Pengembangan kapasitas harddisk akan mencapai kapasitas 100TB, setidaknya 10 tahun mendatang. Meningkatnya kapasitas harddisk di dorong oleh kebutuhan tayangan video 4K. Saat ini harddisk akan mencapai 10TB, tapi 1-2 tahun lagi akan meningkat sampai 15TB

TDK membuat head harddisk dengan dukungan head-assisted magnetic recording (HAMR) minggu lalu. Teknologi head baru ini ditampilakn di pameran Ceatec. Nantinya head HAMR dapat membaca harddisk generasi baru sampai 15TB. HAMR memiliki kestabilan dalam mencatat data.

Kapan harddisk 15TB akan tampil. Mungkin di akhir tahun 2015 atau awal 2016 kata TDK. Model pertama dengan head HAMR akan langsung mencapai 15TB sebagai kapasitas terbesar. Untuk ukuran 2,5 inch nantinya dapat dibuat sampai 6TB.
  1. Saat ini kapasitas harddisk mengunakan teknik Perpendicular Magnetic Recording (PMR). Dengan kerapatan maksimum 0.86 TBpsi.
  2. Generasi selanjutnya mengunakan Heat Assisted Magnetic Recording (HAMR), diperkirakan menambah kapasitas harddisk antara 15-30%.
  3. Generasi HMR dilanjutkan dengan BPMR, atau Patterned Magnetic Recording dengan SMR dan TDMR. Mungkin tersedia antara tahun 2021 sebelum melangkah ke generasi selanjutnya.
  4. Pada tahun 2023 generasi baru dengan teknik HDMR atau Heated Dot Magnetic Recording (kombinasi HMPR+HAMR). Meningkatkan kapasitas plat harddisk 10x lebih banyak untuk menampung data. Teorinya disini, sebuah harddisk dapat menampung 100TB.
Standar harddisk mungkin tidak akan goyah dengan munculnya SSD. Walau lambat, kapasitas besar dan murah masih lebih ekonomis untuk penyimpanan data dengan harddisk.

Teknologi harddisk PMR HMR HMPR

Oktober 2017. WD lebih memilih mengunakan teknologi MAMR, karena harddisk bekerja lebih dingin dibanding teknologi HAMR.
Harddisk 40TB bisa hadir di tahun 2025 dengan kerapatan 4 Tbit per inci persegi
MAMR harddisk mungkin tidak terlalu lama, dimulai dari kapasitas lebih kecil sudah digunakan datacenter di awal 2018.

MAMR sebagai Microwave Assisted Magnetic Recording. Mengandalkan gelombang microwave untuk meningkatkan kemampuan merekam data kepadatan tinggi tanpa mengorbankan kemampuan harddisk.

Teknologi harddisk Western Digital MAMR