Software | 11 October 2014

Google Chrome Exif Viewer melihat data sebuah foto


Google Chrome browser memiliki beberapa dan dapat di download di Google Webstore. Disebut aplikasi Extension, Apps dan Themes. Membuat software Chrome tidak hanya sebagai browser saja, tapi beberapa aplikasi sederhana dapat di install.

Salah satu aplikasi seperti Exif Viewer.

Aplikasi ini bekerja di browser Chrome. Fungsi aplikasi Exif Viewer digunakan untuk melihat informasi dari data sebuah foto. Cocok bagi mereka yang suka fotographer dan melihat data foto orang lain.

Misalnya melihat setting camera dari sebuah foto. Dari jenis camera yang dipakai dari sebuah foto, tanggal pengambilan foto, setting di caamera, ISO, sampai ukuran milimeter lensa dalam pengambilan gambar, walau tidak disebutkan merek lensanya.

Seperti aplikasi Adobe Photoshop atau Lightroom dapat melihat data Exif dari sebuah foto. Perbedaan dengan Google Chrome Exift Viewer, data foto dilihat di browser computer.

Untuk menginstall aplikasi Chrome Exif Viewer tinggal di ambil via Google Webstore dari browser Chrome.
Dan pilih cari Exif Viewer
Ukuran file aplikasi ini sangat kecil hanya 14KB, dan Free tinggal di click seperti gambar dibawah, nantinya muncul pilihan Add.




Bagaimana mengunakan Exif Viewer.






Akan muncul daftar aplikasi yang sudah di install di Extension Google Chrome seperti dibawah. Pilih icon Exif Viewer. Nantinya aplikasi Exif Viewer akan muncul di depan browser Chrome.




Sebuah Windows akan muncul. Windows tersebut adalah aplikasi Exif Viewer.
Bagaimana membuka data sebuah foto, tinggal di click pada tanda bintang.






Akan muncul satu Windows, untuk membuka file JPG (Exif Viewer hanya dapat membuka data foto file JPG)



Seperti gambar dibawah. Data sebuah foto dapat tampil di browser dengan aplikasi Exif Viewer. Seperti model camera, ISO dan data lainnya.



Aplikasi ini memudahkan bagi mereka yang ingin belajar fotografi. Bila melihat sebuah foto yang bagus, tinggal di download ke computer. Lalu pelajari setting dari pengambilan foto tersebut. Seperti setting pada camera, tanggal berapa diambil, tanggal berapa sebuah foto dirubah ke JPG, atau melirik lensa yang dipakai akan tampil di aplikasi Exif Viewer.

Bagaimana mengetahui lokasi foto diambil dengan Exif Viewer

Bila foto dibuat dengan smartphone, atau camera yang dilengkapi GPS aktif.
Kemungkinan foto akan menyimpan data lokasi

Dengan Exif Viewer, data tersebut dapat tampil. Ditunjukan dengan nomor Latitude dan Longitude, yang artinya koordinat lokasi di bumi.
Catat angka Latitude disusul tanda Koma dan angkat Longitude, dan memasukan ke Google Maps.



Seandainya ada yang kita curigai, hati hati bila data lokasi foto baik dari smartphone dan camera.
Apapun bentuknya, bila file sebuah foto dapat di modifikasi dengan Fake GPS atau menambah metadata palsu.



Adobe Lightroom

Umumnya software ini digunakan untuk fotografer. Di dalam software terdapat pilihan untuk
Melihat lokasi foto yang dibuat. Atau kita sendiri yang memasukan data secara manual ke dalam foto.
Agar orang lain dapat mengetahui dimana kita membuat foto.

Contoh dibawah ini dengan Lightroom



Memasukan lokasi foto dengan software Lightroom

Bila seseorang mengedit sebuah foto, dengan program Lightroom.
Penguna dapat memberi data lokasi pengambilan foto sesuai keinginan.
Disini teknologi lokasi sebuah foto dapat berubah, dan tampil di media sosial bila seseorang sedang mampir di Amerika.
Nyatanya cuma foto di rumah, tapi menambahkan lokasi foto di tempat lain mengunakan software Lightroom.

Adobe Photoshop
Memiliki File Info untuk mengetahui setting camera ketika mengambil gambar
Foto diambil dari camera tipe apa, lensa, kecepatan, bukaan lensa, tanggal dibuat, software yang memproses dan lainnya
Termasuk mengetahui Shutter Count, atau sudah berapa kali camera mengambil gambar dapat diketahui dari Photoshop.




Google Photos

Bila anda memiliki akun Google Photo. Di Google Photo juga menampilkan data Exif.
Tidak selengkap data Exif Viewer yang memperlihatkan semua Metadata dari foto.
Bila kita membuat sebuah foto dengan lokasi di aktifkan, atau memiliki foto orang lain dan diambil dengan lokasi yang aktif.
Kita tinggal mengupload ke Google Photos, lokasi foto akan langsung terlihat

Seperti foto dibawah ini. Lengkap dari data camera, smartphone, setting camera dan lainnya dapat disimpan di dalam foto. Dan Google Photo dapat memberikan informasi lokasi dan informasi lain, dengan menekan tanda ! di menu atas.

