Komet Sliding Spring C /2013 A1 melintas planet Mars dan NASA sibuk karena benda ini berasal dari Oort


Kategori : Science | Date : 16 October 2014
Nasa sedang sibuk menyiapkan semua peralatan untuk menangkap komet C /2013 A1. Komet ini akan melintas di dekat planet Mars pada 19 Oktober 2014. Komet komet C /2013 A1 dikenal dengan komet Siding Spring dan berasal dari Oort Cloud. Daerah tersebut dikenal dengan objek batuan es dan diperkirakan mencapai 1-2 triliun objek es (asteroid) berada disana. Letaknya sangat jauh melampaui dibelakang orbit planet Pluto.

Mengapa batu seperti ini menarik untuk dikejar. Karena bahan dari awan Oort dianggap memiliki materi purba ketika terbentuknya tata surya. Menjadi kapsul waktu bila manusia bisa mendapatkan materi dari benda tersebut. Benda seperti komet C /2013 A1 tidak pernah melintas masuk ke dalam orbit tata surya. Sehingga menarik ilmuwan untuk mempelajari lebih lanjut setelah melihat kehadiran komet ini. Nasa menugaskan 16 peralatan di ruang angkasa, observasi, dan rover untuk mengambil semua data yang bisa mereka dapatkan. Termasuk mengetahui kecepatan rotasi, komposisi dan ukuran komet C /2013 A1. Kecepatan lintasan komet mencapai 200 ribu km perjam dan berada diatas permukaan planet Mars di ketinggian 140 ribu km.

Nasa mengatakan kita hidup di jaman keemasan atau waktu terbaik bagi manusia bisa tinggal di bumi seperti saat ini. Sekarang saatnya untuk mencari pengetahuan dari para pengembara misterius (komet) ini dan mempelajari mereka.

NASA Hunting Sliding Spring Comet 19 October 2014

Satu lagi yang sedang berlangsung adalah pesawat Rosetta, bulan depan akan melepas sebuah rover diatas komet yang sudah dikejar oleh Nasa selama bertahun tahun. Tujuannya sama untuk melihat seperti apa bahan yang ada dari komet 67P/Churyumov tersebut



Tata surya dibelakang planet Pluto
Dimana letak Oort Cloud sebagai asal sumber komet ini. Letaknya berada di sabuk Kuiper atau sabuk kedua di tata surya dibelakang planet Pluto, setelah sabuk asteroid pertama dibelakang planet Mars. Di daerah tersebut masih terus ditelili oleh para astronom. Kebanyakan benda disana berukuran kecil dan disebut Dwarf Planet atau planet kerdil. Kategori ini memasukan jenis planet yang lebih kecil dari Pluto termasuk asteroid yang cukup besar, tetapi ukurannya bulat.

Maret 2004 sebuah tim Astronomi menemukan planet lain yang mengorbit matahari. Disebut planet Sedna menjadi planet terjauh setelah Pluto dengan orbit 10.500 tahun sekali. Bahkan orbitnya sangat elips mencapai jaraak 76 sampai 1000AU dari matahari. Memiliki ukuran lebih besar dari planet Sedna

Juli 2005 tim ilmuwan menemukan lagi objek di sabuk Kuiper tersebut. Awalnya diperkirakan memiliki ukuran 10 persen lebih besar dari Pluto, terakhir diketahui lebih kecil dari planet Pluto. Awalnya disebut 2003UB313 dan dirubah menjadi planet Eris serta ditemukan memiliki bulan kecil yang dinamai Dysnomia. Mengorbit matahari 560 tahun sekali dan jaraknya dibelakang Pluto. Memiliki diameter 2300km

Juli 2008 satu lagi benda terbesar di sabuk Kuiper dinamai 2005FY9 atau Easterbunny. Bentuknya seperti planet kerdil dan kembali diberi nama Makemake.


September 2008 kembali ditemukan planet kerdil lain disebut Huamea.

Planet VP113 baru ditemukan tahun 2012. Bentuknya besar dan bulat. Tapi masuk ukuran planet kerdil seperti Eris

Penelitian lebih lanjut dengan pesawat ruang angkasa di sabuk Kuiper masih melakukan perjalanan. Pesawat Horizon akan tiba disana pada tahun 2015 baru tiba di Pluto, setelah itu melanjutkan perjalanan ke sabuk Kuiper.

Letak awan Oort dibawah ini, diamil dari data planet VP113


Berita terkait
Planet Pluto sudah dikeluarkan dari daftar planet tata surya. Karena memiliki putaran berbeda melawan putaran dari planet lain. Dianggap sebagai planet dari gugus luar yang akhirnya memutar di orbit matahari. Apakah ada yang tahu ada berapa bulan di Pluto, ada 5 dan satu yang unik

Planet Ceres awalnya hanya berbentuk asteroid. tapi sekarang berganti nama menjadi planet kerdil Ceres pada tahun 2006. Ilmuwan mengatakan disana kemungkinan banyak sekali air. Orbit planet Ceres terletak di planet Mars. Dan berada di sabuk asteroid dalam tata surya.



Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Menjadi planet ke 10, tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.




No popular articles found.