Lamborghini adalah mobil eksotik. Jarang yang memiliki, karena masuk kategori mobil super mahal. Tapi tidak semuanya indah dari nama Lamborghini. Setidaknya sudah 3 kali berpindah ke pemilikan. Perusahaan ini pernah dimiliki perusahaan investor dari Indonesia

Penjualan mobil Lamborghini awalnya terus merosot, tapi kembali bangkit pada tahun 1973. Sejak tahun 1973 sudah berganti 3 ke pemilikan. Dan sempat masuk daftar sebagai perusahaan sudah bangkrut di tahun 1978.

Perusahaan Chrysler Corp mengambil alih Lamborghini di tahun 1987. Lalu dijual kembali ke perusahaan keuangan MyCom Setdco dan perusahaan Indonesia dari group V.Power pada tahun 1994. Lalu kembali dijual ke Volkswagen dan sekarang dibawah nama grup Audi.

Pabrik Lamborghini awalnya tidak membuat mobil eksotik. Di tahun 1963 Ferruccio Lamborghini dari Italia membuat Lamborghini Trattori alias mobil traktor. Perusahaan ini sangat sukses dalam pembuatan mobil traktor. Dengan uang yang banyak, perusahaan tersebut membeli mobil Ferrari yang ketika itu bermasalah dengan sistem koplik dan dipelajari untuk di produksi sendiri.

Bahkan pernah diledek oleh pemilik Ferrari, katanya "kau adalah produsen traktor yang konyol". Bagaimana mungkin kamu mengetahui membuat mobil sport. Tidak kalah akal, pemilik perusahaan Lamborghini akhirnya membuat mobil sport sendiri. 4 bulan kemudian muncul Lamborghini 350GTV dan cerita konyol si Lamborghini berubah menjadi produsen mobil sport.



Nama Ferruccio bukan orang biasa. Dia pernah di isolasi oleh angkatan laut ke pulau Rhodes ketika perang dunia kedua. berlangsung. Karena Ferruccio sangat pintar dalam bidang mekanik atau khususnya mobil / montir ahli. Dia membuat persenjataan, memperbaiki mesin dari suku cadang yang lama. Ibarat manusia modern, ketika itu dia adalah Tony Stark yang mampu membangun reaktor nuklir di dalam gua.

Ketika model Lamborghini Aventador sedang dirancang, idenya muncul dari alam, olahraga dan gaya hidup. Atap kendaraan terinspirsi dari serangga kata kepala disain Lamborghini Mr. Perini. Garis depan dibuat seperti cahaya dan bayangan, tidak heran bila mobil yang satu ini sangat disukai pembeli karena disain yang menarik.



Dari mana logo mobil dengan banteng muncul di Ferruccio. Di tahun 1962 si pemilik perusahaan Lamborghini mengunjungi peternakan di Sevilla, ke salah satu peternak banteng ternama alias banteng tempur dari Spanyol. Begitu indah (menurut dia), akhirnya logo kendaraan Lamborghini mengunakan logo banteng yang mengamuk.

Satu kendaraan dengan mesin paling kuat di dunia adalah Lamborghini Aventador. Dengan edisi Aventador LP720 Roadster. Penjualan Lamborghini tidak banyak, dan baru di tahun  2003 penjualan kendaraan ini mulai menembus angka seratus mobil. Sebelumnya hanya beberapa puluh kendaraan saja pertahun. Sejak tahun 2006, 2007, 2008, 2012 dan 2013 sejak ditangani oleh Audi. Penjualan mobil Lamborghini mampu menembus 2000 unit. Tidak heran bila kendaraan ini sangat mahal karena dalam angka ribuan kendaraan saja, masih jauh sangat sedikit dibanding produk mobil biasa. Di tahun 2011 jumlah mobil yang dijual mencapai rekor tertinggi, tapi perusahaan Lamborghini kabarnya masih rugi.