Google Chrome browser memiliki beberapa dan dapat di download di Google Webstore. Disebut aplikasi Extension, Apps dan Themes. Membuat software Chrome tidak hanya sebagai browser saja, tapi beberapa aplikasi sederhana dapat di install.

Salah satu aplikasi seperti Exif Viewer. Aplikasi ini bekerja di browser Chrome. Fungsi aplikasi Exif Viewer digunakan untuk melihat informasi dari data sebuah foto. Cocok bagi mereka yang suka fotographer dan melihat data foto orang lain.

Misalnya melihat setting camera dari sebuah foto. Dari jenis camera yang dipakai dari sebuah foto, tanggal pengambilan foto, setting di caamera, ISO, sampai ukuran milimeter lensa dalam pengambilan gambar, walau tidak disebutkan merek lensanya.

Seperti aplikasi Adobe Photoshop atau Lightroom dapat melihat data Exif dari sebuah foto. Perbedaan dengan Google Chrome Exift Viewer, data foto dilihat di browser computer.

Untuk menginstall aplikasi Chrome Exif Viewer tinggal di ambil via Google Webstore dari browser Chrome.
Dan pilih cari Exif Viewer
Ukuran file aplikasi ini sangat kecil hanya 14KB, dan Free tinggal di click seperti gambar dibawah, nantinya muncul pilihan Add.




Bagaimana mengunakan Exif Viewer.






Akan muncul daftar aplikasi yang sudah di install di Extension Google Chrome seperti dibawah. Pilih icon Exif Viewer. Nantinya aplikasi Exif Viewer akan muncul di depan browser Chrome.




Sebuah Windows akan muncul. Windows tersebut adalah aplikasi Exif Viewer.
Bagaimana membuka data sebuah foto, tinggal di click pada tanda bintang.




Akan muncul satu Windows, untuk membuka file JPG (Exif Viewer hanya dapat membuka data foto file JPG)



Seperti gambar dibawah. Data sebuah foto dapat tampil di browser dengan aplikasi Exif Viewer. Seperti model camera, ISO dan data lainnya.



Aplikasi ini memudahkan bagi mereka yang ingin belajar fotografi. Bila melihat sebuah foto yang bagus, tinggal di download ke computer. Lalu pelajari setting dari pengambilan foto tersebut. Seperti setting pada camera, tanggal berapa diambil, tanggal berapa sebuah foto dirubah ke JPG, atau melirik lensa yang dipakai akan tampil di aplikasi Exif Viewer.

Adobe Lightroom
Umumnya software ini digunakan untuk fotografer. Di dalam software terdapat pilihan untuk
Melihat lokasi foto yang dibuat.
Memasukan data lokasi foto oleh pemiliknya

Contoh dibawah ini dengan Lightroom

Memasukan lokasi foto dengan software Lightroom

Google Photos
Di Google Photo juga menampilkan data Exif.

Seperti foto dibawah ini. Lengkap dari data camera, smartphone, setting camera dan lainnya dapat disimpan di dalam foto. Dan Google Photo dapat memberikan informasi lokasi dan informasi lain, dengan menekan tanda ! di menu atas.

Google Photo Location lokasi GPS dari foto

Yang melihat dapat memperbesar gambar (Zoom) sambil melihat data foto yang ada di sisi kanan. Foto di Google Photo

Google Photo Location lokasi GPS dari foto

Kita dapat menambahkan data foto dengan lokasi foto
Bagaimana bila camera biasa seperti DSLR atau pocket camera tidak memiliki fitur GPS.

Misal melakukan perjalanan, dan membuat banyak foto selama perjalanan. Dan mengabung data GPS lokasi dari smartphone ke camera DSLR yang tidak memiliki pencatat lokasi foto.
Dengan mencocokan waktu yang sama dengan smartphone, file GPS Logger dari GPS dapat dimasukan ke foto mengunakan aplikasi GPICsync

Dengan catatan bila pembuat foto memang memberikan data dari hasil foto yang dibuat. Informasi sebuah foto dapat dilihat, bila disembunyikan maka data dari foto tidak akan tampil.