Fenomena alam dalam ilmu fisik


Science | 3 November 2014

Beberapa hal tidak biasa di bumi ini dapat dilhat pada kehidupan sehari hari.

Seperti bulan tidak jatuh ke bumi, air yang mudah menguap dalam kondisi panas.

Atau posisi putaran badai berbeda antara di area utara dan selatan

Mengapa bulan tidak menabrak Bumi.

Sebuah benda bila dilempar akan jatuh ke bumi. Alasanya kareena daya tarik bumi.

Mengapa bulan tidak jatuh ke bumi. Alasannya karena bulan berputar dengan kecepatan tertentu.

Bila bulan tidak mengorbit ke bumi, maka bulan akan jatuh menabrak bumi. Dengan kecepatan putaran yang cukup bulan tidak akan jatuh ke Bumi bahkan menjauh.

Demikian juga posisi Bumi terhadap matahari, karena bumi mengorbit matahari membuat posisi bumi tetap di orbitnya dan tidak menabrak dan jatuh tertarik gravitasi matahari. Tetapi di beberapa planet dan bintang lain nasibnya berbeda. Biasanya dikenal dengan benda memakan benda lain. Walau saling mengorbit, gaya tarik dari gravitasi 2 benda dapat mendekatkan orbit keduanya dan bertabrakan.

Alam dapat melakukan keseimbangan yang sangat rumit sampai terbentuk menjadi sebuah tata surya. Seperti 9 planet  di tata surya kita selama ini bisa seimbang dan masih berada pada tempatnya.

mengapa bulan tidak jatuh ke bumi




Air adalah fenomena alam yang aneh.
Air sudah ada sebelum terbentuknya tata surya bahkan jauh lebih dahulu ada sebelum bumi terbentuk.

Air adalah senyawa paling penting di bumi tapi masih dari mana asalnya masih misterius dan berlawanan dengan hukum alam.

Air panas akan lebih cepat membeku dibanding air dingin. Sampai saat ini agak sulit dimengerti. Tapi fenomena ini dikenal dengan efek Mpemba yang diperkenalkan oleh Aristoteles.

Mengapa air panas lebih cepat beku

Air adalah senyawa yang langsung menjadi gas.
Umumnya bahan kimia memiliki proses perubahan dari benda padat menjadi gas, tapi harus melalui keadaan cair sebelum berubah menjadi gas.

Namun air mampu mengubah langsung dari bentuk solid cairain menjadi gas dalam kondisi tertentu. Disebut Sublimasi, seperti menyebabkan gletser menghilang ke udara dengan konsentrasi cahaya matahari membuat es langsung menguap. Demikian bahan logam arsenik sebenarnya dapat berubah langsung menjadi gas bila dipanaskan, dan berubah menjadi uap beracun.

Bumi besar dengan putaran tidak terlalu dirasakan di daerah kutub
Bumi dengan ukuran yang besar, gerakannya tidak terlalu dirasakan oleh manusia. Namun rotasi searah jarum jam membuat daerah di utara akan terasa dibelokan tanpa terasa, atau dikenal dengan efek Coriolis Force. Bagian permukaan bumi akan berbeda dengan posisi atmosfer dan terlihat lebih melengkung ke arah timur. Uniknya dibagian selatan terjadi kebalikannya. Membuat arah putaran badai akan berbeda antara badai di belahan utara dan selatan bumi.

Putaran badai di utara dan selatan berbeda



Itulah beberapa fenomena alam dalam ilmu fisik yang dapat kita rasakan dan lihat secara langsung.

Berita terkait
50 tahun lalu, missi Apollo pertama yang berangkat ke Bulan. Perbandingan Bulan dan bumi itu kecil. Tapi ukuran bulan cukup besar, setidaknya lebih besar dari planet Pluto. Ukuran bulan sebesar negara di Eropa. dingin kadang sangat panas. Bulan memiliki lebar 3500km, sedangkan bumi mencapai 12.700km. Foto terbaru antara Bumi dan Bulan pada jarak 400.000km. Alan Bean manusia ke 4 yang berjalan di bulan telah tiada, tersisa 4 astronot

2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red.Video melihat gambar dengan jarak 5 miliar, 10 miliar tahun cahaya jauhnya. Perubahan galaksi dari galaksi muda, galaksi yang berkembang dan galaksi yang telah matang. Mei 2019 Nasa merilis Hubble Legacy Field berisikan 265 ribu gaalaksi dari masa lampau sampai saat saat ini.



lmuwan sudah mendapatkan seluruh data dari isi galaksi Bima Sakti. Belum, dalam 10 tahun terakhir masih ada lagi temuan baru dengan galaksi kerdil atau galaksi kecil berada di pinggiran galaksi Bima Sakti. Disebut satelit galaksi Bima Sakti.

Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya. 2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti". Tapi peneliti mengatakan kondisinya berbeda dengan Bumi.

Mengapa nama planet disebut Kepler, Koi, Hat, Wasp dan lainnya. Demikian juga nama bintang bisa berbeda beda karena dinami dari nama kuno dan nama modern. Dahulu mengunakan nama rasi bintang atau nama binatang. Semakin banyak bintang dan galaksi ditemukan bintang dipisah menjadi 2 bagian. Sedangkan nama Galaksi dibuat dari sudut temuan

Tim astronomi dari universitas Yale dan UC Santa Cruz baru saja mengumumkan mereka menemukan galaksi paling jauh yang ditemukan saat ini. Galaksi EGZ-ZS8-1, diperkirakan memiliki jarak 13 miliar tahun cahaya. Bila dihitung mundur, baru terbentuk 670 juta tahun setelah alam semesta mulai terbentuk

Ukuran matahari relatif kecil, seandainya digantikan dengan bintang lebih besar. Seperti apa tampaknya di Bumi. Ini gambaran tentang astronomi , hasilnya akan lucu. Matahari akan tampak kembar, dan sangat besar. Tidak kuning tapi berwarna biru atau putih.



Pernah mendengar cerita planet X, planet yang tidak dikenal di tata surya kita sendiri. Mungkin planet ini memang ada, tapi jauh di kegelapan dan mungkin saja berada sangat jauh di luar planet Pluto. Tetapi jumlah planet tersebut tentunya tidak pasti, karena orbitnya begitu jauh, dan sulit diamati dari Bumi dengan teknologi yang ada

Para ilmuwan melaporkan mereka menemukan lubang hitam sangat besar yang disebut Quasar. Quasar adalah lubang hitam yang aktif , sementara banyak gas dan materi padat jatuh ke dalamnya. Tapi yang ditemukan oleh ilmuwan adalah benda ini selaras

Gunung Everest paling tinggi di bumi, tapi gunung paling tinggi dari titik dasar ada di gunung Mauna Kea. Menjulang dari dasar laut sampai keatas setinggi 10km. Kalau gunung tertinggi di seluruh tata surya.

Jika manusia terlalu lama berendam didalam air atau terkena air hujan terlalu lama, maka jari kaki dan tangan saja yang mulai keriput atau berkerut. Kejadian ini memang alami, dan terjadi ke semua orang.

Dampak dari kebisingan pesawat rupanya menjadi penyebab mengapa rasa makanan berubah. Hasil studi dilakukan dari 48 orang. Mereka di tutup matanya dan di uji untuk merasakan makanan manis




No popular articles found.
< /body>