Belajar mengunakan camera ND Filter untuk foto Landscape


Digital | 8 October 2014

Belajar mengunakan ND Filter di camera. Apa fungsi ND Filter, khususnya untuk foto pemandangan. Filter ini paling banyak digunakan untuk memisahkan intensitas warna langit dan pemandangan. Bentuknya seperti selembar kaca dengan gradasi warna.

fungsi ND Filter di camera

Fungsi ND Filter dibawah ini
  1. Bila camera mengambil objek seperti biasa, bagian objek depan terlihat terang tapi bagian langit dan awan tidak terlalu terlihat.
  2. Bila camera disetting atau dibuat lebih gelap untuk mendapatkan gambar awan, bagian objek yang gelap akan lebih gelap.
  3. Dengan ND Filter dipasangkan di depan lensa camera, hasilnya bagian gradasi warna awan yang terang dapat dikurangi dan objek di depan dengan cahaya normal tetap terlihat.

perbedaan foto dengan dan tanpa ND Filter

Mengunakan ND Filter diperlukan sebuah filter kit di depan lensa dan ND filter dipasangkan sesuai model yang diperlukan. Model lain seperti ring filter yang dapat diputar dibagian depan lensa., walau kurang fleksibel karena ukuran diamter lensa berbeda beda. Dengan filter kit, karena harga ND filter cukup mahal, dengan filter ND dapat pada ukuran diameter lensa berbeda beda.



Untuk pengaturan setting di camera, diperlukan perubahan seperti setting penambahan f.stop. Dibawah ini keterangan dari PhotoPlus.


Berita terkait
Filter camera memberikan bantuan menyortir cahaya apa saja yang harus melewati lensa atau ditempatkan di depan sensor agar sensor hanya menangkap bagian yang diperlukan. Hoya Starscape adalah filter untuk menghapus cahaya yang tidak perlu tertangkap oleh sensor camera. Filter Hoya Starscape akan menyaring spektrum cahaya tertentu terkait dengan intensitas cahaya buatan seperti lampu.

Filter camera mirrorlesss Aurora Aperture Adapter Mount Format (AMF). Dipasang di dalam lensa. Bidang fotografi dikenal dengan filter. Sebuah kaca di depan lensa, berfungsi untuk menyaring cahaya yang masuk ke dalam lensa camera. Filter dibuat dalam berbagai model, dari Filter UV sampai Filter ND.



Low pass filter di sensor dibuat oleh pabrikan camera agar sensor dapat menangkap gambar lebih baik dan menghindari efek moire. Tetapi apakah masih dibutuhkan. Camera modern tidak membutuhkan low pass filter, karena dapat menurunkan kualitas gambar

Foto low angle atau mengambil gambar lebih rendah. Foto akan tampak dengan menambah elemen bagian belakang, tengah lebih dalam. Intinya, fotografer dapat mewakili 3 dimensi dari 2 dimensi gambar.

Komposisi foto dapat dibuat dengan berbagai cara. Beberapa komposisi diceritakan oleh fotografer, agar posisi gambar yang dibuat lebih tepat. Foto memiliki beberapa elemen untuk diabadikan. Ketika mengikuti beberapa teknik ini, diharapkan foto yang kita buat lebih menarik

Dari produk lensa, hanya Canon yang menawarkan lensa di seri L dengan warna putih.  Apakah terkait dengan cara marketing atau estetika agar lensa terlihat lebih baik. Canon memiliki alasan khusus, dan bukan marketing atau nilai estetika pada lensa

Satu lagi teknik foto disebut Time Stack. Tekniknya seperti membuat video Timelapse, foto dibuat berurutan dengan objek yang sama. Foto yang sudah diambil nantinya di gabung dengan Photoshop.



Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari. Hobi foto malam hari disebut Nightscapes, khusus untuk mengabadikan keindahan malam hari atau membuat foto bintang.

Belajar Adobe Photoshop CS6 langsung dari video tutorial Adobe. Memberikan pelajaran teknik blur lensa Tilt-Shift pada foto dan membuat mask sebuah foto.

Video dengan durasi 30 menit lebih memberikan pelajaran bagaimana mengunakan lampu dan reflektor untuk objek foto




No popular articles found.
< /body>