Satelit mata mata Tiongkok Gaofen-2 adalah satelit pencitraan gambar paling canggih. Memiliki resolusi 80cm perpixel. Xinhua melaporkan satelit tersebut dapat mengambil gambar zebra cross di jalan.

Tertanggal 29 September 2014, satelit ini dapat mengambil gambar di beberapa kota di Beijing dan Shanghai. Satelit Cheos adalah singkatan China Earth Observation System. Rencananya akan dibuat 5 satelit jenis ini dengan sensor hyperspectral, infrared dan radar aperture sintetis. Satelit Gaofen 2 diluncurkan 19 Agustus 2014 dari roket LM-4B dan dipasang pada ketinggian 640km.

Amerika memiliki satelit KH-11 Kennan Blok IV. Tapi lebih canggih dengan kemampuan 10-15cm. Walau satelit tersebut berada di orbit rendah dan mengunakan lensa 2,5 meter. Sedangkan satelit Gaofen-2 mengunakan lensa 1,2 meter. Tentu saja pengembangan satelit Tiongkok ini tidak akan berhenti disana. Sejauh ini teknologi pencitraan satelit dengan ketajaman 80cm sudah cukup memadai.

Fungsi satelit ini bukan sebagai satelit mata mata saja. Tapi dapat dimanfaatkan untuk pemantauan bencana, pengawasan lahan dan lainnya.