mengerti dengan komposisi, warna, fokus materi dan proses editing. Kebanyakan fotographer freelance sudah memiliki pengetahuan di tingkat ini. Biasanya foto mereka sangat di seleksi untuk ditampil di portfolio website mereka. Di tingkat 3 ini biasanya seorang fotografer dengan mudah melangkah ke tahap selanjutnya yaitu tingkat 4 bahkan 5. Dan mereka sangat mempelajari lebih detail dari kesalahan foto mereka sebelumnya.



Star 4
Masuk kategori fantastis atau foto sempurna dimana yang melihat mengatakan Woow.  Foto tampil ketika orang yang melihat tidak dapat mengkritik, dan melihat kekurangan apapun.
Biasanya foto seperti ini dibuat dengan perencanaan dan perhatian sangat khusus. Hampir mustahil membuat foto di kelas ini tanpa persiapan, kecuali si fotographer yang mulai berpengalaman memang beruntung. Persiapan pengambilan gambar harus di konsep sebelumnya, termasuk komposisi, cahaya, subjek dan terakhir di edit. Bila sebuah hasil karya foto masuk di kelas Star 4, seorang fotographer boleh berbangga hati untuk hasil karyanya.

Star 5
Disebut World Class atau kelas dunia.
Foto yang sempurna bahkan foto bintang 5 sulit terlupakan. Menghabiskan waktu, energi dan bakat dari profesional.
Dalam beberapa kasus, membuat foto di kelas ini membutuhkan banyak orang. Dari konsep, pencahayaan, subjek, lokasi dan editing seluruhnya sempurna. Membuat foto indah, kadang memerlukan disainer sampai stylist agar menghasilkan gambar lebih baik.

Elea Locardi sudah melakukan perjalanan dalam 5 tahun untuk mendapatkan lokasi foto. Termasuk berpergian Singapura, Kamboja, dan Indonesia.

Lee Morris mewanancarai Elia untuk menilai foto serta beberapa foto lain. Hasilnya dibawah ini

Lee dan Elia setuju foto dibawah ini masuk star 3. Cahaya lampu jalanan satu faktor, tapi sisi lain dari cahaya di pohon juga menarik. Menurut Elia bila foto di proses lebih jauh akan membuat foto lebih menarik.



Foto dibawah ini dilihat biasa saja oleh Lee dengan nilai 2 karena tidak mengerti apa arti foto dibawah, mungkin untuk di figura di dinding.
Tapi Elia memberikan nilai 3. Elia mengatakan dengan waktu golden line di foto, dengan meningkatkan kontras warna dari langit membuat berimbang dengan warna warni bagian batu.



Keduanya setuju memberikan nilai 3 dengan gubuk dan bidang galaksi Bima Sakti dibelakang. Elia hampir memberikan 4 , tetapi tidak mencapai Woow.



Ini foto Lee dan diminta menceritakan apa isi fotonya dan dia memberikan nilai 3. Menurut dia kompsisi bagus, bahkan ayahnya bilang ini foto bagus. Tapi Elia mengatakan berbeda, hanya 1. Fotonya terpotong di bagian paling penting, dan warna di langit tidak pernah berwarna merah seperti ini. Itu yang di kritik oleh Elia.
Bawahnya dinilai 3, bagian atasnya 1 (over)





Bagaimana hasil foto Elia sendiri. Elia mengatakan 8 hari dia mencoba mengabadikan foto lingkaran bintang, dia harus bangun, menunggu kabut dan berada di tempat yang paling tepat (gambar kiri tengah).
Hasil foto Elia sendiri terlihat berbeda dengan beberapa foto diatas. Tentu saja, karena dia memang fotografi profesional. Hasilnya dibawah ini.



Sekarang kita tahu, tidak mudah membuat foto. Peralatan camera mahal tidak menjamin tampil gambar seperti milik Elia.

Blame The Monkey - Official Website of Elia Locardi

Instagram:  http://instagram.com/elialocardi

500 Pix:  https://500px.com/elialocar


Berita terkait
Pilih yang mana antara Sony vs Nikon vs Canon atau Panasonic. Jangan melihat merek camera yang bagus, tapi lihat kedepan dengan perangkat tambahan. Ketika orang melihat foto yang bagus dari camera Sony Nikon Canon, apakah kita pernah bertanya ke pembuat foto bagaimana proses dari hasil foto yang baik

Bagaimana merubah foto lama klise film negatif menjadi file foto digital. Mungkin ada yang tertarik menyimpan foto lama dari film negatif. Dengan mudah dapat dirubah menjadi foto positif mengunakan software. Dengan memanfaatkan camera, memindahkan foto negatif ke software dan dirubah menjadi foto positif yang dapat kita lihat.



