Google Chrome Exif Viewer melihat data sebuah foto


Software | 11 October 2014

Google Chrome browser memiliki beberapa dan dapat di download di Google Webstore. Disebut aplikasi Extension, Apps dan Themes. Membuat software Chrome tidak hanya sebagai browser saja, tapi beberapa aplikasi sederhana dapat di install.

Salah satu aplikasi seperti Exif Viewer.

Aplikasi ini bekerja di browser Chrome. Fungsi aplikasi Exif Viewer digunakan untuk melihat informasi dari data sebuah foto. Cocok bagi mereka yang suka fotographer dan melihat data foto orang lain.

Misalnya melihat setting camera dari sebuah foto. Dari jenis camera yang dipakai dari sebuah foto, tanggal pengambilan foto, setting di caamera, ISO, sampai ukuran milimeter lensa dalam pengambilan gambar, walau tidak disebutkan merek lensanya.

Seperti aplikasi Adobe Photoshop atau Lightroom dapat melihat data Exif dari sebuah foto. Perbedaan dengan Google Chrome Exift Viewer, data foto dilihat di browser computer.

Untuk menginstall aplikasi Chrome Exif Viewer tinggal di ambil via Google Webstore dari browser Chrome.
Dan pilih cari Exif Viewer
Ukuran file aplikasi ini sangat kecil hanya 14KB, dan Free tinggal di click seperti gambar dibawah, nantinya muncul pilihan Add.




Bagaimana mengunakan Exif Viewer.






Akan muncul daftar aplikasi yang sudah di install di Extension Google Chrome seperti dibawah. Pilih icon Exif Viewer. Nantinya aplikasi Exif Viewer akan muncul di depan browser Chrome.




Sebuah Windows akan muncul. Windows tersebut adalah aplikasi Exif Viewer.
Bagaimana membuka data sebuah foto, tinggal di click pada tanda bintang.




Akan muncul satu Windows, untuk membuka file JPG (Exif Viewer hanya dapat membuka data foto file JPG)



Seperti gambar dibawah. Data sebuah foto dapat tampil di browser dengan aplikasi Exif Viewer. Seperti model camera, ISO dan data lainnya.



Aplikasi ini memudahkan bagi mereka yang ingin belajar fotografi. Bila melihat sebuah foto yang bagus, tinggal di download ke computer. Lalu pelajari setting dari pengambilan foto tersebut. Seperti setting pada camera, tanggal berapa diambil, tanggal berapa sebuah foto dirubah ke JPG, atau melirik lensa yang dipakai akan tampil di aplikasi Exif Viewer.

Bagaimana mengetahui lokasi foto diambil dengan Exif Viewer

Bila foto dibuat dengan smartphone, atau camera yang dilengkapi GPS aktif.
Kemungkinan foto akan menyimpan data lokasi

Dengan Exif Viewer, data tersebut dapat tampil. Ditunjukan dengan nomor Latitude dan Longitude, yang artinya koordinat lokasi di bumi.
Catat angka Latitude disusul tanda Koma dan angkat Longitude, dan memasukan ke Google Maps.







Adobe Lightroom

Umumnya software ini digunakan untuk fotografer. Di dalam software terdapat pilihan untuk
Melihat lokasi foto yang dibuat. Atau kita sendiri yang memasukan data secara manual ke dalam foto.
Agar orang lain dapat mengetahui dimana kita membuat foto.

Contoh dibawah ini dengan Lightroom

Memasukan lokasi foto dengan software Lightroom

Google Photos

Bila anda memiliki akun Google Photo. Di Google Photo juga menampilkan data Exif.
Tidak selengkap data Exif Viewer yang memperlihatkan semua Metadata dari foto.
Bila kita membuat sebuah foto dengan lokasi di aktifkan, atau memiliki foto orang lain dan diambil dengan lokasi yang aktif.
Kita tinggal mengupload ke Google Photos, lokasi foto akan langsung terlihat

Seperti foto dibawah ini. Lengkap dari data camera, smartphone, setting camera dan lainnya dapat disimpan di dalam foto. Dan Google Photo dapat memberikan informasi lokasi dan informasi lain, dengan menekan tanda ! di menu atas.

