Google sudah lama merancang smartphone lepas pasang. Seperti bagian camera bisa dicabut, atau nama lain smartphone modular dari proyek Ara. Perusahaan Taiwan Quanta akan menjadi suplier utama untuk smartphone merek Google. Rencananya smartphone Ara akan keluar tahun 2015.

Smartphone Project Ara modular

Sampai tahun 2015, perusahaan Quanta masih memimpin membuat produk notebook untuk merek HP dan Apple. Dan cukup kuat menerima pesanan dari Asus dan Acer. Tahun depan, produk notebook bukan target utama perusahaan Quanta. Karena pertumbuhannya relatif lebih lambat.

Quanta masih mengembangkan aplikasi 4G dan Project Ara yang dipesan oleh Google. Dari pesanan ini dapat menambah keuntungan perusahaan Quanta.

Beberapa perusahaan Taiwan juga mendapat pesanan dari merek China. Seperti Inventec menerima pesanan untuk membuat smartphone Xiaomi. Compal dan Winstron mulai masuk ke jaringan komponen untuk produk Apple. Sedangkan Quanta mendapatkan pesanan untuk jam Apple.

Update Januari 2015
Google akan menjual smartphone dari Project Ara pertama di Puerto Rico. Mengapa dijual disana, walau smartphone tersebut dirancang di Amerika. Seharusnya pasar Amerika dapat dijadikan contoh lebih dahulu menerima smartphone sistem modul tersebut. Google beralasan disana terdapat 2 perusahaan telekom dari Open Mobile dan Claro. Google akan menjual dengan sistem custom, satu truk dilengkapi printer 3D, dan pembeli bisa memesan sesuai model yang diinginkan.

Model kedua dari Project Ara Spiral 2 akan mendukung 3G, disusul untuk 4G LTE pertengahan tahun. Memiliki layar HD, 5Mpix camera, WIIF dan USB charger serta procesor Marvell dan Nvidia.




Update
Toshiba mendukung penuh pengembangan Project Ara. Toshiba membuat beberapa modul rancangan mereka, dari camera, media bar, tranferjet, wifi, display, sistem komunikasi wireless dan lainnya.
Teknologi video dari Project Ara Toshiba. Dapat merekam video dengan kecepatan 240 fps 1080p, 480 fps untuk 800x480 WVGA, bahkan 900 fps untuk QVGA 320x240p.

Rancangan procesor smartphone Ara dari Toshiba mengunakan PXA1928 64bit Quad Core LTE SOC, kecepatan 1,5Ghz, dukungan Cat 4 DL 150Mbps dan upload 50 Mbps. Sedangkan Marvell menyiapkan Voice Solutions

September 2016
Project Ara yang merancang smartphone modular, kabarnya dihentikan oleh Google. Tapi Google masih belum memberikan konfirmasi lebih lanjut. Bila berita tersebut benar, bisa dilihat proyek LG dan Motorola yang mirip dari rancangan smartphone modular. Kedua produk tersebut kurang berhasil menarik pembeli.