Seorang fotografer hanya belajar dalam 2 tahun. Memperlihatkan perbedaan foto amatir dan foto profesional. Philips membandingkan dua gambar ditempat sama dari karyanya sendiri, dan  foto setelah 2 tahun belajar. Tekniknya pencahayaan dan perpektif gambar hal penting dalam fotografi

Komposisi foto dapat dibuat dengan berbagai cara. Beberapa komposisi diceritakan oleh fotografer, agar posisi gambar yang dibuat lebih tepat. Foto memiliki beberapa elemen untuk diabadikan. Ketika mengikuti beberapa teknik ini, diharapkan foto yang kita buat lebih menarik

Mendapat like di Instagram menjadi tolak ukur sebuah kualitas dan keindahan sebuah foto. Bagi pencinta traveling membuat foto, dapat melihat perbedaan foto amatir dan profesional. Bagaimana fotografer profesional membuat foto lebih menarik dibanding kita.

Lensa Wide Angle atau sudut lebar untuk foto landscape seperti pemandangan membuat bidang gambar lebih luas. Apakah lensa telephoto atau lensa telezoom ini dapat digunakan untuk foto landscape. Tentu saja bisa, tapi objek yang diambil adalah bagian depan. Yang berubah adalah posisi pengambilan gambar

Setiap foto memiliki nilai, tapi membuat foto yang WoW disebutkan perencanaan, atau dihasilkan pada situasi yang beruntung. Membuat foto dengan nilai 4 sangat sulit dalam kondisi biasa, bintang 5 membuat foto seperti ini adalah sempurna dan tanpa cela.



Bisa belajar dari pasangan baru yang pergi bulan madu ini. Jangan mengabadikan foto dengan camera murah, hasilnya tidak pasti. Kirsty dan suaminya asal Inggris baru menikah dan jalan jalan ke Brasil. Hasilnya tidak pasti dan seluruh gambar blur

Apa yang dimaksud dengan lensa parfocal, lensa tersebut mengunakan aperture tetap. Dan perbedaan antara varifocal sebagai lensa biasa. Mau di zoom atau normal, lubang lensa akan tetap sama pada lensa parfocal. Seperti lensa Canon 17-40 f4 atau nikon 24-70 f2,8 AF-S.

Artis computer Andreaas Brueckl memperbaiki tampilan video dari bintang iklan Arri Alexa untuk produk Garnier. Pengerjaannya hanya 30 menit dalam video yang dibuat 3 menit ini. Memperlihatkan bintang iklan tampil begitu cantik dan gambar menjadi tajam. Proses dilakukan melalui computer

Dengan membawa tripid, mencari tempat yang baik dan jauh dari polusi udara. Setting camera 20 detik dan tunggu saja sampai muncul gambar di LCD. Ian juga memperlihatkan video timelapse dari galaksi Bima Sakti di akhir video

Lebih baik Canon vs Nikon. Kedua merek memiliki perbedaan, khususnya di kelas high end. Nikon memiliki Dynamic Range, tapi Canon memiliki banyak varian dari lensa. Satu lensa favorit Canon tidak tersedia di merek lain.

Rumus mengambil foto star dan galaksi. Terserah untuk single shot atau multi shot untuk foto stacker atau untuk foto Timelapse stargazer Rumus paling umum dipakai dengan lensa 16mm, f2.8, 25 detik, ISO 3200.

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus



Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari. Hobi foto malam hari disebut Nightscapes, khusus untuk mengabadikan keindahan malam hari atau membuat foto bintang.

Fotographer bintang Michael Shainblum mengatakan yang dibutuhkan hanya camera DSLR dan lensa Wide, tidak perlu teleskop untuk membuat foto bintang. Hasil fotonya bagus dan dia menceritakan pengalaman dari camera yang dimiliki.

Mengambil gambar close up untuk kalangan eksekutif diceritakan oleh Jay.P.Morgan. Setiap personal yang akan di foto memerlukan trik dalam pencahayaan. Cahaya lampu harus dikurangi agar tidak terlalu terang di foto, pengaturan ulang cahaya berbeda dari masing masing objek foto,




No popular articles found.