Bintang Beta Pictoris ada kelompok komet mengorbit


Kategori : Science | Date : 24 October 2014
Sebuah bintang muda di galaksi Bima Sakti baru lahir sekitar 23 juta tahun lalu. Ini bintang muda yang baru terbentuk, dibanding usia matahari sudah berumur 4 atau 5 miliar tahun.

Bintang Beta Pictoris masih mengalami masa kondensasi dan planet di sekitarnya mulai baru terbentuk dengan ukuran kecil. Selama proses pembentukan tata surya disana, dinamakan masa akresi. Jarak bintang Beta Pictoris tidak terlalu jauh, hanya 64,4 tahun cahaya dari bumi. Tatasurya ini berada di konstelasi Pictors.

Ada 2 hal yang menarik dari bintang muda ini dari Space
Disana terdapat komet yang mengorbit, dan dikatakan cukup aneh. Disebut Exocomet bisa terlihat di teleskop. Peneliti menemukan dua grup dari komet yang mendekati bintang ini sambil melepaskan es air yang menguap diruang angkasa. Memiliki buntut yang menjauhi arah bintang.

Ukuran bintang Beta Pictoris diperkirakan lebih besar dari matahari, sekitar 1.7x dari matahari kita.  Satu lagi yang unik, disana ditemukan sebuah planet Beta Pictoris B (sesuai urutan kode dari bintang). Jarak planet Beta Pictoris B ke bintang Beta Pictoris, planet ini adalah planet gas dan 11x lebih besar dari Jupiter. Keunikan lain dari planet Beta Pictoris B memiliki putaran 100.000km perjam atau 8 jam saja untuk putaran (satu hari waktu bumi).

Dibawah ini infografik tentang tatasurya Beta Pictoris.

bintang muda di dunia Astronomi Beta Pictoris

Galaksi yang ada di alam semesta kadang terbentuk dalam kelompok. Tapi area IDCS 1426 terlihat adanya kelompok galaksi dimana keberadaan mereka sangat jauh. Bahkan baru terbentuk ketika alam semesta juga baru melewati masa Big Bang. 10 miliar tahun cahaya jauhnya.

Bagaimana pembentukan bintang neutron. Apa yang ekstrim dari bintang ini. Disebut juga bola besi raksasa yang berputar cepat. Luciano ahli astrofisika, benda ini hanya memiliki ukuran 12km untuk menjadi bintang neutron. Bintang neutron terbesar PSR J2215-5135 dengan massa setara 2.3 kali dari matahari. 2 bintang GW170817 neutron bertabrakan melontarkan jet dengan 4x kecepatan cahaya.



Bintang Betelgeuse saat ini sedang sekarat. Ahli astronomi memperkirakan dahulunya bintang ini memiliki kembaran dengan ukuran lebih kecil dan bergabung. Awal perkiraan memiliki ukuran 200x dari matahari, ESO mengatakan bintang ini mencapai 1000x lebih besar. Bintang Betelgeuse diabadikan dengan resolusi tinggi, dipublikasikan 26 Juni 2017 oleh ESO

Bintang raksasa akan saling bertabrakan dan bergabung menjadi satu. Bintang MyCam, keduanya begitu dekat dan suatu hari akan bersatu menjadi ukuran lebih besar lagi. Sekarang keduanya saling mengorbit sangat dekat

Karena lensa gravitasi dari galaksi lain, Hubble menemukan 3 galaksi tersembunyi. Diperkirakan jaraknya mendekati 500 ribu tahun setelah terjadi Big Bang atau pembentukan alam semesta. Karena sangat jauh sekalee, bentuknya masih berwarna merah samar.

40 tahun masih sebatas teori, kali ini peneliti menemukan sebuah bintang TZO. Bintang dapat memakan bintang lain lalu bergabung menjadi satu. Bintang V2112 sebuah bintang raksasa tapi dikenal sebagai bintang Hyrid. Inti bintang utama digantikan oleh inti bintang neutron yang lebih kecil. Bila terbukti, tipe bintang TZO akan masuk sebagai klasifikasi bintang baru

Teleskop NuStar dirancang untuk mencari informasi lubang hitam. Tapi secara tidak sengaja menemukan hal berbeda. NuStar menemukan energi X-Ray sangat tinggi dari sebuah pulsar, tercatat sebagai radiasi paling tinggi yang pernah ditemukan di ruang angkasa.



Menjadi pertanyaan dimana batas antar atmosfer dan ruang angkasa. International Astronautical Federation memberikan tanda di ketinggian 100km, dimana atmosfer bumi tidak lagi melindungi manusia. Tahun 2009 kembali ditandai dengan alat Suprathermal Ion Imager pada ketinggian 118km.



No popular articles found.