Manusia baru bisa melihat sisi gelap sebelah bulan 55 tahun lalu, tepatnya hari yang sama seperti bulan ini. Bulan yang kita lihat selalu menghadap sisi yang sama, tapi sisi di sebelahnya tidak pernah bisa dilihat langsung. Pada tahun 1959 foto pertama milik Soviet dengan Luna 3 atau Yenisey-2 mengabadikan sisi di sebelah bulan untuk pertama kali.

Satelit Luna diluncurkan 2 tahun setelah suksesnya proyek Sputnik atau satelit kecil milik Soviet. Foto dibawah ini dari satelit Luna 3, teknologi ketika itu masih seperti ini. Tapi ini adalah foto pertama kali manusia bisa melihat sisi bulan disebelahnya. Mengunakan disain seperti tabung dengan tekanan 0.23 agar instrumen dapat bekerja termasuk sistem camera. Satelit kecil ini mengunakan 2 lensa dengan 200mm f5.6 dan 500mm f.9.5. Camera bekerja secara otomatis dengan membawa 40 frame film 35mm isochrome.



Seperti apa perbedaan sisi bulan yang sering kita lihat dan sisi lain yang tidak pernah kita lihat
Gambar kiri adalah permukaa yang terlihat dari bulan, gambar kanan adalah permukaan yang berbeda dan tidak bisa dilihat dari bumi.
Beberapa foto bulan yang dikumpulkan dapat dilihat di Google+, memperlihatkan posisi permukaan bulan selalu sama.



Video dibawah ini dirilis oleh Nasa Goddard 4 Februari 2015. Video bulan dari sisi yang membelakangi bumi tanggal 12 Januari 2015, dari satelit Lunar Reconnaissance Orbiter