Galaksi NGC 7793 terlihat terang dan indah


Science | 9 October 2014

Galaksi NGC 7793 terlihat sangat terang walau letaknya sangat jauh. Berada 13 juta tahun cahaya dari bumi. Menjadi galaksi paling terang di grup Sculptor. Ada tapinya, menurut astronom di galaksi ini merupakan tempat sangat keras. Lingkungan yang keras seperti apanya.

Galaksi NGC 7793 berada di dekat Local Group atau kelompok galaksi yang paling dekat dengan Local Group galaksi kita. Galaksi ini memiliki lengan spiral, terlihat pada foto juga terdapat tonjolan kecil. Tidak seperti galaksi spiral lainnya, di galaksi ini tidak memiliki bentuk lengan yang jelas.  Bentuknya dibuat kacau dengan debu bintik gelap yang membentang di lengan. Terlihat terdapat ledakan berwarna pink di galaksi, yang artinya disana sedang terjadi pembentukan bintang.

Walau dari gambar, bentuk galaksi NGC 7793 terlihat tenang dan indah. Galaksi ini sebenarnya berbeda bahkan dramatis dan berada dilingkungan yang keras. Para astronom menemukan mirko quasar yang kuat di sekitar lengan galaksi. Mungkin quasar tersebut disebabkan lubang hitam yang aktif sedang memakan bahan bintang di sekitarnya. Dan letaknya quasar bukan berada di tengah atau inti galaksi, melainkan di bagian lengan.

Foto pertama bentuk galaksi NGC 7793. Dengan teleskop Fisher hasilnya berbeda, akan tampak warna bintik pink dimana banyak terbentuk bintang baru tapi bentuk galaksi ini tidak memperlihatkan lengan yang nyata. Bisa dibandingkan dengan galaksi kita Bima Sakti di gambar ilustrasi kanan bawah, lengan galaksi sangat terlihat.


Berita terkait
Proses pengabungan ke 14 galaksi tersebut sudah terjadi di masa lalu, dan astronom baru menemukan dan melihat di waktu sekarang ini. Disini sebenarnya terjadi mala petaka. Karena kejadian pengabungan tersebut dilihat dari jarak 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Dan terjadi pada waktu 1,4 miliar tahun setelah Big Bang.

Sebuah galaksi disebut IRAS 16399-0937 terbentuk oleh 2 galaksi. Diperkirakan dahulunya kedua galaksi memiliki massa yang sama besar. Dan sekarang terlihat seperti gumpalan bintang dan debu. Tapi bukan bentuk galaksi yang terlihat untuk dipelajari, ada hal yang tersembunyi disana.



Foto dari teleskop datang berwarna hitam putih tetapi kembali diproses oleh para astronom. Seperti apa gambar yang diterima teleskop, lalu menjadi bentuk seperti apa. Robert menceritakan keahlian dalam dunia astronomi dalam mengolah gambar antariksa

Galaksi NGC 986 atau nama lain galaksi Dunlop 519 ditemukan tahun 1828 oleh astronomi James Dunlop. Letaknya 56 juta tahun cahaya, dan berada di formasi Fornax. Tapi galaksi ini unik, tidak spiral utuh seperti lingkaran melainkan memanjang.

Galaksi di Spiderweb atau MRC 1138-262 adalah cluster galaksi. Dimana kumpulan galaksi terbentuk 11 miliar tahun lalu. Foto terbaru terlihat pembentukan bintang disana bisa muncul di tepian galaks. Cluster Galaksi adalah salah satu struktur terbesar di alam semesta.

Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.

Nasa membuat gambar dengan 360 derajat, foto paling bersih sampai terlihat semua bintang di galaksi kita. Untuk membuat foto menakjubkan dari galaksi kita ini dibutuhkan 2 juta foto inframerah. Penemuan lain ukuran Andromeda dan Bima Sakti relatif sama



Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.

Galaksi M104 atau galaksi Sombrerp diambil pada bulan April - Mei 2012. Jaraknya 28 juta tahun cahaya, berada di konstelasi Virgo. Dinamakan Sombrero karena terdapat cahaya Halo piring galaksi ini, mungkin ada 2 galaksi berbeda disana.

Ada beberapa galaksi ditemukan tapi jaraknya begitu jauh. Mencapai 12 miliar tahun cahaya dengan bentuk cahaya merah. Diperkirakan bentuk galaksi tersebut baru berusia 1,6 miliar tahun ketika terjadinya pembentukan alam semesta.

Bentuk galaksi melakukan tranformsi dari bentuk elips menjadi beberapa bentuk akibat tabrakan atau fenomena yang terjadi dari galaksi sendiri. Galaksi dapat terlihat seperti mata, memiliki bentuk pipih dengan cahaya sangat terang ditengah, galaksi dapat berantakan ketika saling bertemu.




No popular articles found.
< /body>