Percobaan simulasi manusia selama 8 bulan mulai berlangsung di Hawai dilakukan oleh Nasa dengan proyek HI-SEAS.

Membuat simulasi di planet Mars, mereka akan ditutup dalam kubah selama waktu tersebut. Program ini di sponsori oleh Nasa dan universitas Hawai di Manoa dan menjadi program terpanjang dari Nasa untuk simulasi tinggal di planet Mars.

Apa yang dicari. Psikologi dari 6 orang yang ada di dalam kubah, bagaimana mereka bisa bekerja sama setidaknya selama 8 bulan. Kubah dengan ukuran 36 meter tersebut dibagi berapa ruangan, dapur, ruang makan, ruang kerja, kamar kecil, gudang dan dilantai atas terdapat kamar tidur, kamar kecil serta lemari.

Tapi hanya 1 jendela  dan sarana olahraga diberikan sepeda statik serta alat untuk berjalan statik. Ruangan dibuat semirip mungkin seperti kubah yang akan dibuat di planet Mars nanti.

Mars uji coba manusia tinggal di dalam kubah

Tidak ada layanan telepon, skype, dan pastinya siaran TV. Hanya email keluar masuk, tapi disimulasikan 20 menit seperti mengirim data dari planet Mars dan Bumi.

Satu orang diberikan 8 liter air perhari untuk semuanya. Memasak, minum, membersihkan diri. Nantinya di Mars, para astronot hanya mengkonsumsi makanan yang sudah dikeringkan.

Apa tantangan dengan uji coba ini. Dalam sebuah misi yang panjang, umumnya manusia rentan depresi karena terasa di isolasi dari luar. Ada rasa frustasi untuk meneruskan misi ditengah jalan. Terlebih dengan rekan kerja mereka yang memiliki kepribadian berbeda. Tapi tantangan terbesar adalah cahaya matahari, karena di dalam kubah tertutup praktis tidak bisa masuk.

Apakah mungkin manusia bisa tinggal di planet Mars. Data dari MIT dengan teknologi saat ini tidak dimungkinkan manusia tinggal di Mars. Dalam hitungan beberapa hari mereka akan merasakan perbedaan antara perubahan kandungan oksigen yang kurang. Dan lewat dari 1 bulan mereka akan meninggal.

September 17 2017
ke 6 orang yang diuji akhirnya berhasil menyelesaikan misi mereka pada tanggal 17 September 2017
Joshua Ehrlich, Ansley Barnard dan James Bevington bekerja di dalam fasilitas universitas Hawaii Space Exploration Analog and Simulation (HI-SEAS) di gunung berapi Mauna Loa, Big Pulau, Hawaii.

Mars uji coba manusia simulasi dan dampak psikologi di Mars

Agustus 2016
1 tahun berlalu, 6 relawan dari astrobiologis, fisikawan, pilot, arsitek, wartawn dan ahli geologi akhirnya menyelesaikan misinya. Menjadi misi terpanjang dalam percobaan sebelum manusia dikirim ke planet Mars. Setelah 6 orang tersebut terisolir dari alat komunikasi dunia luar, dan belajar melakukan komunikasi yang dibuat tertunda 20 menit seperti mengirim sinyal antara Bumi dan Mars.

Mars uji coba manusia tinggal di dalam kubah

Percobaan ketika sumber kebutuhan mereka yang sengaja dibuat terbatas. Menerima pasokan makanan yang dikirim hanya 4 bulan sekali, dan air 2 bulan sekali. Dan memakai pakaian antariksa bila keluar kubah, melakukan simulasi darurat seperti pemadaman listrik atau adanya alat yang rusak serta percobaan untuk melakukan evakuasi gelombang radiasi.

Misi Nasa ini sudah selesai, dan cerita tinggal 1 tahun di kubah tersebut akan dibuat sebuah film, mungkin akan tayang pada tahun 2018 oleh DeFilippo dan Gorringe. Dari tim Nasa akan memulai proses melelahkan dalam menganalisa percobaan astronot tersebut. Baik dampak psikologi dan tindakan relawan selama 1 tahun.

Misi percobaan ini belum berakhir, kabarnya ada 2 Hi-Seas yang akan dibuat, mungkin dimulai pada 2017 atau 2018 untuk pencarian relawan. Ada yang tertarik ikut, setidaknya menghilang dari peradaban selama 1 tahun.



Program simulasi Mars 2 Januari 2017
Program kedua dimulai oleh 6 ilmuwan dan merka akan ada di sebuah kubah baru selama 8 bulan. Diletakan di tempat terpencil di Hawaii dan proyek dipimpin oleh univertas Hawaii bersama Nasa.
6 orang tersebut akan bekerja untuk penelitian simulasi geologi dan tugas sehari hari di ruang berbentuk kubah dome seluas 365 meter. Berada di ketinggian 2.500 dari permukaan laaut atau di gunung Mauna Loa.
Disana tidak ada tumbuhan, tidak ada kontak ke luar. Komunikasi dibuat sama seperti komunikasi Bumi ke Mars dengan waktu tunda 20 menit.
Para ilmuwan akan menyiapkan makanan sendiri, latihan, penelitian dan kerja lapangan mengunakan pakaian astronot layaknya tinggal di planet Mars.