Google Photo Location lokasi GPS dari foto

Yang melihat dapat memperbesar gambar (Zoom) sambil melihat data foto yang ada di sisi kanan. Foto di Google Photo

Google Photo Location lokasi GPS dari foto

Kita dapat menambahkan data foto dengan lokasi foto

Bagaimana bila camera biasa seperti DSLR atau pocket camera tidak memiliki fitur GPS.

Misal melakukan perjalanan, dan membuat banyak foto selama perjalanan. Dan mengabung data GPS lokasi dari smartphone ke camera DSLR yang tidak memiliki pencatat lokasi foto.
Dengan mencocokan waktu yang sama dengan smartphone, file GPS Logger dari GPS dapat dimasukan ke foto mengunakan aplikasi GPICsync

Dengan catatan bila pembuat foto memang memberikan data dari hasil foto yang dibuat. Informasi sebuah foto dapat dilihat, bila disembunyikan maka data dari foto tidak akan tampil.

Berita terkait
Bagaimana sebuah video bercerita tentang pesawat. Pesawat jet komersil Ukraina PS752 pada 8 Januari 2020 jatuh, disebut kecelakaan. Tapi bukti lain menunjukan insiden tidak biasa. New York Times merilis video kedua, dan insiden tersebut menunjukan pesawat 2 kali ditembak.

Software Lightroom adalah aplikasi untuk edit foto profesional. Tambahan fitur Brush dan Mask, Smart Collections, Auto Rename, Custom Preset import dan export, Dodging Burning, multimonitor. Lightroom Classic 2020 v9.1.0.10 Des 2019 di Windows 10 diumumkan oleh Adobe.



Kapal selam terbaru dikembangkan pada abad ke 21. Disebut kapal selam dengan mesin AIP sistem Stirling. Mengapa kapal selam baru menarik digunakan beberapa negara. Setidaknya 10 negara mampu membuat kapal selam lebih kecil. Tugas untuk mengawasi wilayah pesisir, tapi kemampuan menyusup lebih baik dari kapal selam besar.

Bagaimana membuat foto jalan menjadi video bergerak. Dengan Google Street View, foto jalan dapat direkam dari computer tidak perlu keluar rumah. Update bisa melihat di ruangan di stasiun ruang angkasa ISS

Di Google.com dapat mencari waktu (time) dari kota dan negara, konversi unit seperti meter, inci, km, dan kalkulator, jarak antar kota, konversi kurs mata uang. Atau mencari jadwal penerbangan luar negeri, serta mencari data yang ada di sebuah website bisa dicari di Google dengan menambahkan kata rahasia.

Gfycat Loops: GIF Cam+Recorder aplikasi Android dapat merekam video dan nantinya akan dibuat menjadi file Gif. Video yang direkam akan dipotong menjadi beberapa bagian, dan hasil akhirnya format gambar animasi yang bergerak

Layanan Mapmyrun dapat menyimpan file GPS seperti txc, gpx fit dan frm. File yang direkam oleh perangkat GPS atau smartphone dan tampil dalam bentuk peta. Dilengkapi rute perjalanan yang sudah direkam, jarak tempuh, waktu, ketinggian dan lainnya.



Google Now Launcher adalah Launcher buatan Google sendiri. Membuat tampilan smartphone bersih dan sederhana. Berbeda dengan disain depan smartphone, harus memilih aplikasi dengan mengeser menu ke kiri dan ke kanan. Google Now Launcher mengunakan scroll dari atas ke bawah, seperti memilih menu aplikasi di browse

Ingin mencari judul lagu, tapi bingung judulnya apa. Bisa mengunakan Google Now. Merekam suara musik yang sedang diputar dan direkam ke Google Now.

Google Chrome tidak hanya berfungsi sebagai browser computer saja. Tapi memiliki beberapa fungsi bila di install aplikasi. Seperti aplikasi nonton TV di computer, aplikasi dapat di download. Siaran TV akan muncul dalam bentuk windows kecil di layar monitor.

Google+ sudah mendukung full size foto, jadi kalau diupload file format RAW bisa di konversi ke JPG. File utuh NEF otomatis dirubah ke JPG. Update dengan Google Photo maksimum 16MB




No popular articles found.