Planet baru terbentuk di foto dari teleskop ALMA dari bintang HL Tau


Kategori : Science | Date : 7 November 2014
Sebuah bintang HL Tau sedang dikelilingi oleh cincin debu dan gas. Kali ini difoto dari teleskop raksasa Atacam Large Milimeter di Chile. Disana sedang terbentuk tata surya baru, termasuk pembentukan bintang dan planet.

HL Tau atau disebut juga HL Tauri terletak 450 tahun cahaya. Berada di konstelasi Taurus. Bitang ini telah menjadi objek banyak peneliti, karena sudah satu embrio (cikal bakal terbentuknya sebuah planet) baru yang mengorbit bintang induknya. Walau sudah diperkirakan akan terbentuk pengamatan planet tersebut tidak mudah. Dengan teleskop ALMA akhirnya didapat sebuah gambar indah. Sebuah calon planet baru.

Peneliti sangat kagum melihat foto dibawah ini. Karena bintang HL Tau usianya tidak lebih dari 1 juta tahun. namun piring debu disana sudah penuh menjadi bibit planet. Pada gambar dibawah terlihat bintang HL Tau bersinar cerah di pusat cincin. Partikel debu raksasa yang mengitari bintang tersebut, perlahan akan saling menempel menjadi gumpualan. Lalu menjadi batuan dan terus membesar sampai menjadi proto planet (istilah planet yang baru terbentuk).

pembentukan bintang dan planet yang baru lahir foto di bintang HL Tau

Sebagian yang kita ketahui sebelum melihat gambar diatas. Semua masih berdasarkan teori, atau gambar animasi dan disain gambar dari para artis astronomi. Gambar diatas inilah foto asli dari sebuah tata surya baru.

Ilmuwan memperkirakan bintang HL Tau sekarang memiliki ukuran lebih kecil dari matahari kita. Tapi melihat jarak tepian dari disk proto planet dengan debu dan gas memiliki radius hampir 2x dari tata surya kita.

+ ALMA
Planet Gliese 832c disebut sebagai Super Earth, katanya bisa sebagai planet untuk tinggal manusia. Jaraknya hanya 16 tahun cahaya. Tetapi peneliti bukan mencari 2 planet Gliese 832c dan b, yang diharapkan ada temuan planet ke 3 diantara kedua planet tapi belum terlihat saat ini.

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet. Bagaimana bila sebuah planet berisi air saja. Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter



Sebuah planet dengan jarak 39 tahun cahaya dari Bumi ditemukan. Disebut planet GJ1132b memiliki ukuran sebesar bumi. Walau ukuran seperti bumi, tapi tidak ada kemiripan dengan kehidupan di Bumi. Karena kategori Exoplanet GJ1132b jauh dari kata ideal untuk di tinggali manusia.

Foto dibuat pada 3 Oktober 2017, memperlihatkan posisi Bumi dan Bulan dalam satu frame foto utuh. Diambil oleh camer HiRISE yang berada di pesawat ruang angkasa NASA Mars Reconnaissance Orbiter. Pesawat tersebut sedang meneliti planet Mars. Jadi foto yang diambil ini sangat jauh.

Planet baru yang terlihat oleh tim ESO dapat diperkirkan seperti apa bentuk planet nantinya terbentuk. Awalnya masih sebatas teori, sekarang mulai dibuktikan bahwa planet baru akan menyapu debu dan gas dari sisa bintang dan membuat planet tumbuh menjadi besar.

Pada tanggal 28 September 2015 sedang tayang Online jam 10:00 WIB. Satu lagi peristiwa langka dari dunia astronomi. Posisi bulan akan masuk ke bayang bumi. Dan memperlihatkan gerhana bulan total, tidak tertutup total tapi bulan masih terkena cahaya matahari dengan intensitas rendah. Bulan akan berubah warna, sedikit gelap atau kemerahan.

Mungkin tidak terbayangkan bila di sana tidak terlihat apapun, karena sebagian besar galaksi kita masih tertutup oleh debu dan gas. Dengan teleskop Spitzer di dalam sana dapat terlihat apakah sebuah tempat gelap tersebut memang tidak memiliki apapun.



Ilmuwan meneliti sebuah bintang di tata surya HATS, dan temukan sebuah planet gas seperti Saturnus. Mungkin ukurannya 100x lebih besar dari bumi. Ada yang unik dengan planet HATS-6b, benda tersebut ternyata  sangat dekat dengan bintang induknya

Teleskop Kepler menemukan tata surya yang mirip kembaran Bumi. Tata surya Kepler 444 diteliti selama 4 tahun. Disana adalah tata surya tua yang umurnya 11,2 miliar tahun, memiliki 5 planet seukuran bumi mengelilingi bintang. Di tata surya tersebut 2,5 kali lebih tua umurnya dari tata surya kita.

Pernah mendengar cerita planet X, planet yang tidak dikenal di tata surya kita sendiri. Mungkin planet ini memang ada, tapi jauh di kegelapan dan mungkin saja berada sangat jauh di luar planet Pluto. Tetapi jumlah planet tersebut tentunya tidak pasti, karena orbitnya begitu jauh, dan sulit diamati dari Bumi dengan teknologi yang ada

Tim dari Nasa akan membangunkan pesawat Horizon yang terbang di dekat planet Pluto musim panas tahun depan. Pesawat atau satelit kecil tersebut sudah menempuh 4,8 miliar km sejak tahun 2006.

Sebuah planet Wasp-18b tampaknya menganggu medan magnit dari bintang. Kok bisa planet malah menganggu bintang yang lebih besar. Planet Wasp-18b ternyata sebuah planet sangat besar dan disebut planet Jupiter yang panas dan sangat dekat dengan bintang induknya.

Dari semua planet di tatasurya memiliki keunikan tersendiri. Planet bumi adalah planet yang memiliki lapisan atmofer tebal dan memiliki oksigen. Mendukung kehidupan manusia saat ini. Tapi 2 planet lain menjadi planet terpanas, dan satu paling indah




No popular articles found.