Rahasia GPS, bagaimana GPS mengukur posisi alat elektronik


Kategori : Technology | Date : 21 September 2012

Limit GPSApapun modelnya, apapun mereknya, sebuah perangkat GPS sudah diprogram untuk menonaktifkan sistemnya sendiri bila lewati batas.

Ketika perangkat dibawa dengan kecepatan lebih dari 1930km perjam atau berada di ketinggian lebih dari 19 km. Sistem GPS akan shutdown.

GPS sengaja dirancang untuk tujuan tertentu dan menghindari orang yang tidak berwenang atau berniat jahat.

Bila berencana membuat roket dan ingin mencatat rekor kecepatan atau ketinggian. Ada baiknya tidak mengunakan GPS yang dijual di pasaran. Karena kemungkinan alat tersebut tidak akan mencatat setelah melewati batas diatas.


Satelit ruang angkasa tidak berbeda dengan peralatan melakukan navigasi bumi dengan satelit. Satelit mengunakan posisi dengan Pulsar.2018 Nasa kembangkan perangkat navigasi SEXTANT, prinsipnya sama mengunakan sumber sinyal bintang pulsar

Ada minimum standar untuk mengunakan nama Ultra High Definition atau UHD. Tapi bedakan dengan nama 4K dan UHD. Apakah camera merekam 4K sebenarnya, sebenarnya camera murah tidak merekam 4K sepenuhnya.

Jepang kirim pesawat Kounotori 6 untuk membersihkan sampah di ruang angkasa. Mengunakan tali jaring yang bekerja dengan magnet Bumi.



Osram perkenalkan teknologi optik sensor SFH 7060 untuk mengukur denyut nadi dan tingkat level oksigen. Alat berbentuk sensor kecil dapat dipasang seperti smartwatch atau armband

Konsorsium Hybrid Memory Cube kembali direvisi. Lebih cepat dari generasi sebelumnya, dari 15Gb/s menjadi 30Gb/s. Bayangkan sebuah cache memory procesor sekarang ada di memory biasa.

Satelit WorldView 3 oleh Sat Imaging siap diluncurkan  pada 13 Agustus 2014. Baru saja diuji coba untuk mengambil gambar paling tajam. Digital Globe merilis foto baru dari satelit pencitraan ini

Satu lagi peralatan kendaraan untuk navigasi disebut Pioneer NavGate HUD. Alat ini mengunakan display berbeda, menampilkan gambar pada sebuah kaca transparan dan dapat digantung dibawah kaca depan. Mengunakan DLP projdector dengan cahaya tinggi



James Davenport melakukan observasi cukup lama dengan baterai Macbook Air. Tujuannya untuk melihat seberapa kuat daya tahan baterai pada tahun pertama. Apple menjanjikan Macbook Air mampu memberikan power sampai 7 jam. Apakah seperti itu.

India baru meluncurkan satelit navigasi pertama untuk regional India. IRNSS-1A menjadi salah satu satelit dari 7 yang akan diluncurkan. Posisi satelit berada di ketinggian 1.500km diatas negara India. Sistem satelit IRNSS-1A memiliki 2 signal berbeda.

Teknologi terkadang membuat sesuatu yang WoW. Tim dari Australia memiliki teknologi laser yang disebut LIDAR. Teknologi LIDAR adalh teknologi scanning 3D untuk memetakan kontur permukaan tanah.

Pertama MP3 player terkena dampak penjualan smartphone. Smartphone dapat digunakan untuk memutar lagu, sampai menonton film. Satu lagi produk yang akan tergeser yaitu GPS.

Texas Instrument atau Ti membuat chip untuk charger perangkat gadget seperti tablet dan smartphone baru. Chip seri bq2419x memberikan output 4,5 ampere output denagn 20V input untuk switch charger.

Lockheed Martin tetap akan mengadakan pembaharuan satelit GPS tahun depan. Berbeda dengan satelit GPS yang ada saat ini, satelit GPS terbaru adalah tipe III. Memiliki tingkat akurasi lebih baik, anti jamming dan dapat diterima oleh perangkat penerima GPS publik.



TeleGeography, sebuah peneliti dan perusahaan konsulting telekom memberikan gambar sebanyak apa kabel serat optik sekarang. Sampai tahun 2013 sudah ada 244 jalur kabel bawah laut, dan 232 sudah bekerja, 12 jalur dalam perencanaan, dan satu lagi jaringan

Disebut Superomniphobic sebuah penemuan cat baru yang dapat melindungi permukaan apa saja. Cairan yang ditemukan oleh universitas Michigen ini dapat menahan air dengan bahan Hidrofobik. Tidak hanya menolak cairan yang menempel

Jalur kabel data IMEWE baru digelar tahun 2010. Kapasitas 4x lebih besar selesai tahun ini

Hemat baterai, 3x lebih lama untuk smartphone. Layar sentuh lebih sensitif

Alat GPS dengan pantuan satelit, Garmin eTrex 10, eTrex 20 dan eTrex 30. Perangkat GPS Handheld lebih umum digunakan bagi aktivitas outdoor. Tapi dapat digantikan juga dengan aplikasi GPS smartphone Android


No popular articles found.