Bulan foto dari sisi lain yang tidak pernah kita lihat update video


Science | 7 February 2015

Manusia baru bisa melihat sisi gelap sebelah bulan 55 tahun lalu, tepatnya hari yang sama seperti bulan ini. Bulan yang kita lihat selalu menghadap sisi yang sama, tapi sisi di sebelahnya tidak pernah bisa dilihat langsung. Pada tahun 1959 foto pertama milik Soviet dengan Luna 3 atau Yenisey-2 mengabadikan sisi di sebelah bulan untuk pertama kali.

Satelit Luna diluncurkan 2 tahun setelah suksesnya proyek Sputnik atau satelit kecil milik Soviet. Foto dibawah ini dari satelit Luna 3, teknologi ketika itu masih seperti ini. Tapi ini adalah foto pertama kali manusia bisa melihat sisi bulan disebelahnya. Mengunakan disain seperti tabung dengan tekanan 0.23 agar instrumen dapat bekerja termasuk sistem camera. Satelit kecil ini mengunakan 2 lensa dengan 200mm f5.6 dan 500mm f.9.5. Camera bekerja secara otomatis dengan membawa 40 frame film 35mm isochrome.



Seperti apa perbedaan sisi bulan yang sering kita lihat dan sisi lain yang tidak pernah kita lihat
Gambar kiri adalah permukaa yang terlihat dari bulan, gambar kanan adalah permukaan yang berbeda dan tidak bisa dilihat dari bumi.
Beberapa foto bulan yang dikumpulkan dapat dilihat di Google+, memperlihatkan posisi permukaan bulan selalu sama.



Video dibawah ini dirilis oleh Nasa Goddard 4 Februari 2015. Video bulan dari sisi yang membelakangi bumi tanggal 12 Januari 2015, dari satelit Lunar Reconnaissance Orbiter


Berita terkait
Gerhana bulan Penumbra 5 Juli 2020, tetapi wilayah Indonesia berada di posisi siang hari. Gerhana bulan Strobery 6 Juni 2020. Ketika cahaya matahari ke bulan yang seharusnya terjadi bulan purnama. Perlahan akan tertutup oleh bayang planet Bumi. Membuat bulan terlihat lebih gelap mulai jam 00.46 sampai 04.05 pagi

50 tahun lalu, missi Apollo pertama yang berangkat ke Bulan. Perbandingan Bulan dan bumi itu kecil. Tapi ukuran bulan cukup besar, setidaknya lebih besar dari planet Pluto. Ukuran bulan sebesar negara di Eropa. dingin kadang sangat panas. Bulan memiliki lebar 3500km, sedangkan bumi mencapai 12.700km. Foto terbaru antara Bumi dan Bulan pada jarak 400.000km. Alan Bean manusia ke 4 yang berjalan di bulan telah tiada, tersisa 4 astronot



Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.

Ratusan tahun lalu hanya sebatas teori, sekarang teori tersebut mulai terungkap. Tim peneliti LIGO mendapatkan 3 juta dollar. Beberapa teori muncul sekitar 100 tahun lalu. Beberapa teori yang dibuktikan dan menjadi kenyataan saat ini yaitu teori Big Bang, Lensa Gravitasi, dan Gelombang Gravitasi.

Ukuran matahari relatif kecil, seandainya digantikan dengan bintang lebih besar. Seperti apa tampaknya di Bumi. Ini gambaran tentang astronomi , hasilnya akan lucu. Matahari akan tampak kembar, dan sangat besar. Tidak kuning tapi berwarna biru atau putih.

Pada malam hari, Bumi akan tampak gelap bila tidak ada bulan. Mengapa bulan memantulkan cahaya dan memberikan cahaya sinar bulan ke bumi. Bulan memantulkan cahaya dari matahari, terkadang bersinar sangat terang. Bulan memantulkan cahaya antara 3-12% yang diterima dari cahaya matahari.




No popular articles found.
< /body>