Berapa lama bulan benar benar penuh.

Waktu bulan purnama secara penuh hanya terjadi 1 menit sebelum waktu tersebut. Sisanya terlihat purnama tapi tidak penuh seperti perhitungan orbitnya.

Pertanyaan kedua dari Nasa. Apakah hari dari bulan purnama benar benar penuh 100%.

Dijawab tidak, karena dalam sehari saja bulan purnama tidak selalu diterangi cahaya matahari secara penuh dan sebagian cahaya matahari akan terhalang bayang bumi.



Hal lain bila membaca bulan purnama dari media bahasa Inggris. Lihat dahulu tanggal penentuannya. Misalnya tanggal dari waktu Amerika harus ditambahkan 1 hari untuk waktu di Indonesia.

Bila disebut bulan purnama terjadi pada tanggal 8, tapi bulan purnama sebenarnya terjadi pada tanggal 9 di Indonesia. Hampir semua media harian mengunakan fase bulan dari perhitungan US Naval Observatory (NV). Akurasi fase bulan tercatat dari tahun 1700 sampai 2035. Penentuan waktu paling mudah adalah UT -  Universal Time atau GMT. Jadi harus di konversi kembali ke waktu di tempat kita berada. +7 untuk jam WIB

Contoh pada Agustus 2013, waktu dari NV mengatakan bulan purnama terjadi 21 Agustus. Tapi di Amerika baru sudah terjadi pada tanggal 20 Agustus.

Bulan memiliki orbit selama 29,53 hari. Orbit bulan disebut Synodic atau pertemuan waktu bulan baru atau bulan tidak terlihat dari bumi.

Foto Bulan Purnama 5 November 2014

Tanggal bulan purnama tahun 2017 - 2018
 


2017
Bulan purnama tanggal 12 Januari 2017. Disebut bulan serigala atau Wolf Moon. Berdasarkan kalender suku asli Amerika, di masa tersebut serigala lapar melolong selama musim dingin. Mereka berkumpul di dekat desa.
Nama lain adalah Old Moon, atau Thunder Moon, dan di bumi selatan disebut Hay Moon karena bertepatan dengan musim panas.

Mei 2017
Disebut bulan Bloom Moon. Terjadi pada tanggal 10 Mei 2017. Bersamaan dengan hari Waisak, bulan akan terlihat lebih kuning.

Juni 2017
Masyarakat barat menyebut Strawberry Moon, atau tepatnya mini strawberry moon, nama lain Honey Moon dan Rose Moon. Bulan purnama tanggal 9 menjadi bulan purnama terkecil di tahun ini. Karena posisi bulan purnama berada pada jarak palaing jauh.

September 2017 disebut Corn Moon, atau bulan berwarna kuning.

Kumpulan foto bulan purnama di Google+