Mitos Wortel dan kesehatan mata


Kategori : Green | Date : 3 October 2017
Hati hati kekurangan vitamin A dapat merusak mata permanen

Ketika kecil, orang tua selalu menganjurkan anak anak makan wortel. Katanya, ini bagus untuk mata kamu kelak.

Wortel dapat memperbaiki daya penglihatan seseorang, tetapi cerita itu berasal dari mitos. Wortel memiliki beta karoten, zat yang mampu menjaga kesehatan mata. Tetapi tidak memperbaiki atau meningkatkan penglihatan. Dan Beta karoten di dalam wortel tidak lebih banyak dibanding paprika, kangkung dan selada.

Mengapa begitu banyak orang percaya kalau wortel mampu memperbaiki penglihatan seseorang. Ceritanya diawali dari perang dunia ke II. Tentara Inggris mampu menembak jatuh pesawat pembom Nazi yang melakukan serangan malam hari. Seolah olah pasukan Inggris memiliki radar tersendiri.

Lalu muncul lagi berita dari seorang Letnan John Cunningham, dijuliki si mata kucing. Karena mampu menembak banyak pesawat musuh. Kebetulan dia doyan wortel. Dan cerita bergulir sendiri kalau wortel mampu meningkatkan penglihatan seseorang.

Oktober 2017
Seorang dokter mendapatkan sebuah kasus seorang anak laki laki usia 11 tahun di klinik Kanada.

Dia kehilangan penghlihatan berat, penyebab akibat diet yang sangat ketat dan kekurangan vitamin A.

Sianak tersebut harus baru pergi setelah 8 bulan memiliki masalah penglihatan.

Mata kering, rabun senja, penglihatannya peka terhadap cahaya dan menurunnya penglihatan sampai pada tingkat terparah.

Saat dia diperiksa di sebuah rumah sakit anak di Toronto. Dia hanya bisa melihat gerakan tangan sampai jarak 30 cm saja.

Penyakit lain seperti menderita eksim dan beberapa alergi makanan. Membuat dirinya harus memilih apa yang harus dimakan.



Karena khawatir makanan dapat memicueksimnya, dia melakukan diet dan hanya mengkonsumsi kentang, daging domba, apel, timun.
Dari semua asuoan gizi yang dikonsumsi, tidak satupun memiliki kandungan vitamin A.


Kesehatan mata terkait dengan vitamin A.
Vitamin A memberi kesehatan mata, dan Sel fotoreseptor di mata kita tergantung dari vitamin A untuk menditeksi cahaya, dan vitamin A juga menjaga kornea tetap lembab dan terlindung.

Dokter menguji kandungan vitamin A sangat rendah, sampai 14,33 mikrogram per desiliter. Sedangkan orang normal mencapai 25,79-48.71 mikrogram per desiliter.

Untuk perawatan, para dokter memberikan 3 megadosis vitamin A 200.00 unit internasional, 2 diberikan pada hari pertama setelah di diagnosis, dan 3 dosis ketika untuk 2 minggu berikutnya. Dari laporan Jama Network

6 minggu berlalu, penglihatan anak tersebut meningkat menjadi 20/800 di kedua matanya. Dan kekeringan serta noda Bitot telah hilang.

Seperti gambar kiri terlihat mat kering akibat kekurangan vitamin A dan permukaan seperti busa kering yang disebut bintik Bitot. Setelah mengalami pengobatan, pada gambar kanan, mata terlihat kembali normal

Vitamin A untuk kesehatan mata

Tetapi angka 20/800 masih bermasalah, jika tidak bisa dikoreksi dengan kacamata sampai 20/200. Kemunginan penglihatan si anak tidak dapat sembuh sempurna, dan matanya mengalami kerusakan permanen.

Walau vitamin A sebenarnya sangat mudah di temukan secara alami. Dari hati, wortel, telur, sayuran hijau, dan ubi jalar.

Tahu resiko bermain smartphone terlalu lama, mengalami kebutaan. Jika anda mengalami masalah penglihatan dalam beberapa tahun terakhir, karena terlalu menatap smartphone. Anda tidak sendirian. Satu korban bermain game maraton smartphone kehilangan penglihatan sebelah mata. China akan melakukan aksi pencegahan.

Tumbuhan dan binatang terlihat terganggu dengan frekuensi radio seperti ponsel dan WIFI. Tetapi belum membuktikan apakah manusia juga terganggu dengan frekuensi gelombang tinggi seperti paparan dari smartphone, signal BTS atau WIFI. Efek bagi manusia sangat kecil, ada tip untuk menjaga kesehatan.



