Harddisk OEM atau Retail apakah berbeda


Hardware | 6 November 2014

Membeli computer atau notebook built-up umumnya diberikan harddisk tipe OEM atau Bare. Modelnya tertulis tapi berbeda dengan harddisk dipasaran. Apakah harddisk OEM / Bare tersebut memiliki kualitas berbeda dari harddisk biasa.

Harddisk OEM datang tanpa kemasan khusus, langsung dari pabrik ke perakitan computer. Beberapa harddisk juga dijual dengan paket OEM yang dikemas dengan plastik saja.

Sedangkan harddisk Retail kadang dikemas khusus dengan box. Membeli harddisk OEM kadang bisa ditemukan di toko retail. Tapi datang tanpa kabel dan manual dan terbungkus dengan segel plastik. Kata Bare sendiri diartikan paket segel dari harddisk yang terbungkus plastik anti statik dari produsen. Intinya harddisk dengan plastik saja disebut Harddisk OEM.

Untuk fungsinya semua sama, untuk menyimpan data. Ada perbedaan sederhana antara harddisk retail dengan harddisk OEM yang diberikan oleh produsen computer.  Kecuali garansi, mungkin harus dipertanyakan. Karena harddisk OEM datang dari mana saja, bisa dari kelebihan produk atau cabutan dari produsen dan kembali dijual ke pasar lokal.

Membeli harddisk OEM atau Retail. Sebaiknya mengambil model retail. Garansi yang diberikan akan resmi dari produsen.

WDC memberikan pengumiuman dibawah ini

There are no physical or developmental differences between our Retail and OEM hard drives

Retail hard drives (Example: WD1200JBRTL) are sold in a retail package and may include the accessories below:
  • Quick Installation Guide

  • Acronis Installation Software (must be downloaded)
OEM or Original Equipment Manufacturer hard drives (Example: WD1200JB) are sold to OEM Computer manufacturers or Distributors in bulk packaging (bare drive only).
  • OEM drives are sold without accessories or installation software.

  • OEM drives may not contain a warranty from Western Digital. When Western Digital sells hard drives to OEM computer manufacturers such as Dell, Compaq, Apple, etc, we sell these drives without warranty. The OEM computer manufacturer would include the hard drive under the warranty of the computer system that the hard drive was installed into.
Untuk garansi berbeda dengan komponen OEM dan Retail Kit dan informasi bisa dilihat via WDC

Desktop Drives: Model, Seri, Garansi Komponen, Garansi Retail
WD Purple PURX 3-year 3-year
WD Black AAEX, AALS, AALX, AZEX, FAEX, FAES, FALS, FASS, FZEX 5-year N/A
WD Blue (WD Caviar, WD Caviar SE, WD Caviar SE16, WD Caviar Blue) BB, LB, JB, PB, JD, JS, KS, KD, KS, ABKS, AABS, AAJS, AAKS, AABB, AAJB, AAKB, AAKX, AALX, AZEX, AZLX, EALX, EZEX 2-year N/A3
WD Blue WDBAAX N/A 3-year
WD Raptor X AHFD 5-year N/A
WD Green (WD Caviar GP, WD Caviar Green) EACS, EADS, AACS, AADS, EARS, EARX, EZRX, AZRX 2-year N/A
WD Green WDBAAY N/A 3-year
Mobile Drives:
WD Black BPKT, BPKX, BEKT, BEKX, BJKT 5-year N/A
WD Blue VE, UE, BEAS, BEVS, BEVE, BEVT, KEVT, TEVT, BPVT, JPVT, LPVT, TPVT 2-year N/A3
WD Blue WDBABC N/A 3-year
WD Green NPVT 2-year N/A


Berita terkait
Thecus N2350 mengunakan procesor ARM dan DDR4, sebuah storage dengan 2 port. Harga Thecus N2350 jauh lebih murah dibanding perangkat NAS merek lain. .

Pernah mengalami harddisk mau rusak atau sudah rusak, dan berbunyi Click ... Click ... Click atau Tek Tek Tek tanpa mau bekerja. Satu tip untuk menghentikan bunyi Click pada harddisk. Dan melihat harddisk akan rusak dengan SMART



Seagate tampilkan harddisk kapasitas besar untuk konsumen. Seagate Barracuda Pro dapat digunakan pada computer standar seperti PC desktop. Terpasang cache sangat besar untuk tipe harddisk dengan 256MB.

Western Digital memutuskan menyatukan model harddisk WD Green dan Blue menjadi WD Blue. Pembeli nantinya tidak kebingungan melihat fungsi dan pemakaian kedua model harddisk tersebut. Harddisk terbaru dari WD Gold untuk 24 jam

Ketika membeli SSD, yang dilihat adalah performa kecepatan read dan write. Setiap produsen mengeluarkan satu model SSD dengan berbagai kapasitas. Mengapa SSD kapasitas lebih kecil untuk model yang sama, memiliki performat lebih lambat

Berapa banyak harddisk gagal bekerja setelah lama dipakai. Pabrikan menyebut 600 ribu jam, tapi ada saja yang gagal sebelum waktunya. Apakah SSD lebih baik. Keduanya memiliki resiko yang sama, dan berbeda dengan data yang diberikan oleh produsen. SSD atau Harddisk lebih baik.

Toshiba mengumukan harddisk 6TB dari seri MC04. Selain kapasitas 6TB, tersedia 2TB, 3TB, 4TB dan 5TB. Seluruhnya memiliki kecepatan 7200 RPM. Mengunakan 5 platter dengan kecepatan tranfer read dan write 170MB/s dan 140MB/s



Akhir Agustus 2014 lalu Seagate telah mengumumkan akan menawarkan 8TB harddisk. Bulan Desember 2014 sudah muncul di daftar toko di Jerman dan Austria tertulis 8TB seharga 250 euro. Update Seagate wacana 10TB tahun 2015

Menjaga harddisk lebih lama bekerja. Jangan biarkan harddisk mengalami kepanasan, gunakan power supply yang baik agar memberikan power yang cukup, dan tidak memindahkan harddisk dari case bila tidak perlu.

Posisi mendatar tetap lebih baik dibandingkan vertikal, tetapi tidak banyak berdampak. Apakah akan merusak harddisk bila harddisk dipasang vertikal. Tidak juga, semua posisi aman bagi harddisk. Berapa lama umur harddisk bila di pasang dengan benar.

Versi ECS, sekarang membuat motherbord berkualitas. Apa beda motherboard murah dan motherboard mahal. Tentu ada, kualitas pastinya. Mengapa harga motherboard ada yang mahal dan murah. Apakah berbeda komponen atau berbeda perlengkapan yang disediakan.

Beberapa tahun lalu masih banyak ditemui keyboad jenis mekanik, ketika ditekan akan berbunyi klik klik klik. Banyak yang tidak menyukai karena suaranya berisik dan munculah keyboard jenis membran yang lebih halus serta tidak banyak menimbulkan suara.




No popular articles found.
< /body>