Para arkeologi menemukan lukisan di sebuah gua di Sulawesi. Disana terlihat seperti tergambar di dinding beberapa gua. Terdapat gambar tangan manusia dan 2 gambar hewan di gua Maros Sulawesi.

Melihat penemuan ini, mungkin Indonesia sudah memiliki peradaban lebih tua dibanding manusia purba lainnya. Setelah diperiksa, umur lukisan di dinding gua tersebut mencapai lebih dari 39.900 tahun. Lukisan tersebut tercatat menjadi lukisan dengan purba yang pernah ditemukan.

Berita dari BBC, lukisan dibawah ini merupakan lukisan tangan tertua di dunia. Sebuah lukisan babi kijang diperkirakan paling tidak berusia 35.400 tahun lalu. Tidak hanya di satu tempat tapi di beberapa gua berbeda.

Penemuan lukisan ini penting karena menunjukan awal kecerdasan manusia. Karena seni (gambar) abstrak merupakan perbedaan antara manusia dengan binatang. Selama berabad abad karya seni gua lebih banyak ditemukan di negara Spanyol dan Perancis Selatan. Banyak yang menyakinkan bahwa kreativitas seni dan sain berasal dari Eropa.

Dengan penemuan ini akan mempengaruhi pandangan tersebut kata Prof Chris Stinger dari museum Natural History London.

Penemuan ini dipublikasikan via Nature. Bersama tim dari Place Australia, Center for Archaeological Science Australia, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Makasar, ARKENAS Jakarta,  Research School of Earth Sciences Australia, penelitian Wollongong Isotope Geochronology Australia, Enveromental Future Australia.



Lukisan prasejarah di dinding kapur pulau Kisar Maluku.
Lukisan yang ada di dinding ini berusia 2.500 - 3.500 tahun lalu. Mungkin menjadi tanda kehidupan di jaman perunggu.
Arkeolog Sue O'Connor dari Australian National University (ANU) di Canberra memimpin ekspedisi tahun 2014-15 di kepulauan Kisar Maluku.

Connor cukup heran bila pulau kecil tersebut dapat menopang kehidupan untuk manusia purba.
Dari semua temuan, lukisan ini yang membuat kami takjub. Batu kapur yang mengantung disebut Jawalang 6 adalah satu dari 30 situs batu prasejarah yang ditemukan peneliti.



Bahkan luasnya terpencar sampai 80 km persegi. Lukisan yang terlihat di atas batu kapur terlihat pucat dengan pigmen merah.
Terlihat manusia yang pernah tinggal di pulai Kisara mengambar seperti anjing, tombak, ayam dan kuda.

Gambar bawah lokasi penemuan lukisan prasejarah di pulau Kisar

Lukisan prasejarah di pulau Kisar Maluku berusia 2500 tahun sampai 3500 tahun