Olahraga 15 menit saja setiap hari, anda memiliki harapan hidup lebih lama. Khususnya mereka yang sudah berumur bisa melakukan kegiataan olahraga sederhana. Seperti senam pagi, olahraga Tai chi, jalan cepat dan lainnya. Olahraga apa yang paling intens untuk kebugaran tubuh, khususnya tabungan di hari tua.

Keseluruhan, masyarakat Jepang memiliki cukup kesehatan. Tetapi penduduk di Jepang memiliki masalah ginjal lebih kecil. Mengapa ginjal berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Mengapa budaya berbadan kecil beresiko bagi keturunan. Tugas ginjal menyaringa dengan kecepatan secangkir cairan permenit.

Dalam beberapa tahun banyak orang berpaling dari daging. Hampir 2,1 juta orang dewasa di Australia sekarang diet, bahkan sebagian menjadi vegetarian. Apa benar makan sayur umur lebih panjang, atau ada faktor lain

Bortz seorang penulis dari universitas Standord mengeluarkan rahasia umur panjang bagi manusia. 4 tips umur panjang diberikan oleh Bortz. Satu lagi dari suku Hunzas memiliki usia 100 tahun, karena mereka diet selama 2-4 bulan pertahun

Dalam sebuah survei, 70% dari pekerjaan berpengaruh terhadap kopi yang di minum. Salah satunya Wartawan adalah pecandu kopi tertinggi. Mereka meminium lebih banyak kopi dibanding kelompok profesi lain. Apa resiko bagi kesehatan



Supermarket di Inggris tidak memasukan telur kedalam kulkas atau lemari pendingin. Telur tetap di pajang sebagai produk makanan di lemari atau lorong supermarket. Amerika, telor dilemari pendingin. Mengapa cara penyimpanan berbeda

Susah mengendalikan makan, atau susah mengukur berapa banyak konsumsi makanan walau sudah memiliki niat untuk diet. Kadang kita lupa apa yang kita makan sudah terlalu banyak. Walau terlihat sedikit, makanan yang ditaruh diatas piring besar

Mengapa AMA meningkatkan nama obesitas sebagai penyakit. Dengan sebutan penyakit maka para medis dapat lebih memperhatikan para pasiennya. Khususnya penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung yang terkait dengan obesitas.

Menurut data penduduk di Amerika, mereka yang merokok memiliki umur 10 tahun lebih pendek dari yang tidak merokok. Bila ingin berhenti merokok, berusahalah sebelum umur 40 tahun. Peneliti mengatakan harapan hidup akan sama seperti seperti hilangnya umur yang tidak merokok.

Bukan pertama kali Google melakukan penyelusuran atau Tracked penyebaran flue. Tetapi kali ini menjadi yang terburuk. Sekarang sudah ada beberapa situs mengeluarkan data update

Modalnya dari tabung bekas Pringles (Marhable). Lalu dipotong agar speaker smartphone bisa disisipan ke tabung. Masukan kertas tissue untuk peredam suara. Tambahkan clip penjepit kertas. Suaranya, wah belum dicoba.

Terlalu banyak minum kopi misalnya lebih dari 3 gelas sehari, memiliki korelasi dengan mengembangnya glaukoma. Hal tersebut menyebabkan gangguan mata sampai kebutaan. Berita tersebut ditulis oleh media Health



Mengunakan cairan untuk pendingin sebagai pengantar thermal. Sehingga LED lebih awet bekerja.

Obat tidur digunakan oleh jutaan warga Inggis, sayangnya obat tidur tidak aman digunakan setiap hari. Karena meningkatkan 5x resiko meninggal.

Air minum tidak terasa sudah menjadi barang mewah bagi sebagian masyarakat. Bagaimana minuman kemasan dibuat. Dimulai dari sumber air, dimurnikan, dimasukan kedalam botol plastik, disegel, diberi merek dan informasi kandungan bahan mineral dengan label, dibawah ke truk atau dikirim dengan kapal dan sampailah di restoran atau kafe di Amerika

Terlalu banyak makan membuat otak lebih cepat tua, mengurangi makan akan memunculkan molekul yang membantu otak tetap muda. Tim peneliti Itali dari universitas Katolik Sacred Heart di Roma menemukan molekul CREB1. Molekul tersebut mengaktifkan fungsi otak serta umur panjang bagi mahluk hidup

Penelitian baru dari dampak terlalu sering menonton televisi akan memperpendek usia anda. Studi tersebut dilakukan oleh universitas Queensland Australia. Setiap 6 jam menonton televisi perhari akan beresiko menurunkan usia sampai 5 tahun dari umur anda



No popular articles found.