Lampu Ariel dengan LED yang efisien


Kategori : Green | Date : 8 October 2014
Lampu Ariel diambil namanya dari satelit Ariel 1 sebagai satelit pertama buatan Inggris ditahun 1962. Umumnya lampu pijar bertahan selama 2000 jam kerja. Bila dinyalakan selama 12 jam maka hanya menyala selama setengah tahun. Lampu neon bertahan sampai 10.000 jam, dengan lampu LED mampu bertahan sampai 50.000 jam.

Dyson perancang lampu ini mengatakan lampunya bertahan lebih lama lagi. Sampai 180 ribu jam, atau setara 40 tahun bila dipakai 12 jam setiap hari. Selain sangat terang, mencapai 6000 lumen, lampu ini dirancang terhubung ke smartphone. Termasuk informasi berapa konsumsi power, pencahayaan dan lainnya.

Masalah sampai saat ini produsen lampu merancang disain lampu yang kompak seperti lampu konvensional. Dan tidak terlalu peduli dengan panas pada bagian lampu LED.

Dengan panas berlebihan akan melemahkan komponen LED dan menurunkan umur lampu. Daya tahan lampu atau umur lampu LED terkait dengan sistem pendingin yang unik. Dyson merancang lampu dengan pendingin heatpipe dari pipa tembaga sebagai penghantar panas ditambah lempengan pendingin aluminium. Mirip seperti pendingin CPU modern. Belum diketahui berapa harga lampu ini.Tapi menjadi pengetahuan bila panas dari lampu LED terkendala dengan rancangan pendingin yang kurang memadai.

lampu LED Ariel tahan 40 tahun menyala


Berita terkait
Avionic V1 dengan disain motor Chopper. Tapi tetap namanya sepeda dengan disain copper. Avionic V1 mengunakan warna kulit, bagian lampu dibuat dari kayu Jabota. Dari depan gayanya mirip Moge, tapi dari depan baru keliatan aslinya

Philips memiliki lampu LED Scene Switch, lampu yang dapat berubah kecerahannya dari 9W, 3,5W dan 1,5W. Pengunaan lampu ini lebih hemat power, dan dapat digunakan untuk beberapa keperluan. Lampu Scene Switch bukan lampu pintar seperti di kontrol dengan smartphone. Hanya mengunakan sistem manual untuk merubah kecerahan cahaya lampu



Lampu LED Philips SceneSwitch memiliki fitur 3 kecerahan lampu. Tinggal di nyala matikan maka cahaya lampu akan berubah ubah. Penguna cukup mematikan lampu selama 6 detik  Ketika kembali dinyalakan maka cahaya lampu berubah kembali

Lampu TP-Link LB100 LB110 dan LB120 adalah lampu pintar dan di remote dari smartphone. Disebut Smart WIFI LED Bulb, lampu dapat diatur dari aplikasi TP-Link Kasa dan tersedia di OS Android dan iOS. Tidak memerlukan hardware, lampu langsung di kendalikan dari smartphone.

Daniel Riley membuat lampu LED yang di seri dari kekuatan LED 100W. Dan dia merangkai menjadi 10 lampu. Hasilnya memiliki cahaya lampu LED paling terang hasil buatannya sendiri. Mencapai 90.000 lumen. Bandingkan dengan lampu di rumah rata rata hanya 600 lumen. Berat rangkaian 10 lampu LED untuk mencapai 90.000 lumen memang tidak ringan, mencapai 5kg

Pembuatnya Floris Schoonderbeek dari perusahaan Weltevree membuat kulkas tanpa listrik. eperti bola besar , struktur dari bahan polyester lalu dimasukan ke dalam tanah. Ruangan seperti bola tersebut akan memberikan suhu antara 10-18 derajat Celcius sepanjang tahun di daerah tertentu.

GE memiliki produk lampu LED, model C-Life dan C-Sleep. Lampu tersebut dapat terhubung ke smartphone. GE C diartikan Connect atau dapat terhubung ke Bluetooth dan dikembangkan oleh GE Innovation Lab untuk sistem konneksi dan Dimmer lampu. Satu paket dijual 4 unit lampu.



Lampu LED Osram Lightify ini bukan lampu LED biasa tapi lampu Smart LED Bubl. Memiliki rancangan seperti lampu LED Philips HUE Lux, Belkin , mengatur cahaya lampu dengan wireless. Lampu diatur dari smartphone ke sebuah alat sebagai Gateway remote.

PowerGen membangun pembangkit micro, salah satunya PowerBox dengan panel surya dengan penampung baterai. Menyediakan listrik bagi 14 pelanggan disekitar peralatan. Solusi murah dalam pemecahan masalah bagi penduduk di Afrika untuk menikmati listrik

Lampu LED Cree Connected memiliki kekuatan cahaya setara 60 lampu pijar biasa. Ditawarkan untuk warna putih saja dengan kekuatan cahaya 815 lumen. Untuk pencahayaan biasa, dengan setting lampu dimmer atau diredupkan dari sistem Wink

Lampu HID relatif lebih efisien dibanding lampu tabung. Sekarang sudah dapat digantikan oleh lampu LED. Salah satu produk dari Cree menawarkan Cree OSQ untuk lampu jalan. Hanya memerlukan 70% energi dengan kekuatan cahaya yang sama, tapi 50% lebih murah.

Suatu hari nanti lampu jalanan akan berubah dari warna kuning menjadi putih. Cree XSPR mulai ditawarkan sebagai lamp jalanan. Memiliki kekuatan 25W - 2772 lumen dan 42W - 4109 lumen. Membutuhkan power 65% lebih rendah dibanding lampu tekanan tinggi Sodium.

Osram Kreios SL adalah lampu LED spot pertama dari OSRAM. Tampil dipameran lampu ProLight Frankfurt dengan kekuatan cahaya 3000 lumen. Bila lampu dirumah dengan 60W bulb atau neon 12W memiliki cahaya 600 lumen. Lampu Kreios memiliki 5x cahaya lebih terang.

Pasar global lampu LED bulan Februari 2013 kembali turun. Harga 40W sudah $17,8 perunit. 60W juga turun 13% hanya $25,7W. Penurunan harga karena masuknya produk Cina dan Taiwan dengan harga murah.



Cree memperkenalkan lampu LED dengan disain seperti lampu Bohlam biasa. Harganya dipasar hanya $10-an dan lebih hemat listrik. Lampu Cree tersebut akan bertahan 25x lebih lama menyala dibanding lampu pijar. Dengan pemakaian sampai 4 jam perhari ( 25 ribu jam)




No popular articles found.