Galaksi NGC 7331 yang terang dan 4 galaksi kwintet akan bertabrakan


Kategori : Science | Date : 25 October 2014
Gambar yang tajam ini mengungkap galaksi yang terbesar dibelakang bintang dan debu dari galaksi Bima Sakti. Berada di batas utara dengan konstelasi Pegasus.

Gambar kanan yang terbesar adalah galaksi NGC 7331. Jaraknya hanya 50 juta tahun cahaya dari bumi. Bentuk spiral besar menjadi salah satu galaksi bercahaya, tidak termasuk dalam katalog galaksi di abad ke 18 dari Charless Messier.

Yang menganggu adalah gambar disebelah kiri bawah. Jarak galaksi tersebut sekitar 300 juta tahun cahaya. Disebut Kwintet dimana 4 galaksi akan bertabrakan. Keempat galaksi saling menarik satu sama lain, entah kapan keempatnya akan bergabung.

galaksi NGC 7331 dan 4 galaksi akan bertabrakan

+ Apod

Berita terkait
Sebuah galaksi disebut IRAS 16399-0937 terbentuk oleh 2 galaksi. Diperkirakan dahulunya kedua galaksi memiliki massa yang sama besar. Dan sekarang terlihat seperti gumpalan bintang dan debu. Tapi bukan bentuk galaksi yang terlihat untuk dipelajari, ada hal yang tersembunyi disana.

Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar. Atau ada galaksi tetangga letaknya tidak terlalu jauh. Tetapi galaksi yang satu ini kesepian, galaksi NGC 6503 ditemukan tahun 1987 berada di area Local Void



Beberapa tahun terakhir ilmuwan mencoba membuat simulasi dengan mengembangkan model dari supercomputer atas pembentukan alam semesta. Tapi tidak pernah berhasil membuat yang mereka inginkan. Simulasi computer membuat galaksi yang terbentuk terlalu besar, ada yang terlalu keci. Proyek Eagle akhirnya berhasil membuat simulasi hampir mirip.

Galaksi NGC 986 atau nama lain galaksi Dunlop 519 ditemukan tahun 1828 oleh astronomi James Dunlop. Letaknya 56 juta tahun cahaya, dan berada di formasi Fornax. Tapi galaksi ini unik, tidak spiral utuh seperti lingkaran melainkan memanjang.

Sekitar 6 galaksi yang diabadikan fotonya oleh teleskop Hubble dengan ukuran seperti Bima Sakti. Mereka bertemu selama 6 miliar tahun. Jarak galaksi tersebut berada 4 miliar tahun dari Bumi.

Sebuah galaksi yang letaknya 25 juta tahun cahaya dibuat foto oleh Hubble. Disebut galaksi ESO 373-8, setidaknya ada 7 galaksi lain di dekatnya dan galaksi ini menjadi grup NGC 2997. Anehnya bentuknya pipih tanpa ada objek lain di atas dan bawah galaksi

Galaksi M81 atau Messier 81 letaknya 12 juta tahun cahaya dan berada di konstelasi Ursa Major Bentuk galaksi M81 adalah spiral, tapi ada yang unik di galaksi ini. Nasa membuat gabungan gambar dari beberapa teleskop berbeda



Satelit observasi Chandra memiliki kemampuan untuk melihat objek diruang angkasa dengan sinar X-Ray. Sehingga dapat mengabadikan bintang yang memiliki thermal walau tertutup kabut atau debu di ruang angkasa.

Di konstelasi Triangulum ada sepasang galaksi yang diberi kode PGC 0974 dan PGC 9071. Keduanya cukup dekat dan terikat dengan grativitasi. Walau terlihat tidak ada gangguan di antara keduanya, mungkin saja kedua galaksi akan saling tarik menarik.

Gambar menakjubkan dari NASA mengambil 2 galaksi yang bertabrakan. Ditangkap oleh Hublle Space Telescope, Galaksi Sprial NGC 2936 dan Galaksi lain pendamping NGC 2937 atau dikenal sebagai Arp 142 memiliki bentuk elip

Umumnya sebuah galaksi memiliki 2 spiral atau lebih. Tetapi galaksi NGC 4725 hanya satu memiliki satu spiral saja. Mungkin aneh, tetapi biasa bagi penemuan di dunia astronomi.




No popular articles found.