Galaksi NGC 1291 seperti cahaya halo dari bayi bintang


Science | 25 October 2014

Galaksi NGC 1291 terletak 33 juta tahun cahaya dan terletak di area Eridanus. Bentuk galaksi ini unik, karena isi dari bintang disana masih bintang baru alias bintang muda. Membuat cahaya seperti cincin galaksi di luar inti galaksi

Biasanya galaksi terbentuk dengan lingkaran elips, atau membentuk lengan. Bentuk galaksi mewakili dari milaran bintang di dalamnya. Dan cahayanya membentuk sebuah gambar dari sebuah galaksi. Umumnya pembentukan bintang bisa berlangsung jutaan tahun, dan terbentuk secara acak. Setelah sebagian besar bintang sudah menyala, maka pola galaksi akan terlihat bentuknya.

Galaksi NGC 1291 lebih aneh, di bagian dalam terlihat berwarna biru atau bintang  yang sudah muncul dengan usia lebih tua. Bintang di bagian dalam sudah lebih dahulu menarik gas di sekitarnya. Mengapa terbentuk seperti lingkaran di luar dibanding di bagian dalam. Gas yang berada di galaksi ini menciptakan kegilaan dari pembentukan bintang baru.  Jadi sebagian bintang terbentuk diluar secara bersamaan dengan warna merah. Warna merah mewakili kekuatan cahaya bintang yang berusia muda.

Sementara dibagian tengah sudah tenang, aktivitas pembentukan bintang muda mulai bergeser di bagian luar galaksi.  Gas yang belum habis dimakan oleh bintang dibagian tengah baru tidak membentuk lagi bintang baru. Sedangkan sebagian besar bintang baru lebih banyak muncul ditepian galaksi.

Ini yang menarik, pembentukan bintang di sebuah galaksi belum tentu bersamaan, bahkan waktunya dapat berbeda jauh. Biasanya bintang terpencar dan terbentuk secara acak. Di galaksi NGC 1291 terlihat berbeda. Bintang lebih tua lebih siudah lebih dahulu terbentuk dibagian tengah, kemudian bintang baru secara seragam menyala di bagian luar sehingga terlihat seperti cincin.
  • Gambar pertama bila galaksi NGC 1291 diamati dengan teleskop biasa.Bagian tengah galaksi terlihat lebih kosong
  • Gambar kedua diambil oleh teleskop Galex diwakili cahaya biru adalah lingkaran bintang muda.
  • Gambar ketiga dari teleskop Spitzer. Teleskop Spitzer mengunakan sensor infrared seperti mengambil cahaya panas dari galaksi. Mengambarkan cahaya merah dari setiap bintang muda di bagian cincin galaksi.
NGC 1291 Ring Galaxy

Bentuk galaksi NGC 1291 memang aneh. Tapi masih ada lagi yang lebih unik. Seperti galaksi NGC 3081 memiliki cincin di dalam cincin. Atau galaksi NGC 1433 yang jaraknya relatif hampir sama sekitar 32 juta tahun cahaya adalah galaksi spiral, tapi lengan galaksi tersbut membentang sangat jauh

Berita terkait
Peneliti menemukan sebuah galaksi Dragonfly 44, ukurannya tidak besar tapi sepi dengan bintang. Setelah diteliti ulang, bintang disana terkumpul sangat kompak dalam cluster masing masing.

Tim peneliti Hubble berhasil mengabadikan bintang meledak. Jarak bintang Refsdal berada 10 miliar tahun cahaya. Muncul akibat gangguan gravitasi lensa dari kelompok galaksi di depan MACS J1149.5+2223. Setelah ditunggu selama 3 bulan akhirnya proses ledakan bintang dapat diabadikan dari teleskop ruang angkasa Hubble.



2 astronom amatir, satu mengunakan teleskop dan satu memproses gambar. Membuat detil gambar galaksi Andromeda atau M31 sekelas teleskop besar. Mengunakan teleskop dari Bumi dan di proses dengan computer di rumah untuk menghasilkan detil foto yang satu ini.

Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar. Atau ada galaksi tetangga letaknya tidak terlalu jauh. Tetapi galaksi yang satu ini kesepian, galaksi NGC 6503 ditemukan tahun 1987 berada di area Local Void

Ukuran matahari relatif kecil, seandainya digantikan dengan bintang lebih besar. Seperti apa tampaknya di Bumi. Ini gambaran tentang astronomi , hasilnya akan lucu. Matahari akan tampak kembar, dan sangat besar. Tidak kuning tapi berwarna biru atau putih.

Sekitar 6 galaksi yang diabadikan fotonya oleh teleskop Hubble dengan ukuran seperti Bima Sakti. Mereka bertemu selama 6 miliar tahun. Jarak galaksi tersebut berada 4 miliar tahun dari Bumi.

Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.



Walau teleskop Hubble sudah berumur 24 tahun, kemampuan teleskop ini masih handal untuk melihat apa benda yang terjadi di alam semesta. Salah satunya foto dibawah ini. Diambil selama 841 kali mengorbit dari bumi, dan menangkap gambar dari 10 ribu galaksi. Foto ini mengambarkan galaksi yang sangat jauh

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.

Galaksi M104 atau galaksi Sombrerp diambil pada bulan April - Mei 2012. Jaraknya 28 juta tahun cahaya, berada di konstelasi Virgo. Dinamakan Sombrero karena terdapat cahaya Halo piring galaksi ini, mungkin ada 2 galaksi berbeda disana.

Ada beberapa galaksi ditemukan tapi jaraknya begitu jauh. Mencapai 12 miliar tahun cahaya dengan bentuk cahaya merah. Diperkirakan bentuk galaksi tersebut baru berusia 1,6 miliar tahun ketika terjadinya pembentukan alam semesta.




No popular articles found.
< /body>