Bintang dalam peta Star Trek vs Gaia Satellite


Stuff | 12 October 2014

Mungkin kita percaya dengan film Star Trek. Data dari film Star Trek mungkin dikisahkan memuat data sangat besar tentang bintang. Itu film fiksi, bagaimana di dunia astronomi. Catatan galaksi Bima Sakti akan tercatat, setidaknya akan lebih lengkap dari cerita film Star Trek.

Pesawat Star Trek memiliki kecepatan Warp 5.2. Atau lebh cepat 140x dari kecepatan cahaya. Contoh dalam episode Broken Bow pesawat Star Trek mencapai kecepataan 4,5 Warp. Kecepatan tersebut cukup untuk pergi ke planet Neptunus dan kembali ke bumi dalam 6 menit. Terakhir film Star Trek menceritakan kecepatan pesawat mencapai sampai 14.1 Warp sebagai pengujian kecepatan maksimum.
Walau kecepatan tersebut lebih cepat dari kecepatan cahaya. Jarak 1 tahun cahaya masih terlalu jauh untuk kapal di film Star Trek ini.

ESA program antariksa Eropa sudah mengirim satelit Gaia. Satelit Gaia diluncurkan 2013 dari Guyana Perancis mulai merekam semua informasi bintang di galaksi Bima Sakti dengan teleskop kembar.
Satelit ini sedang mengumpulkan data amat banyak. Setidaknya 1 milliar bintang dan benda lain selama 5 tahun. Tapi itu belum selesai, dan masih menunggu sampai 17 tahun untuk merekonstruksi semua isi galaksi kita dalam bentuk 3 dimensi.

Xavier Luri kepala arsip Gaia dan salah satu penulis yang mengajukan rancangan Gaia mengatakan ada perbedaan antara peta film Star Trek dengan misi Gaia. Satelit Gaia dapat mengitung secara tringulasi untuk perhitungan jarak antar bintang dengan metode paralak. Satelit ini dapat menghitung jarak sebuah bintang dan dipetakan.
Begitu besarnya data yang diambil. Konsursium ini ditangani oleh 450 ilmuwan dan insinyur dari 24 negara. Bila semua sudah selesai, hasilnya adalah data sebagian besar bintang yang ditampung setara 1,5 juta keping CD.

Seperti peta gambaran film Star Trek (di gambar pertama). Peta perang antar mahluk di film fiksi tersebut masih di sekitar lingkaran dekat bumi. Terdapat Romulus, Vulcan Qo Nos, Bajor dan lainnya. Mereka diceritakan tidak jauh dari tempat tinggal kita di bumi.
Sedangkan gambar kedua adalah bentuk dari lengan galaksi yang sedang dipetakan oleh satelit Gaia. Mencakup data berwarna merah dan terjauh merah muda. Jauh lebih besar dan lebih lengkap dari peta bintang yang diceritakan di film Star Trek



Setidaknya kita harus menunggu beberapa tahun lagi untuk melihat sepeti apa bintang yang ada di galaksi kita. Khususnya peta dalam bentuk 3 dimensi yang akurat.

Berita terkait
Bagaimana pembentukan bintang neutron. Apa yang ekstrim dari bintang ini. Disebut juga bola besi raksasa yang berputar cepat. Luciano ahli astrofisika, benda ini hanya memiliki ukuran 12km untuk menjadi bintang neutron. Bintang pulsar J0740+6620 paling masif ditemukan setara kepadatan 2.14x  matahari

Sean mahasiswa pHD astronomi membuat video di puncak gunung Mauna Kea Hawai. Foto diabadikan dekat dengan teleskop observasi. Walau mengunakan camera Canon, dia lebih mengandalkan lensa produsen non Canon. Untuk mengisi baterai, mengunakan baterai lithium RC sebagai powerbank.



Astronomi umumya mengunakan alat star tracker untuk mengikuti pergerakan bintang. Fungsinya mengambil foto dengan durasi panjang dari exposure, dan cahaya dapat ditangkap lebih kuat. Apakah bisa mengabadikan bintangyang gelap tanpa alat ini.

Menjadi pertanyaan dimana batas antar atmosfer dan ruang angkasa. International Astronautical Federation memberikan tanda di ketinggian 100km, dimana atmosfer bumi tidak lagi melindungi manusia. Tahun 2009 kembali ditandai dengan alat Suprathermal Ion Imager pada ketinggian 118km.

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.

Astronomi kali ini menampilkan sebuah foto galaksi payung atau setidaknya berbentuk payung di sisi galaksi utama. NGC 4651 memiliki bagian buntut yang tertinggal, bagian tersebut sebenarnya sampah dari tabrakan 2 galaksi yang terjadi.

Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.




No popular articles found.
< /body>