Iklan yang ditanam di aplikasi Android gratis semakin agresif. Bahkan tidak memberi pemberitahuan apakah sebuah aplikasi akan menampilkan adware dari si pembuat program.

Ant Smasher sudah di 50 juta kali terinstall dari Google Play. Tetapi aplikasi yang sama bisa di download di situs lain dan sengaja diberikan Adware. Aplikasi Android Network Signal Booster terdaftar diluar Google Play. Aplikasi tersebut sangat genjar membombardir dengan iklan. Itu hanya beberapa 2 contoh yang diberikan oleh situs keamanan BitDefender.

Satu lagi aplikasi Go Launcher Ex, sengaja membuat shortcut dan merubah search engine tanpa permisi. Dan sudah di download 500 ribu kali.

Di Inggris, adware teratas yang dipasang pada aplikasi Android adalah Adware.Mulad.A. Terditeksi 30% aplikasi Android dengan adware tersebut. Di ikuti Trojan.FakeDoc.A masuk ke aplikasi Battery Doctor.

Bila ingin mendownload aplikasi dari luar Google Play, ada baiknya mengaktifkan antivirus untuk Android. Bila di aplikasi sering muncul iklan , ada baiknya di uninstall. Kecuali aplikasi tersebut memang sangat dibutuhkan, dan penguna mau menerima gangguan munculnya iklan yang sengaja dimasukan dari pembuat