Topan Filipina Ompong atau Vongfong 8 Oktober 2014


Kategori : News | Date : 9 October 2014
Topan besar baru memasuki negara Filipina, topan Ompong atau Vongfong menjadi topan paling kuat tahun ini di negara tersebut. Menjadi super tornado sejak kemarin.

Terlihat di data Earth Wind Map pusaran badai terlihat berawarna merah.

Topan Ompong terjadi pada akhir September atau Oktober. Badai ini baru meningkat dari kategori 3 ke kategori 5. Kecepatan angin badai ini mencapai 215km dan terkuat nomor dua dari seluruh badai yang melintas di negara Filipina. Tidak langsung menghantam Filipina, badai ini berada disamping negara tersebut.

Periode September terdapat beberapa badai lain seperti topan Neneng atau Phanfone, dan topan Kammuri yang relatif lebih kecil. Terakhir adalah topan Haiyan sekelas topan VongFong biasanya muncul pada bulan November dan menjadi topan nomor satu paling kuat.

Satelit realtime


www.pagasa.dost.gov.ph/satellite-2
Earth Wind Map peta arus angin secara global. Memperlihatkan gerakan angin, kecepatan angin, laju arah angin dan awan hujan di belahan timur bumi secara realtime. S8 Juli 2018 adalah posisi bumi terjauh dengan matahari. Disebut aphelion ketika orbit bumi paling jauh dengan posisi matahari. 2 topan Florence di Amerika Live dari menara mercusuar dan Ompong di Filipina September 2018

Siaran langsung dari ruang angkasa topan Matthew. Bencana alam dari angin ribut, pusaran angin / siklon, dan topan disebut dalam bahasa Inggris sebagai Hurricane, Cyclone dan Typhoon. Nama tersebut memiliki arti sama.


No popular articles found.