Google Photo Location lokasi GPS dari foto

Yang melihat dapat memperbesar gambar (Zoom) sambil melihat data foto yang ada di sisi kanan. Foto di Google Photo

Google Photo Location lokasi GPS dari foto

Kita dapat menambahkan data foto dengan lokasi foto

Bagaimana bila camera biasa seperti DSLR atau pocket camera tidak memiliki fitur GPS.



Misal melakukan perjalanan, dan membuat banyak foto selama perjalanan. Dan mengabung data GPS lokasi dari smartphone ke camera DSLR yang tidak memiliki pencatat lokasi foto.
Dengan mencocokan waktu yang sama dengan smartphone, file GPS Logger dari GPS dapat dimasukan ke foto mengunakan aplikasi GPICsync

Dengan catatan bila pembuat foto memang memberikan data dari hasil foto yang dibuat. Informasi sebuah foto dapat dilihat, bila disembunyikan maka data dari foto tidak akan tampil.


Artikel Lain

ChromeOS Flex install mudah, dapat bekerja di computer lama, notebook. Tetap aman, computer tua tidak masalah. Tidak membutuhkan space besar, minimum 4GB RAM. Aplikasi ChromeOS Flex berbasis Chrome, Browser, Youtube, Google Maps, layanan Google. ChromeOS Flex ringan hemat 18% power.

Aplikasi Firewall Android, dapat memerika semua aplikasi yang aktif, dan mencoba terhubung ke internet. Termasuk aplikasi yang sedang aktif, atau tidak aktif (tidak digunakan). Atau memonitor satu aplikasi dengan pemakaian paket internet. PCAPdroid Network Monitor, OpenSource.



Google mulai menghapus akun tidak aktif mulai Desember 2023. Sejak Mei 2023 Google sudah mengirim peringatan kepada pemilik akun. Penghapusan akun tidak berlaku bila akun digunakan untuk aktivitas lain, seperti login Playstore, browser. Dianggap sudah aktif oleh user.

Sejak Mei 2023 Google telah mengumumkan account yang tidak pernah aktif selama 2 tahun. Tidak membuka email, aplikasi Android, Google Photo, Google Drive. Artinya account tidak pernah digunakan selama 2 tahun. Peringatan dikirim ke email atau recovery email. Aktifkan account cukup 1 kali sudah dihitung aktif.

Teknologi digital seperti Photoshop memang kontroversi. Layanan restorasi foto tua, untuk perbaikan, fokus sampai membuat foto berwarna. Tapi keahlian yang satu ini menarik, restorasi foto lama menjadi baru dan berwarna. Sekarang dibantu dengan AI.

Bila di computer ternyata camera Webcam tidak terlalu baik kualitasnya untuk konferensi video, chatting, video call. Atau di notebook / PC tidak memiliki camera. Versi free cukup dengan 720p, sedangkan versi Pro mendapat FHD dan dapat diputar dari aplikasi tanpa memutar posisi camera smartphone

Aplikasi Google Earth 7.3 renovasi dirilis. Google Earth memiliki tampilan Bumi, dengan gambar 3D, atau menghitung jarak dan luas, gedung 3D, merekam HD video untuk virtual flight dan lainnya. 10 tahun berlalu Google Earth pro sekarang Gratis



Smartphone Android dan iPhone dapat di install dengan Google Maps. Kita dapat membuat rute jalan sendiri arah dan tujuan. Dan mengirim rute jalan atau peta jalan ke teman, keluarga dengan sebuah link. Peta Google Maps rute motor resmi mulai Juli 2018 untuk 10 negara.

Di Google.com dapat mencari waktu (time) dari kota dan negara, konversi unit seperti meter, inci, km, dan kalkulator, jarak antar kota, konversi kurs mata uang. Atau mencari jadwal penerbangan luar negeri, serta mencari data yang ada di sebuah website bisa dicari di Google dengan menambahkan kata rahasia.

Gfycat Loops: GIF Cam+Recorder aplikasi Android dapat merekam video dan nantinya akan dibuat menjadi file Gif. Video yang direkam akan dipotong menjadi beberapa bagian, dan hasil akhirnya format gambar animasi yang bergerak

Layanan Mapmyrun dapat menyimpan file GPS seperti txc, gpx fit dan frm. File yang direkam oleh perangkat GPS atau smartphone dan tampil dalam bentuk peta. Dilengkapi rute perjalanan yang sudah direkam, jarak tempuh, waktu, ketinggian dan lainnya.

Google Chat dari user Hangout. Google Duo aplikasi Chatting dan Video Call, Family Mode Video Call ngobrol bersama sama, bekerja di Tablet Android  Google mendisain Duo untuk kecepatan dan ketahanan. Diharapkan penguna dapat menikmati koneksi tanpa lag, gagal terhubung, hemat bandwidth, dan Low Light.

Google Photo untuk menyimpan foto gratis, satu album dibuka boleh lebih dari 2000 foto. Full foto 16MP foto dan 1080P. Google Lens Juni 2018, untuk objek wisata akan tampil informasi, dan membaca kartu nama. Google Lens terpisah dengan aplikasi Google Photo. Browser Chrome dapat mencari gambar lain selain foto seperti code QR Logo dan lainnya

Google Chrome tidak hanya berfungsi sebagai browser computer saja. Tapi memiliki beberapa fungsi bila di install aplikasi. Seperti aplikasi nonton TV di computer, aplikasi dapat di download. Siaran TV akan muncul dalam bentuk windows kecil di layar monitor.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.