Ketika kecil, orang tua selalu menganjurkan anak anak makan wortel. Katanya, ini bagus untuk mata kamu kelak.

Wortel dapat memperbaiki daya penglihatan seseorang, tetapi cerita itu berasal dari mitos. Wortel memiliki beta karoten, zat yang mampu menjaga kesehatan mata. Tetapi tidak memperbaiki atau meningkatkan penglihatan. Dan Beta karoten di dalam wortel tidak lebih banyak dibanding paprika, kangkung dan selada.

Mengapa begitu banyak orang percaya kalau wortel mampu memperbaiki penglihatan seseorang. Ceritanya diawali dari perang dunia ke II. Tentara Inggris mampu menembak jatuh pesawat pembom Nazi yang melakukan serangan malam hari. Seolah olah pasukan Inggris memiliki radar tersendiri.

Lalu muncul lagi berita dari seorang Letnan John Cunningham, dijuliki si mata kucing. Karena mampu menembak banyak pesawat musuh. Kebetulan dia doyan wortel. Dan cerita bergulir sendiri kalau wortel mampu meningkatkan penglihatan seseorang.

Oktober 2017
Seorang dokter mendapatkan sebuah kasus seorang anak laki laki usia 11 tahun di klinik Kanada.

Dia kehilangan penghlihatan berat, penyebab akibat diet yang sangat ketat dan kekurangan vitamin A.

Sianak tersebut harus baru pergi setelah 8 bulan memiliki masalah penglihatan.

Mata kering, rabun senja, penglihatannya peka terhadap cahaya dan menurunnya penglihatan sampai pada tingkat terparah.

Saat dia diperiksa di sebuah rumah sakit anak di Toronto. Dia hanya bisa melihat gerakan tangan sampai jarak 30 cm saja.

Penyakit lain seperti menderita eksim dan beberapa alergi makanan. Membuat dirinya harus memilih apa yang harus dimakan.

Karena khawatir makanan dapat memicueksimnya, dia melakukan diet dan hanya mengkonsumsi kentang, daging domba, apel, timun.
Dari semua asuoan gizi yang dikonsumsi, tidak satupun memiliki kandungan vitamin A.


Kesehatan mata terkait dengan vitamin A.
Vitamin A memberi kesehatan mata, dan Sel fotoreseptor di mata kita tergantung dari vitamin A untuk menditeksi cahaya, dan vitamin A juga menjaga kornea tetap lembab dan terlindung.

Dokter menguji kandungan vitamin A sangat rendah, sampai 14,33 mikrogram per desiliter. Sedangkan orang normal mencapai 25,79-48.71 mikrogram per desiliter.

Untuk perawatan, para dokter memberikan 3 megadosis vitamin A 200.00 unit internasional, 2 diberikan pada hari pertama setelah di diagnosis, dan 3 dosis ketika untuk 2 minggu berikutnya. Dari laporan Jama Network

6 minggu berlalu, penglihatan anak tersebut meningkat menjadi 20/800 di kedua matanya. Dan kekeringan serta noda Bitot telah hilang.

Seperti gambar kiri terlihat mat kering akibat kekurangan vitamin A dan permukaan seperti busa kering yang disebut bintik Bitot. Setelah mengalami pengobatan, pada gambar kanan, mata terlihat kembali normal

Vitamin A untuk kesehatan mata

Tetapi angka 20/800 masih bermasalah, jika tidak bisa dikoreksi dengan kacamata sampai 20/200. Kemunginan penglihatan si anak tidak dapat sembuh sempurna, dan matanya mengalami kerusakan permanen.

Walau vitamin A sebenarnya sangat mudah di temukan secara alami. Dari hati, wortel, telur, sayuran hijau, dan ubi jalar.